Definisi

Apa itu meningitis (radang selaput otak)?

Penyakit meningitis adalah infeksi yang menyebabkan radang selaput di sekitar otak dan sumsum tulang belakang (meninges). Penyakit ini paling sering disebabkan oleh virus, tapi dalam beberapa kasus dapat disebabkan oleh bakteri atau jamur.

Beberapa tanda khas radang selaput otak termasuk sakit kepala, demam, dan leher kaku (kaku kuduk). Meskipun beberapa kasus bisa sembuh dalam beberapa minggu, pada beberapa kasus lain dapat mengancam jiwa bahkan kematian. Jika Anda merasa Anda atau anggota keluarga Anda memiliki meningitis, segera periksakan ke dokter.

Seberapa umumkah penyakit meningitis (radang selaput otak)?

Meningitis adalah penyakit yang dapat terjadi pada setiap usia. Namun, paling sering menyerang orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti anak-anak, orang tua, dan orang dengan HIV/AIDS.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala meningitis (radang selaput otak)?

Tanda dan gejala meningitis adalah:

  • Demam dan menggigil, terutama pada bayi baru lahir dan anak-anak
  • Perubahan kondisi mental seperti kebingungan, linglung
  • Mual dan muntah
  • Sensitif terhadap cahaya silau (photophobia)
  • Sakit kepala parah
  • Leher kaku (kaku kuduk)
  • Sering pingsan

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Segeralah cari perawatan medis jika Anda atau seseorang dalam keluarga Anda memiliki tanda-tanda atau gejala radang selaput otak, seperti:

  • Demam
  • Sakit kepala berat tak henti-hentinya
  • Linglung
  • Muntah
  • Leher kaku

Meningitis viral dapat sembuh tanpa pengobatan, tetapi meningitis bakteri dapat menjadi serius, bisa berkembang sangat cepat dan membutuhkan pengobatan antibiotik yang cepat untuk meningkatkan kemungkinan pemulihan. Menunda pengobatan untuk meningitis bakteri meningkatkan risiko kerusakan otak permanen dan efek berbahaya permanen lainnya.

Tidak ada cara untuk mengetahui apa jenis radang selaput otak Anda atau anak Anda tanpa konsultasi ke dokter.

Penting untuk memberi tahu kepada dokter Anda jika anggota keluarga atau rekan kerja Anda memiliki meningitis. Anda mungkin perlu untuk menggunakan obat untuk mencegah infeksi.

Penyebab

Apa penyebab meningitis (radang selaput otak)?

Penyebab paling umum penyakit meningitis adalah virus. Penyebab lain termasuk bakteri, jamur, parasit, bahan kimia, obat-obatan, dan tumor.

Jika penyebab infeksi meningitis adalah bakteri, bakteri tersebut termasuk: Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae, Streptococcus pneumoniac, Listeria monocytogenes, Escherichia coli, Klebsiella sp., Streptococcus grup B. Bakteri menyebar melalui pernapasan dan sekresi tenggorokan (batuk, berciuman). Melindungi diri dengan menjaga kebersihan penting dilakukan.

Jika infeksi disebabkan oleh virus, beberapa jenis virus penyebab meningitis adalah: virus influenza, virus herpes simplex, virus varicella zoster, virus West Nile, virus limfositik koriomeningitis, dan virus campak (mumps dan measles).

Faktor-faktor risiko

Apa yang membuat saya berisiko kena meningitis (radang selaput otak)?

Faktor-faktor tertentu yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit meningitis adalah

  • Tidak vaksin meningitis
  • Sebagian besar kasus meningitis akibat virus terjadi pada anak berusia lebih muda dari 5 tahun.
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Orang yang baru saja menjalani transplantasi sumsum tulang
  • Memiliki riwayat penyakit diabetes
  • Jika Anda sedang hamil, Anda meningkatkan risiko tertular listeriosis (infeksi yang disebabkan oleh bakteri Listeria, yang juga dapat menyebabkan meningitis)

Tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak bisa mengalami meningitis. Anda harus konsultasi dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan meningitis (radang selaput otak)?

Pengobatan untuk meningitis tergantung pada penyebabnya. Untuk infeksi virus, dokter akan mengobati gejala dan menunggu untuk infeksi untuk sembuh dengan sendirinya. Untuk infeksi bakteri, pasien mungkin harus opname di rumah sakit agar dapat dipantau oleh dokter dan perawat.

Pengobatan biasa termasuk terapi antibiotik melalui infus, minum banyak cairan, dan istirahat. Antibiotik digunakan untuk mengobati bakteri radang selaput otak. Antibiotik tidak dapat mengobati meningitis viral. Obat antivirus dapat diberikan kepada orang-orang dengan herpes meningitis.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk meningitis (radang selaput otak)?

Dokter membuat diagnosis dengan mencari bakteri dalam sampel cairan tulang belakang. Dokter mendapatkan cairan dengan melakukan pungsi lumbal. Sebuah jarum dimasukkan ke bagian punggung bawah di mana cairan dalam kanal tulang belakang dapat diambil. Dokter juga dapat melakukan tes darah dan rontgen pada otak.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan untuk mengatasi meningitis (radang selaput otak)?

Beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi meningitis adalah:

  • Memahami bahaya meningitis bakteri. Kondisi ini merupakan keadaan darurat medis dan membutuhkan perhatian dan perawatan segera.
  • Rajin cuci tangan dan menjaga kebersihan diri agar dapat menghindari paparan agen infeksi.
  • Jika Anda sedang hamil, masaklah makanan Anda hingga matang. Hindari makanan mentah dan produk susu beserta turunannya yang tidak dipasteurisasi.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Oktober 9, 2018 | Terakhir Diedit: Oktober 9, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan