Definisi

Apa itu kanker ovarium?

Kanker ovarium adalah kondisi di mana tumor ganas tumbuh berkembang di dalan indung telur, di mana sel-sel telur juga hormon wanita(estrogen dan progesteron) dihasilkan. Kanker ovarium jika diketahui pada stadium awal dapat diobati secara efektif. Namun, sangat sulit untuk mendiagnosis penyakit ini pada stadium awal.

Seberapa umumkah kanker ovarium?

Kanker ovarium biasa terjadi pada wanita berusia menengah dan wanita yang telah lanjut usia. Kasus yang paling fatal terjadi pada wanita yang berumur di atas 55 tahun. Penyakit ini dapat dikendalikan dengan mengurang faktor-faktor risiko. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kanker ovarium?

Tanda-tanda dan gejala kanker ovarium biasanya tidak jelas, terutama pada stadium awal. Banyak penderita bahkan dokter dapat keliru dan mengira gejala penyakit ini adalah tanda-tanda penyakit lain. Secara umum, tanda-tanda dan gejala yang biasa terjadi adalah:

  • Perut mengalami kembung dan meregang
  • Mudah merasa kenyang ketika makan
  • Hilangnya berat badan
  • Tidak nyaman di bagian panggul
  • Adanya perubahan pada proses pencernaan, seperti konstipasi
  • Sering buang air kecil

Gejala lainnya termasuk:

  • Perubahan pada menstruasi
  • Mual, muntah, pencernaan sulit, anorexia, perut kembung
  • Sakit punggung tanpa alasan yang jelas
  • Terjadi pendarahan di bagian vagina pada saat tidak sedang menstruasi

Kemungkinan ada tanda-­tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Silakan hubungi dokter Anda jika Anda merasakan tanda-tanda dan gejala kanker ovarium. Selain itu, jika anggota keluarga Anda ada yang memiliki kanker ovarium atau kanker payudara, maka sebaiknya Anda sering melakukan pemeriksaan untuk pencegahan. Tubuh masing­-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab kanker ovarium?

Hingga saat ini dokter tidak memiliki kesimpulan pasti untuk masalah ini. Secara umum, kanker biasanya terjadi dikarenakan adanya perubahan gen pada tubuh kita, yang menyebabkan sel-sel normal berkembang menjadi sel-sel kanker. Kemudian, sel-sel tersebut akan menduplikasi diri dan membuat tumor. Selain itu, sel-sel ini juga menyerang sel-sel sekitarnya dan menyebar ke organ lainnya.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kanker ovarium?

Ada banyak faktor risiko untuk kanker ovarium, yaitu:

  • Wanita yang memiliki sedikit anak. Semakin sedikit anak yang dimiliki seorang wanita, semakin tinggi risiko ia terkena kanker ovarium
  • Wanita yang mengalami kanker payudara atau meiliki anggota keluarga yang memiliki kanker payudara
  • Wanita yang melakukan terapi pengganti estrogen selama lebih dari 5 tahun
  • Wanita lanjut usia

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk kanker ovarium?

Pembedahan merupakan metode yang paling umum dilakukan untuk pengobatan kanker ovarium tanpa memperhatikan stadiumnya. Untuk stadium-dini, hanya dapat dilakukan metode pembedahan; indung telur dan tuba fallopi akan diangkat jika kanker telah menyebar ke organ tersebut. Selain itu, rahim dan organ lainnya pada bagian panggul dan perut juga akan diangkat jika telah organ tersebut telah terkena kanker. Berikutnya, kemoterapi akan dilakukan untuk menghiangkan sel-sel kanker yang tersisa. Akhirnya, dokter akan meminta pasien untuk sering melakukan pemeriksaan kesehatan.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk kanker ovarium?

Dokter dapat mendiagnosis kanker ovarium berdasarkan gejala yang muncul dan uji klinis. Diagnosis dilakukan dengan pencitraan (seperti ultrasonografi, MRI, CT scan) juga dapat memperlihatkan tanda-tanda kanker.

Biopsi merupakan satu-satunya cara untuk mengetahui apakah tumor di ovarium termasuk tumor jinak atau ganas. Biopsi adalah metode yang dilakukan dengan cara mengambil jaringan kecil dari tumor untuk dilihat dibawah mikroskop.

Dokter juga dapat melakukan pembedahan untuk mengetahui stadium dari kanker (stadium menunjukan seberapa luas penyebaran kanker). Terkadang, antigen kanker (CA-125, sebuah zat di dalam darah) dapat membantu diagnosis.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker ovarium?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kanker ovarium:

  • Tetap ikuti pemeriksaan dokter untuk mengikuti perkembangan penyakit juga untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda
  • Ikutilah petunjuk yang diberikan oleh dokter Anda dan jangan mengonsumsi obat tanpa mengonsultasikannya dengan dokter Anda terlebih dahulu. Jangan lupa mengonsumsi obat yang telah dianjurkan oleh dokter Anda.
  • Hubungi dokter Anda mengenai efek samping dari obat yang Anda konsumsi
  • Konsumsilah makanan yang sehat, seperti sayuran, biji-bijian, dengan kandungan lemak yang sedikit
  • Jagalah berat badan Anda dan tetap berolahraga

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan