5 Kunci Menghilangkan Milia, Bintil-Bintil Putih di Kulit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Muncul bintil-bintil putih di kulit?  Jika iya, maka Anda mengalami milia. Kondisi ini memang umumnya terjadi pada bayi tapi juga bisa dialami oleh orang dewasa. Milia muncul pada kulit wajah sehingga bisa mengganggu penampilan kulit Anda. Tentu bintik-bintik putih ini membuat Anda minder. Namun jangan cemas, masalah kulit ini bisa diatasi dengan mudah kok. Ikuti 5 kunci menghilangkan milia pada artikel ini.

5 cara menghilangkan milia dengan mudah

Milia atau bintil-bintil kecil berwarna putih yang sering muncul di sekitar hidung, pipi atas atau bawah mata, dan dagu. Kondisi ini sering dikira jerawat, padahal berbeda. Dilansir dari Health Line, sebuah kelompok riset medis di Rochester, Minnesota, mengungkapkan bahwa bintil putih di kulit ini muncul saat serpihan kulit mati terjebak di bawah permukaan kulit.

Meski kebanyakan terjadi ketika bayi, bukan tidak mungkin orang dewasa mengalaminya. Biasanya kondisi ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Namun, ada beberapa cara untuk menghilangkan milia dari kulit, yaitu:

1. Rutin membersihkan wajah

Membersihkan wajah adalah rutinitas yang wajib dilakukan agar kulit tetap bersih, bukan hanya saat milia muncul. Pastikan untuk mencuci muka dengan sabun atau pembersih wajah tanpa kandungan paraben setiap hari.

Dilansir dari Live Strong, produk pembersih yang mengandung asam salisilat, asam sitrat, dan asam glikolat dapat membantu mengatasi kondisi kulit apapun akibat pertumbuhan sel-sel kulit berlebihan dan membantu menarik kotoran yang terjebak di pori-pori. Ini membuat bintik putih kecil di kulit menjadi mengecil dan akhirnya lebih cepat hilang.

Selain produk pembersih, cara membersihkan kulit juga perlu diperhatikan. Oleskan pembersih wajah pada kulit, kemudian pijit lembut dan bilas dengan air bersih. Setelah itu, tepuk pelan kulit Anda supaya kering untuk membantu menjaga kelembapan kulit.

Setelah kulit dibersihkan, berendam dengan air hangat akan membuka pori-pori kulit, termasuk kulit wajah. Ini akan membantu melepaskan serpihan kulit mati atau kotoran lainnya yang terjebak di bawah permukaan kulit. Biarkan tubuh Anda rileks selama 5 sampai 8 menit, kemudian bilas dengan air untuk membersihkan sisa kotoran atau kulit mati yang telah dikeluarkan.

2. Melakukan eksfoliasi wajah

Eksfoliasi adalah teknik perawatan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Teknik ini bisa membantu kulit bebas dari iritan yang menyebabkan milia. Salah satunya menjaga agar keratin di kulit tidak dihasilkan secara berlebihan.

Tak perlu repot pergi di salon kecantikan kok, eksfoliasi bisa Anda lakukan di rumah. Siapkan bahan-bahan eksfoliasi yang ringan, contohnya scrub gula atau campuran gula merah dengan minyak zaitun. Teknik ini bisa diterapkan hanya pada area wajah yang terdapat milia atau bisa juga seluruh permukaan wajah.

Basahi kulit wajah dengan air lalu oleskan sedikit scrub dan gosok secara perlahan selama 20 sampai 30 detik. Bilas dengan air dingin dengan bersih. Lakukan hal ini setidaknya tiga kali dalam seminggu sampai milia hilang.

masker mengecilkan pori-pori

3. Menggunakan masker madu manuka

Selain eksfoliasi, Anda bisa menggunakan madu manuka pada wajah. Ini membantu mengurangi peradangan akibat bakteri atau iritasi kulit. Sebuah studi menunjukkan bahwa madu yang dicampur dengan kulit kayu manis sangat efektif dalam memerangi bakteri penyebab jerawat. Walaupun milia tidak disebabkan oleh bakteri, campuran ini mampu memperbaiki tampilan permukaan kulit.

Berikut cara menerapkan masker madu manuka pada wajah:

  • Campurkan tiga atau empat sendok makan madu manuka dan satu sendok makan kayu manis
  • Panaskan selama 30 detik di dalam microwave
  • Oleskan lapisan tipis campuran ke wajah, diamkan selama 10 menit, dan bilas hingga bersih

4. Menyemprotkan air mawar

Air mawar adalah air yang mengandung minyak mawar yang bisa menjadi zat antiradang bila dioleskan ke kulit. Semprotkan air mawar pada kulit sebanyak dua atau tiga kali sehari untuk menghilangkan milia di wajah dan kulit.

5. Gunakan krim retinoid dan tabir surya

Krim retinoid topikal bisa menyingkirkan milia karena mengandung vitamin A. Kemudian, gunakan produk yang mengandung retinol sekali dalam sehari. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Tabir surya menyeimbangkan krim retinoid yang peka terhadap kerusakan bila terpapar sinar matahari. Keduanya digunakan untuk meringankan iritasi kulit yang disebabkan oleh bintik putih kecil di kulit.

Yang perlu diperhatikan dalam menghilangkan milia

Tips di atas hanya diperuntukkan bagi remaja dan orang dewasa, bukan untuk bayi. Sebelum menggunakan bahan-bahan alami untuk masker atau eksfoliasi, jangan lupa untuk melakukan uji sensitivitas pada kulit terlebih dahulu. Ini demi  mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Pastikan tidak menggunakan bahan-bahan tersebut hingga mengiritasi bagian mata karena bintik kecil putih di kulit banyak muncul di sekitar bawah mata.

Bila Anda merasa belum yakin, konsultasi ke dokter merupakan langkah bijak yang bisa Anda lakukan. Dokter biasanya akan membersihkan milia dengan jarum kecil steril. Namun bukan berarti Anda bisa memencet atau menekan milia dengan tangan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Kondisi yang Menjadi Penyebab Bercak Putih pada Kulit Bayi

Bercak putih pada kulit bayi bisa menandakan masalah kesehatan. Apa saja, ya? Lantas, bagaimana cara mengibatinya? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 28 Februari 2020 . Waktu baca 6 menit

Apakah Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis Terjamin Aman?

Menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis menjadi salah satu cara praktis yang banyak dicoba. Namun hati-hati, karena cara ini sama sekali tidak dianjurkan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Jerawat, Kesehatan Kulit 13 Februari 2020 . Waktu baca 6 menit

5 Benjolan Tubuh Ini Tidak Berbahaya dan Bukan Ciri Penyakit Serius

Tidak semua benjolan dari dalam kulit berbahaya dan seharusnya dihilangkan. Kenali berbagai benjolan jinak yang umum ditemukan pada tubuh manusia.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 26 Januari 2020 . Waktu baca 5 menit

Jerawat di Vagina Membandel? Begini Cara Medis Menghilangkannya

Jerawat di vagina dapat muncul kembali secara tiba-tiba. Untungnya, Anda bisa mengandalkan cara medis untuk menghilangkan jerawat di vagina dengan efektif.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Jerawat, Kesehatan Kulit 2 November 2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cuka apel untuk jerawat

Benarkah Cuka Apel Efektif dan Aman untuk Obati Jerawat?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 4 November 2020 . Waktu baca 5 menit
jerawat di dagu

Kenali Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 3 November 2020 . Waktu baca 6 menit
jerawat di dahi

Kenali Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara Ampuh Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 3 November 2020 . Waktu baca 5 menit
masalah kulit pada bayi

Ibu, Ini 9 Penyakit Kulit yang Paling Umum Dialami Bayi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 25 Juni 2020 . Waktu baca 8 menit