Apa itu sindrom kematian bayi mendadak?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu sindrom kematian bayi mendadak?

Sindrom kematian bayi mendadak atau Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) adalah kematian mendadak bayi sehat saat sedang tidur. Kondisi ini lebih sering terjadi pada musim dingin. Kondisi ini tidak dapat diprediksi atau dicegah.

Seberapa umumkah sindrom kematian bayi mendadak?

Sebagian besar sindrom ini terjadi pada bayi berumur di bawah 1 tahun. Sindrom ini lebih banyak terjadi pada anak laki-laki dibandingkan anak perempuan. Anda dapat mencegah sindrom ini dengan mengurangi faktor risiko Anda. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala sindrom kematian bayi mendadak?

Sindrom kematian bayi mendadak ini tidak memiliki gejala atau tanda-tanda. Bayi tidak terlihat menderita atau sakit. Mereka juga tidak menangis. Masalah pernapasan atau masalah perut ringan mungkin terjadi dalam beberapa minggu sebelum sindrom ini terjadi.

Kemungkinan ada tanda-­tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika bayi Anda prematur, berat badan di bawah normal, atau memiliki masalah pernapasan, ia harus dipantau di rumah sakit untuk menghindari kematian secara mendadak. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab sindrom kematian bayi mendadak?

Penyebab sindrom kematian bayi mendadak tidak diketahui. Banyak dokter dan peneliti sekarang percaya bahwa sindrom ini disebabkan oleh kelainan otak yang menyebabkan gangguan pernapasan dan gangguan untuk bangun. Selain itu, kelahiran prematur atau infeksi pernapasan juga dapat menyebabkan sindrom ini.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk sindrom kematian bayi mendadak?

Faktor-faktor tertentu yang meningkatkan risiko Anda mengalami sindrom kematian bayi mendadak yaitu:

  • Tidur pada posisi perut, terutama bagi bayi yang ditutupi dengan terlalu banyak selimut
  • Prematur, berat lahir yang rendah, dan kelahiran bayi kembar memiliki risiko yang lebih besar
  • Ibu remaja, merokok, dan minum serta menggunakan obat-obatan selama kehamilan

Tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak bisa mengalami penyakit ini. Faktor-faktor ini hanya untuk referensi saja. Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk lebih jelasnya.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk sindrom kematian bayi mendadak?

Mengurangi adanya faktor risiko dapat menurunkan risiko terjadinya sindrom ini. Setiap orang yang merawat bayi, termasuk babysitter, penyedia layanan penitipan anak, dan kakek-nenek, harus belajar tentang sindrom ini. Untuk mencegah sindrom ini, dapat dilakukan dengan cara:

Selalu menempatkan bayi pada posisi punggung mereka ketika tidur, bukan perut atau bagian sisi mereka.

Hindari terlalu banyak selimut berbulu-bulu halus, dan hindari kamar dengan suhu yang panas.

Gunakan kasur yang padat.

Untuk 6 bulan pertama, bayi harus tidur di boks pada kamar orang tua, tapi tidak di tempat tidur orang tua.

Lingkungan yang bebas asap rokok sangat penting selama kehamilan dan untuk kelangsungan hidup bayi pada tahun pertama.

Orangtua yang merasakan perasaan bersalah, membutuhkan dukungan emosional untuk kehilangan yang mereka alami. Memberikan waktu untuk berduka dan ikhlas, penting untuk dilakukan.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk sindrom kematian bayi mendadak?

Tidak ada tes yang dapat mengetahui dengan pasti bahwa bayi meninggal mendadak akibat sindrom ini. Jika Anda memiliki tanda­-tanda atau gejala­-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi sindrom kematian bayi mendadak?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi sindrom kematian bayi mendadak:

  • Letakkan bayi tidur pada posisi punggung mereka. Hal ini tidak perlu dilakukan bila bayi Anda sedang terjaga atau sudah bisa berguling dua arah tanpa bantuan
  • Aturlah agar kotak tempat tidur bayi selapang mungkin. Gunakan kasur yang padat dan hindari menempatkan bayi Anda pada alas tempat tidur yang tebal dan berbulu, seperti kulit domba atau selimut tebal. Jangan meninggalkan bantal, mainan berbulu atau boneka binatang di dalam kotak tempat tidur bayi. Benda-benda tersebut dapat mengganggu pernapasan mereka jika wajah bayi Anda menghadap benda-benda tersebut
  • Jangan membuat bayi terlalu hangat
  • Berikan bayi Anda susu dari payudara, jika memungkinkan. Menyusui selama setidaknya enam bulan dapat menurunkan risiko sindrom ini

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca