backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

3

Tanya Dokter
Simpan

12 Pilihan Obat Radang Tenggorokan yang Bisa Dibeli di Apotek

Ditinjau secara medis oleh Apt. Ambar Khaerinnisa, S.Farm · Farmasi · None


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

12 Pilihan Obat Radang Tenggorokan yang Bisa Dibeli di Apotek

Bila mengalami sakit atau radang tenggorokan, sebaiknya Anda minum obat agar lekas sembuh. Anda bisa membeli obat sakit atau radang tenggorokan di apotek.

Ada beberapa obat yang dijual bebas tanpa harus resep dokter, tapi ada pula yang memerlukan resep. Nah, berikut pilihan obat radang tenggorokan yang bisa Anda beli di apotek, baik secara bebas ataupun yang membutuhkan resep dokter.

Cara kami memilih merek obat radang tenggorokan di apotek

Perempuan sakit tenggorokan

Radang tenggorokan, atau dalam bahasa medis disebut faringitis, biasanya sembuh sendiri dalam beberapa hari.

Akan tetapi, Anda mungkin perlu minum obat agar bisa pulih lebih cepat dan gejalanya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Anda bisa mengonsumsi obat radang tenggorokan alami yang dibuat sendiri atau minum obat yang dibeli di apotek.

Namun, sebelum membeli obat untuk radang tenggorokan di apotek, sebaiknya cari tahu lebih dulu penyebab radang tenggorokan Anda.

Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya:

  • infeksi virus,
  • bakteri,
  • iritasi, dan
  • reaksi alergi.

Jadi, sebelum memilih obat radang tenggorokan di apotek, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dulu kepada dokter.

Selain itu, Anda perlu tahu bahwa tidak ada satu obat yang benar-benar efektif bagi semua orang. Maka dari itu, pantaulah respons tubuh Anda terhadap obat-obatan apa pun yang dikonsumsi.

Jika gejala radang tenggorokan yang Anda rasakan tidak kunjung membaik atau justru semakin bertambah parah, sampaikan kepada dokter agar bisa ditangani sesuai dengan kondisi Anda.

Pilihan merek obat radang tenggorokan di apotek

Berikut beberapa obat sakit atau radang tenggorokan untuk orang dewasa yang bisa Anda beli di apotek dengan atau tanpa resep dokter.

1. Methylprednisolone

Anda bisa mengonsumsi obat radang tenggorokan berjenis kortikosteroid yang bisa dibeli di apotek dengan resep dokter, salah satunya methylprednisolone.

Methylprednisolone merupakan obat yang mirip dengan hormon alami yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal di dalam tubuh.

Obat kortikosteroid ini berupa tablet dengan dosis 4 mg, 8 mg, dan 16 mg serta dalam sediaan sirup yang dikonsumsi untuk mengobati radang tenggorokan akibat infeksi bakteri maupun virus.

Namun, penggunaannya tidak boleh berlebihan atau dalam jangka panjang, sehingga harus sesuai dengan aturan penggunaan dari dokter.

Nomor registrasi BPOM: GKL2240703110A1

2. Lameson 4

Lameson 4 termasuk obat kortikosteroid tablet yang mengandung methylprednisolone 4 mg dan bisa dibeli di apotek dengan resep dokter.

Obat ini bekerja dengan mengganti hormon yang kurang dari kelenjar adrenalin untuk meredakan berbagai kondisi peradangan di dalam tubuh, termasuk radang tenggorokan.

Agar obat bisa bekerja secara efektif, selalu ikuti pembagian dosis obat sesuai petunjuk penggunaan dari dokter.

Nomor registrasi BPOM: DKL9013301010A2

3. Sanexon

Sanexon adalah pilihan obat lainnya yang mengandung methylprednisolone.

Seperti obat lainnya dengan kandungan yang sama, sanexon diketahui bisa digunakan sebagai obat radang tenggorokan yang bisa diperoleh di apotek dengan resep dokter. 

Namun, karena termasuk obat keras, penting untuk mengikuti aturan pakai yang dokter berikan guna memastikan dosis yang sesuai.

Nomor registrasi BPOM: DKL0122234010A1

4. Dexteem Plus

Dexteem Plus adalah obat tablet dengan kandungan 2 mg dexchlorpheniramine maleate dan 0,5 mg dexamethasone yang bisa dibeli dengan resep dokter.

Gabungan antara antihistamin dan kortikosteroid dalam obat ini diketahui dapat meredakan gejala alergi yang disertai peradangan, seperti gatal-gatal pada kulit dan eksim.

Bila sakit tenggorokan disebabkan oleh rinitis alergi, dokter juga bisa meresepkan obat ini untuk mengatasinya.

Melansir Cleveland Clinic, ada sejumlah zat yang biasanya memicu alergi, seperti debu, serbuk bunga, bulu hewan, lateks, sengatan hewan, dan makanan-makanan tertentu.

Nomor registrasi BPOM: DKL9306409410A1 

5. Indexon

Indexon adalah obat tablet yang mengandung dexamethasone 0,5 mg dan termasuk ke dalam golongan glukokortikoid.

Obat ini bisa digunakan untuk meredakan reaksi alergi dan peradangan. Untuk mengatasi peradangan, obat ini bekerja dengan menekan sistem imun tubuh.

Obat ini merupakan obat keras, sehingga penggunaan obat harus sesuai dengan aturan dokter.

Nomor registrasi BPOM: DKL9717613343A1

6. Efisol C

Efisol C merupakan obat tablet hisap dengan kandungan dequalinium chloride 0,25 mg dan ascorbic acid (vitamin c) 50 mg yang dapat didapatkan tanpa resep dokter.

Obat ini bekerja dengan mencegah perkembangan mikroorganisme tertentu dengan memengaruhi pembentukan protein dan enzim serta merusak lapisan membran sel.

Maka dari itu, obat ini juga memiliki efek antiperadangan dan bisa digunakan untuk meredakan peradangan, seperti radang tenggorokan.

Nomor registrasi BPOM: DTL0333507712A1

7. SP Troches Meiji

SP Troches Meiji adalah permen pelega tenggorokan (lozenges) yang mengandung dequalinium chloride 0,25 mg yang memiliki fungsi antibakteri dan bisa mencegah infeksi jamur pada mulut dan tenggorokan.

Obat radang tenggorokan ini termasuk obat bebas, sehingga umumnya lebih mudah diperoleh di apotek atau toko obat lainnya.

Sebagai obat hisap, obat ini bisa dikonsumsi hingga maksimal 6 kali sehari. Namun, dosis ini bisa berbeda-beda, tergantung dari kondisi yang ditangani.

Nomor registrasi BPOM: DBL8515300712A1

8. Degirol

Degirol adalah obat tablet hisap yang mengandung dequalinium chloride. Ini juga merupakan obat bebas yang bisa didapatkan di apotek tanpa perlu resep dokter.

Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan, infeksi rongga mulut, dan setelah cabut gigi untuk mencegah infeksi membran mukosa mulut, serta mencegah batuk dan pilek.

Nomor registrasi BPOM: DBL9104508712A1

9. Tantum Lozenges

Tantum Lozenges merupakan permen pelega tenggorokan yang mengandung benzydamine, yaitu zat yang berperan sebagai zat antiperadangan.

Ini merupakan obat bebas yang bisa didapatkan di apotek tanpa perlu resep dokter.

Pada orang dewasa dan anak-anak di atas usia 6 tahun, obat ini bisa dibeli di apotek untuk meredakan sakit dan iritasi pada bibir dan mulut, termasuk radang tenggorokan.

Oleh karena itu, tantum lozenges juga bisa membantu untuk meredakan gejala sakit tenggorokan, di antaranya seperti tenggorokan kering dan perih.

Nomor registrasi BPOM: DTL7224216312A1

10. Aloclair Plus

Aloclair Plus merupakan cairan obat luar yang mengandung ekstrak lidah buaya yang bisa memberi efek menenangkan.

Obat ini diklaim sebagai obat yang memiliki formula yang mampu menyembuhkan luka bagian mulut dengan sangat cepat.

Gel ini bekerja sebagai lapisan pelindung luka, sehingga tidak ada bakteri yang masuk dan sel regenerasi bisa bekerja dengan lebih cepat.

Nomor registrasi BPOM: AKL 21603716218

11. FG Troches

FG Troches merupakan obat antibiotik berupa tablet hisap yang mengandung fradiomycin sulfate 2,5 mg dan gramicidin-S HCl 1 mg.

Obat ini bisa didapatkan dengan resep dokter dan penggunaannya mengikuti penggunaan antibiotik pada umumnya, yaitu harus dihabiskan.

Berbeda dari kebanyakan tablet hisap dan jenis pelega tenggorokan lainnya, obat ini berbentuk donat untuk mencegah bahaya akibat tersedak.

Kandungan dalam obat ini memiliki fungsi sebagai antibakteri yang bisa melawan bakteri di dalam tubuh. Gramicidin-S HCl terutama efektif melawan bakteri gram positif termasuk strain yang resisten terhadap penicillin.

Nomor registrasi BPOM: DKL7215303612A1

12. Cooling 5 Mouth Spray

Cooling 5 Mouth Spray adalah obat semprot rongga mulut yang mengandung Phenol crystal 1,4%.

Obat ini dapat digunakan untuk membantu meredakan berbagai kondisi di mulut, seperti sakit tenggorokan, sariawan, hingga iritasi ringan pada mulut, bibir, dan tenggorokan.

Sebagai obat bebas, obat radang tenggorokan ini bisa diperoleh tanpa resep dokter di apotek.

Namun, penggunaan obat ini tetap harus sesuai dengan dosis yang telah ditentukan pada kemasan obat. 

Nomor registrasi BPOM: QD236048431

Dari beberapa pilihan obat radang tenggorokan di atas, Anda bisa menyesuaikan obat apa yang paling cocok untuk kondisi Anda sebelum membelinya di apotek.

Jika masih kesulitan menentukan penyebab dan obat yang tepat, Anda bisa melakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter terlebih dahulu.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

Apt. Ambar Khaerinnisa, S.Farm

Farmasi · None


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan