Definisi

Apa itu frozen shoulder (nyeri bahu)?

Frozen shoulder adalah kondisi nyeri bahu yang membuat bahu susah digerakkan. Nyeri bahu ini mengakibatkan ruang di dalam sendi bahu mengecil secara bertahap.

Frozen shoulder adalah kondisi yang dapat berkembang dalam beberapa fase. Pada tahap pertama, Anda mulai merasakan nyeri bahu dan tangan sulit bergerak. Tahap ini biasanya berlangsung sekitar 4 bulan.

Lalu dalam 4 bulan ke depan, Anda masih akan merasa sangat sakit. Anda dapat menggerakkan lengan tapi hanya sedikit.

Sedangkan pada tahap terakhir, bahu tidak lagi menjadi kaku, nyeri berangsur-angsur menghilang, dan lengan bisa bergerak kembali. Tahap ini juga berlangsung sekitar 4 bulan dalam kebanyakan kasus.

Seberapa umum frozen shoulder (nyeri bahu)?

Orang berusia 40 tahun atau lebih tua, terutama wanita, lebih rentan terhadap frozen shoulder. Nyeri atau sakit bahu ini dapat terjadi pada orang-orang yang sedang dalam masa pemulihan setelah operasi, seperti stroke atau mastektomi. Anda dapat menurunkan peluang terkena penyakit ini dengan mengurangi faktor risiko Anda. Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala frozen shoulder (nyeri bahu)?

Ketika Anda mengalami frozen shoulder, Anda akan mengalami rasa sakit di sekitar daerah bahu, dimulai pada tulang sendi bahu dan menyebar ke area sekitarnya, termasuk tulang belikat, dan klavikula. Rasa sakit dapat menyebar ke otot-otot lengan. Anda terus-menerus mengalami sakit, bahkan pada saat istirahat dan pada malam hari.

Selain rasa sakit, kemampuan Anda untuk bergerak menjadi lebih terbatas. Misalnya Anda merasa sangat sulit untuk mengangkat lengan. Kemungkinan terdapat gejala dan tanda lain yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda memiliki kekhawatiran mengenai gejala penyakit ini, silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda dan gejala yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan atau masalah, silakan berkonsultasi dengan dokter. Status dan kondisi kesehatan tiap orang berbeda. Selalu diskusikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis, pengobatan dan perawatan yang terbaik bagi Anda.

Penyebab

Apa penyebab frozen shoulder (nyeri bahu)?

Penyebab frozen shoulder belum ditemukan. Penyebabnya kemungkinan karena tidak bergerak untuk waktu yang lama, seperti ketika mengenakan perban dan gips setelah cedera, setelah operasi, atau patah lengan. Frozen shoulder juga lebih mungkin terjadi pada orang yang mengidap diabetes.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko frozen shoulder (nyeri bahu)?

Beberapa kondisi yang menyebabkan nyeri bahu adalah:

  • Usia. Orang tua lebih mungkin untuk menderita penyakit ini.
  • Bahu tidak digerakkan. Terlalu lama istirahat di tempat tidur karena cedera bahu; berkurangnya mobilitas sendi karena cedera, patah lengan, stroke, pasca-operasi.
  • Punya penyakit lainnya seperti diabetes, masalah kelenjar tiroid (misalnya hipertiroidisme dan hipotiroidisme), TBC, Parkinson, atau stroke.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk frozen shoulder (nyeri bahu)?

Frozen shoulder adalah kondisi nyeri bahu yang bisa diatasi dengan terapi fisik atau fisioterapi dengan ahlinya.

Kemungkinan dokter juga akan memberikan perawatan yang berbeda, termasuk obat anti-inflamasi (NSAID) penghilang rasa nyeri. Kadang-kadang, pasien akan diresepkan obat penghilang rasa sakit yang lebih kuat jika NSAID tidak berhasil.

Kunci untuk pemulihan adalah mempertahankan gerakan bahu. Fisioterapi dan latihan di rumah dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mempertahankan gerakan lengan.

Dokter akan menyuntikkan steroid ke dalam sendi. Pasien dengan frozen shoulder biasanya tidak memerlukan operasi.  Setelah pemulihan, kemungkinan sakit tidak akan menyerang bahu yang sama.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk frozen shoulder (nyeri bahu)?

Dokter mendiagnosis frozen shoulder melalui pemeriksaan fisik. Dokter akan melakukan pemeriksaan rontgen untuk mengetahui kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala seperti osteoarthritis, tumor, dan dislokasi sendi bahu.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan untuk mengatasi nyeri bahu?

Berikut gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi bahu beku.

  • Gunakan obat seperti yang diarahkan oleh dokter.
  • Olahraga sesuai saran dokter.
  • Ikuti bimbingan dari ahli fisioterapi.
  • Cobalah bergerak secara normal, sebab bahu yang jarang digerakkan justru menjadi penyebab penyakit ini.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Agustus 7, 2018 | Terakhir Diedit: Agustus 7, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan