Apa itu kontraksi ventrikel prematur?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu kontraksi ventrikel prematur?

Kontraksi ventrikel prematur adalah gangguan detak jantung yang menyebabkan jantung berdetak secara tidak biasa.

Jantung memiliki empat ruang, dua pada bagian atas (atrium) dan dua pada bagian bawah (ventrikel). Sel-sel di atrium kanan biasanya mengontrol denyut jantung. Impuls listrik mengalir dari atrium ke ventrikel sehingga dapat berkontraksi dan memompa darah dari jantung ke tubuh.

Kontraksi ventrikel prematur (PVC) terjadi saat ada denyut jantung tambahan yang tidak normal dalam ventrikel yang menyebabkan irama detak jantung yang terlalu dini. Detak jantung ini tidak bekerja dengan baik dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini dikenal sebagai aritmia, gangguan irama detak jantung. Detak jantung yang tidak normal akan menghasilkan impuls listrik yang tidak teratur.

Seberapa umumkah kontraksi ventrikel prematur?

Orang-orang di segala usia dapat memiliki kondisi ini. Anda bahkan dapat memiliki kondisi ini ketika Anda sehat, dan ini tidak berbahaya. Sebagian besar orang tidak memerlukan pengobatan.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kontraksi ventrikel prematur?

Kebanyakan orang tidak memiliki gejala. Beberapa memiliki perasaan hilangnya denyut jantung kemudian diikuti oleh denyut jantung yang kuat. Gejala lainnya dapat berupa jantung yang berdebar, perasaan denyut jantung yang kuat, dan sensasi jantung melompat.

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika kadang-kadang Anda merasa kehilangan detak jantung atau ketidaknyamanan pada dada, Anda sebaiknya periksa ke dokter. Anda perlu mencari penyebabnya. Kontraksi ventrikel prematur mungkin tidak berbahaya, namun dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah seperti aritmia, penyakit jantung berat, kecemasan, kurang darah, atau infeksi.

Penyebab

Apa penyebab kontraksi ventrikel prematur?

Penyebab paling umum adalah konsumsi kafein, nikotin, alkohol, dan stres. Penyakit jantung seperti iskemia (berkurangnya aliran darah ke otot jantung), tekanan darah tinggi, gagal jantung bawaan (mengurangi kemampuan pemompaan jantung), penggunaan obat-obatan dan obat-obatan terlarang adalah penyebab lainnya.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kontraksi ventrikel prematur?

Ada banyak faktor risiko untuk penyakit ini seperti:

  • Kafein, tembakau, dan alkohol;
  • Olahraga berlebihan;
  • Tekanan darah tinggi;
  • Terlalu cemas;
  • Penyakit jantung seperti penyakit jantung bawaan, gagal jantung, iskemia, penyakit arteri koroner, dan miokardium lemah

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk kontraksi ventrikel prematur?

Orang yang sehat tanpa gejala tidak memerlukan pengobatan. Kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya. Membatasi konsumsi kafein, alkohol, nikotin, dan stres dapat membuat PVC menjadi jarang terjadi. Obat-obatan dapat mengontrol PVC jika gejala menjadi parah. Obat ini termasuk obat-obatan antiaritmia, beta-blocker, dan calcium channel blockers. Olahraga dapat membantu orang-orang yang tidak aktif.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk kontraksi ventrikel prematur?

Dokter dapat menemukan denyut yang tidak teratur selama pemeriksaan fisik. Dokter akan mendiagnosis PVC dengan melakukan elektrokardiografi yang dapat merekam aktivitas elektris jantung. Dokter dapat melakukan pemantauan Holter dengan melakukam elektrokardiografi selama 24 jam. Tes latihan tekanan juga dapat dilakukan. Tes ini memungkinkan dokter melihat efek dari latihan pada irama jantung. Pemeriksaan lainnya adalah tes USG. Tes ini dilakukan oleh seorang spesialis jantung.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kontraksi ventrikel prematur?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kontraksi ventrikel prematur:

  • Mengurangi paparan zat yang memicu PVC, seperti kafein, alkohol, nikotin, obat, dan stres.
  • Cobalah metode pengurangan stress, seperti biofeedback, atau yoga.
  • Olahraga. Orang dengan PVC biasanya dapat berolahraga dengan aman. PVC bahkan dapat berhenti selama berolahraga. Jika frekuensi PVC meningkat seiring dengan dilakukannya olahraga, Anda mungkin memiliki penyakit jantung. Dokter akan membuat diagnosis untuk memeriksa apakah Anda harus terus berolahraga.
  • Hubungi dokter jika Anda memiliki palpitasi, nyeri dada, atau pingsan

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca