5 Cara Istri Membantu Suami Mengatasi Impotensi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Impotensi atau disfungsi ereksi menyebabkan pria tidak mampu ereksi maupun mempertahankan ereksinya selama aktivitas seksual sedang berlangsung. Impotensi dapat memengaruhi pria etnis apapun, di usia berapapun, dan kapanpun dengan beragam alasan. Dilansir dari Health Line, diperkirakan sekitar 50 persen pria usia 40-70 tahun pernah setidaknya satu kali mengalami gejala disfungsi ereksi selama hidupnya. Performa seks yang loyo di ranjang lama-lama dapat meregangkan harmoni rumah tangga. Pasalnya, masing-masing pihak jadi tak merasa puas dengan satu sama lain. Ini yang harus dilakukan para istri untuk membantu suami mengatasi impotensi.

Apa yang menyebabkan pria mengalami impotensi?

Anda mungkin mengira bahwa impotensi terjadi akibat pasangan tidak lagi menganggap Anda menarik atau tidak lagi bergairah dengan Anda. Namun begitu, masalah seksual ini dapat berakar dari stres dan kecemasan dari tempat kerja atau masalah rumah tangga di luar kamar, hingga depresi klinis yang mungkin dimiliki suami tanpa ia ketahui.

Selain faktor psikologis, impotensi umumnya dapat disebabkan oleh sesuatu yang bersifat fisik. Contohnya:

Faktor-faktor lain termasuk stroke, merokok, alkohol, dan obat-obatan. Obat-obatan yang sering menyebabkan disfungsi ereksi (terutama pada pria lansia) termasuk misalnya diuretik, antihipertensi, fibrates, antipsikotik, antidepresan (Xanax atau Valium), codeine, corticosteroid, H2-antagonis (obat ulkus perut), antikonvulsan (obat epilepsi), antihistamin (obat alergi), anti-androgen (obat penekan hormon seks pria), sitotoksik (obat kemoterapi), SSRI, hormon sintetik, beta blocker, dan alpha blocker. Ketergantungan dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang juga dapat menyebabkan masalah seksual ini.

Lalu, apa yang bisa istri lakukan untuk membantu suami mengatasi impotensi?

1. Cari tahu informasi mengenai impotensi terlebih dahulu

Ada baiknya Anda mempelajari dan mencari tahu informasi tentang disfungsi ereksi sebanyaknya-banyaknya. Semakin Anda banyak tahu, semakin siap pula Anda bisa membantu pasangan Anda. Setelahnya, barulah Anda bisa membicarakan perubahan gaya hidup dan rencana perawatan medis untuk mengatasi impotensi.

2. Ajak ia curhat empat mata

Kecewa dan sedih adalah reaksi yang wajar begitu mengetahui pasangan memiliki masalah kesehatan tertentu, yang juga memengaruhi kepuasan Anda di ranjang. Tapi jangan biarkan hal ini terus terpendam dalam hati. Anda boleh saja curhat padanya tentang apa yang Anda rasakan sebagai dampak dari masalah seksual yang dihadapi oleh suami.

Biarkan juga pasangan Anda mengetahui kalau impotensi bukanlah sesuatu yang mencerminkan maskulinitasnya. Buat pasangan pria Anda mengerti, kalau hal ini tidak akan mengubah perasaan cinta Anda.

3. Tawarkan untuk pergi ke dokter

Cobalah untuk menawarkan pasangan Anda berkonsultasi dan berobat ke dokter untuk mengatasi impotensi yang dimilikinya. Setelah dokter memastikan apa yang menjadi penyebab masalah impotensi pasangan Anda, saatnya Anda dorong dan pastikan perawatan kesehatannya berjalan dengan baik. Namun, jika Anda dan pasangan merasa kalau disfungsi ereksi ini membuat hubungan asmara berjalan tidak baik, Anda bisa berkonsultasi dan berbicara kepada konseling pernikahan guna mendapatkan bantuan.  

4. Cobalah untuk rileks dan menikmati waktu santai berdua

Sementara menunggu hasil perawatan, cobalah untuk tidak fokus pada seberapa lama pasangan anda akhirnya sukses “berdiri”. Sebaliknya, nikmati waktu yang dimiliki bersama. Anda juga bisa sembari melakukan latihan pernapasan yang dapat membantu Anda berdua rileks.Teknik pijat juga dapat membawa Anda pada kesenangan dan relaksasi sederhana melalui sentuhan. Semakin santai, semakin siap Anda untuk pengalaman seksual yang memuaskan dan bebas stres.

5. Coba bantu kurangi gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup tertentu bisa menjadi salah satu faktor yang bisa memperburuk impotensi. Maka dari itu, cobalah bantu pasangan Anda untuk menjalani hidup yang lebih sehat dan baik, contohnya seperti berhenti merokok, menghindari minum alkohol berlebihan, dan menghindari obat-obat terlarang, seperti ganja, kokain, heroin, dan amfetamin.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Kalau muncul migrain atau sakit kepala setelah keramas, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya. Nah, ini dia berbagai penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
makanan minuman manis penyebab impotensi

Betulkah Makanan dan Minuman Manis Bisa Bikin Pria Impoten?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit