Beragam Manfaat Bangun Pagi untuk Tubuh dan Pikiran

Beragam Manfaat Bangun Pagi untuk Tubuh dan Pikiran

Bagi beberapa orang, bangun pagi mungkin sudah menjadi sebuah rutinitas. Namun, tidak sedikit juga yang kesulitan untuk melakukannya. Padahal, manfaat bangun pagi untuk kesehatan sangat banyak dan sayang dilewatkan. Apa saja?

Manfaat bangun pagi untuk kesehatan

manfaat bangun pagi dapat buat badan lebih bugar

Mengapa kita harus bangun pagi? Tentu saja karena bangun subuh atau pagi memberikan manfaat yang beragam untuk kesehatan fisik maupun mental. Berikut merupakan beberapa contohnya.

1. Mendukung pola makan sehat

Ketika bangun pagi, Anda punya cukup waktu untuk menyiapkan sarapan sehat. Sebaliknya, kebanyakan orang memilih makanan cepat saji yang cenderung tidak sehat saat bangun siang.

Beberapa orang bahkan memilih untuk melewatkan sarapan karena takut terlambat. Akibatnya, produktivitas dapat terpengaruh karena perut masih dalam keadaan kosong.

2. Membantu kulit terlihat lebih sehat

Bangun siang membuat Anda kekurangan waktu untuk merawat kulit. Dampaknya, kulit menjadi terlihat lebih kusam dan tidak sehat.

Jika bangun pagi, Anda memiliki cukup waktu untuk melakukan eksfoliasi wajah dan tubuh saat mandi. Hal ini membantu melembapkan dan membersihkan kulit.

Olahraga pagi setelah bangun tidur juga memberikan manfaat dalam menyehatkan kulit Anda.

3. Memberi waktu untuk berolahraga

Selain menjaga tubuh tetap bugar dan bersemangat untuk menjalani hari, berolahraga juga baik untuk kesehatan mental karena dapat membantu mengatasi stres.

Selain itu, berolahraga pagi memberi kesempatan Anda untuk menghidup udara segar. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan suasana hati dan memberi energi tambahan untuk beraktivitas.

Bahkan, kabarnya udara dingin bisa membakar kalori dengan lebih efektif dan membantu Anda menurunkan berat badan, lho!

4. Meningkatkan konsentrasi

Manfaat bangun subuh selanjutnya yaitu membantu meningkatkan konsentrasi. Bangun lebih awal berarti Anda memiliki cukup waktu untuk menyiapkan rencana aktivitas hari itu.

Hasilnya, Anda akan lebih fokus ketika beraktivitas tanpa banyak memikirkan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Berbeda ketika bangun siang, terbatasnya waktu cenderung membuat aktivitas Anda kurang terorganisasi.

5. Meningkatkan produktivitas

Bangun pagi merupakan rutinitas sehat yang meningkatkan produktivitas. Manfaat bangun pagi ini bisa didapatkan karena beberapa alasan, di antaranya:

  • memberikan banyak waktu untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan,
  • pikiran cenderung lebih jernih, dan
  • Anda lebih mudah fokus pada tugas penting dengan gangguan yang minim.

6. Meningkatkan kualitas tidur

tidur tengkurap saat hamil muda

Meningkatnya kualitas tidur merupakan salah satu manfaat bangun subuh yang paling penting.

Bangun lebih awal membantu mengurangi risiko Anda begadang sehingga tubuh dapat beristirahat seperti seharusnya.

Efek positifnya, tubuh menjadi lebih segar ketika bangun. Tak hanya baik untuk fisik, rutinitas ini juga dapat membantu mengurangi risiko stres, yang dapat meningkatkan risiko masalah mental.

7. Merasa lebih bahagia

Bahagia di sini bukan berarti merasa senang dalam waktu 15 menit setelah bangun pagi. Perasaan ini mengacu pada suasana hati Anda secara umum setiap hari.

Penelitian oleh Biss dan Hasher (2012) menunjukkan bahwa lansia cenderung lebih bahagia dari anak muda karena lebih sering bangun pagi.

Sementara itu, anak muda dan dewasa yang sering tidur larut malam dan jarang bangun pagi memiliki suasana hati yang lebih buruk setiap harinya.

Bangun pagi yang bagus jam berapa?

Bangun pagi yang bagus adalah antara pukul 04.30 sampai pukul 06.00. Waktu tersebut didapatkan berdasarkan jam ideal istirahat orang dewasa yang berkisar antara 7 hingga 9 jam.
Menurut sebuah studi yang dirilis European Society of Cardiology, waktu tidur yang ideal tidak lebih dari pukul 10 malam. Untuk memperoleh kualitas istirahat yang baik, Anda bisa tidur pada pukul sembilan malam.

Cara mudah untuk bangun pagi

menjauhkan alarm salahs satu cara bangun pagi

Meski memberikan banyak manfaat, bangun pagi merupakan hal yang sulit untuk dilakukan bagi beberapa orang. Jika Anda termasuk salah satunya, inilah beberapa hal yang bisa Anda coba.

1. Tidur lebih awal

Jika Anda memiliki kebiasaan begadang, cobalah tidur lebih awal agar bisa bangun pagi. Mengatur jam tidur dapat membantu Anda untuk bangun lebih awal, tetapi pastikan jam tidur ideal (7-9 jam) terpenuhi dengan baik.

2. Jauhkan gawai

Gawai seperti ponsel dan laptop meningkatkan risiko begadang dan bangun siang. Saat di tempat tidur, jauhkan gawai sehingga Anda bisa lebih fokus untuk beristirahat.

3. Hindari minuman manis dan kafein sebelum tidur

Konsumsi minuman manis dan kafein dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam. Akibatnya, Anda akan kesulitan untuk tidur dan berpotensi bangun siang keesokan harinya.

4. Jauhkan alarm dari jangkauan

Menjauhkan alarm dari jangkauan dapat membuat Anda bangun dari tempat tidur untuk mematikannya.

Sementara ketika alarm dekat dengan jangkauan, Anda berisiko mengatur ulang alarm saat berbunyi sehingga berujung pada bangun siang.

Jika Anda sering kesulitan untuk tidur tanpa alasan jelas, segera berkonsultasi ke dokter. Kondisi tersebut dapat menjadi tanda gangguan tidur yang perlu mendapatkan penanganan.

https://www.youtube.com/watch?v=_cQNuHCX7_g

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Benefits of Waking up Early – Our 9 Tips for Making a Morning Routine. (2021). Retrieved 23 August 2022, from https://www.sleepadvisor.org/benefits-of-waking-up-early/

APA PsycNet. (2022). Retrieved 23 August 2022, from https://psycnet.apa.org/doiLanding?doi=10.1037%2Fa0027071

The Best Time To Go to Sleep. (2022). Retrieved 23 August 2022, from https://health.clevelandclinic.org/what-time-should-i-go-to-bed/

8 Genius Tips for Waking Up Early. (2020). Retrieved 23 August 2022, from https://www.herzing.edu/blog/8-genius-tips-waking-early

Five Benefits of Exercising in the Morning | Piedmont Healthcare . (2022). Retrieved 23 August 2022, from https://www.piedmont.org/living-better/5-benefits-of-morning-exercise

Nikbakhtian, S., Reed, A., Obika, B., Morelli, D., Cunningham, A., Aral, M., & Plans, D. (2021). Accelerometer-derived sleep onset timing and cardiovascular disease incidence: a UK Biobank cohort study. European Heart Journal – Digital Health, 2(4), 658-666. doi: 10.1093/ehjdh/ztab088

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Bayu Galih Permana Diperbarui Aug 31
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa