Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

7 Tips Tingkatkan Semangat Pagi dengan Mudah dan Sehat

7 Tips Tingkatkan Semangat Pagi dengan Mudah dan Sehat

Masih butuh dua gelas kopi setiap pagi demi mata melek seharian? Menurut International Coffee Organization, sekitar 1,6 miliar cangkir kopi dikonsumsi setiap hari di seluruh belahan dunia. Meski demikian, terlalu sering ngopi juga tidak bagus untuk kesehatan. Sebaiknya coba tips semangat pagi agar lebih sehat berikut ini.

Tips semangat pagi agar lebih sehat

Konsumsi kafein lebih dari 500–600 mg setiap hari bisa menyebabkan insomnia, kegugupan, gelisah, cepat marah, gangguan maag, jantung berdebar, bahkan tremor otot. Beberapa penelitian juga telah mengaitkan bahwa kafein dalam batas normal pun tetap mengandung efek negatif bagi tubuh.

Berikut adalah beberapa tips mudah agar Anda bisa melakukan rutinitas pagi tanpa bantuan kopi bahkan kafein sekalipun.

1. Ubah sistem alarm pagi

Alarm Clock with Memo Board

Mengutip laman Insider, jika Anda terus-terusan menggunakan satu nada dering sebagai alarm bangun tidur, hal ini akan membiasakan Anda terhadap bunyi tersebut dan cenderung untuk susah bangun pagi.

Maka dari itu, gunakanlah nada dering alarm yang berbeda seminggu sekali untuk mengejutkan Anda pada pagi hari.

Jauhkan alarm dari tempat tidur Anda, misalnya di meja rias atau di dekat pintu kamar. Saat alarm pagi berbunyi, mau tidak mau Anda harus benar-benar beranjak dari tempat tidur dan berjalan untuk mematikan alarm Anda.

Melalui tips ini, Anda akan lebih semangat untuk melanjutkan aktivitas pagi daripada menekan tombol snooze dan kembali tidur.

2. Tarik-buang napas perlahan

Sisihkan waktu sebentar untuk duduk di pinggir tempat tidur dan ayun-ayunkan kaki dibarengi dengan sesi tarik-buang napas dalam-dalam selama beberapa saat. Tips sederhana ini bisa membuat Anda lebih semangat sebelum melakukan aktivitas pagi.

Nikmati ketenangan dan luangkan waktu untuk memetakan hari Anda. Pikirkan tentang tujuan dan tugas Anda. Buat catatan apa pun yang Anda butuhkan untuk memastikan hari Anda lebih tenang dan lebih efisien.

3. Buka gorden dan mulai latihan kecil

cara bangun pagi walau tidur malam

Mengutip dari Forbes, kebiasaan membuka gorden kamar tidur atau nyalakan lampu kamar tidur segera di pagi hari akan membuat Anda cepat merasa segar.

Sinar matahari akan mengirimkan sinyal kepada otak Anda, menandakan ini saatnya Anda untuk bangun dan bergerak. Berlama-lamaan di kamar yang gelap dan dingin justru semakin menggoda Anda untuk kembali tidur.

Latihan pagi tidak hanya memberi Anda dorongan energi, tetapi juga memompa tubuh, serta memastikan indera tubuh aktif dan berjalan. Anda akan merasa siap mengatasi masalah apa pun yang mengadang.

4. Tips semangat pagi dengan minum air, bukan kopi

Ada baiknya Anda selalu minum air putih sebelum tidur, begitu pula pada pagi hari. Mengutip CNN, segelas air dingin saat perut kosong sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Salah satu manfaatnya yakni menyeimbangkan kerja sistem getah bening yang berfungsi melawan infeksi.

Air putih akan mendorong metabolisme untuk mulai bekerja sehingga Anda akan bangun lebih cepat dan menjadi waspada. Jadi, selalu siapkan segelas air di meja kamar tidur Anda untuk menyambut pagi.

5. Buat motivasi pagi

menulis bahagia

Kalau setiap tidur dan bangun pagi Anda hanya membayangkan tentang tumpukan pekerjaan yang belum selesai, tentu rutinitas pagi Anda tidak akan menyenangkan.

Otak Anda akan mengaitkan bangun pagi dan “teror” kantor menjadi satu hal yang harus Anda hindari. Hal ini membuat Anda terus menunda bangun dan akhirnya merusak hari.

Buat satu rutinitas sehat pada pagi hari yang akan selalu Anda nantikan, misalnya janjian sarapan bersama teman kantor di kafe atau datangi kelas olahraga pagi di gym.

Mulailah hari dengan sesuatu yang menyenangkan bagi Anda daripada menyambut hari langsung dengan pekerjaan berat. Jadi, Anda akan lebih semangat pada pagi hari.

6. Hindari memeriksa ponsel di pagi hari

Menggulir notifikasi berita atau media sosial lewat ponsel di pagi hari adalah bentuk aktivitas pasif yang dapat mengurangi produktivitas pagi.

Setiap kali kita memeriksa ponsel, kita akan mengundang banjir rangsangan ke dalam otak. Hal ini berpotensi menimbulkan stres pada pagi hari. Maka, sebaiknya jauhkan alat ini untuk sesaat pada pagi hari.

7. Cuci muka

Pria cuci muka

Terdengar sederhana, tetapi melakukan perawatan wajah bagi pria maupun wanita pada pagi hari dapat menekan stres yang akan timbul sepanjang hari. Tips satu ini amat berguna untuk Anda yang kurang semangat setelah bangun pagi.

Selain menjadi rutinitas perawatan kulit yang diperlukan untuk kulit yang sehat, sesi memanjakan diri seperti ini juga bisa menjadi cara tepat untuk memulai hari yang sibuk dan stres.


Ingin mendapatkan berat badan ideal?

Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Borges, A. (2019). 9 Small Morning Habits That Will Make Your Whole Day So Much Better. Self. Retrieved February 4, 2022, from https://www.self.com/story/morning-routine-habits 

Cohen, J. (2014). 10 Morning Habits Successful People Swear By. Forbes. Retrieved February 4, 2022, from https://www.forbes.com/sites/jennifercohen/2014/11/26/10-morning-habits-successful-people-swear-by/?sh=105869b66778

Gupta, S. (2021). 10 steps to building a great morning routine to improve your productivity and happiness. Insider. Retrieved February 4, 2022, from https://www.insider.com/morning-routine 

Santas, D. (2021). How to start a healthy morning routine — and stick with it. CNN. Retrieved February 4, 2022, from https://edition.cnn.com/2021/08/24/health/morning-routine-healthy-tips-wellness/index.html 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ilham Fariq Maulana Diperbarui Mar 02
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.