home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apa Itu Purging? Adakah Bedanya Dengan Jerawat Biasa?

Apa Itu Purging? Adakah Bedanya Dengan Jerawat Biasa?

Pernahkah Anda mencoba kosmetik atau produk kulit baru, dan beberapa hari kemudian muncul bintik-bintik merah kecil atau jerawat di wajah Anda? Bisa jadi ini adalah pertanda purging. Lalu, apa itu purging dan bagaimana cara mencegahnya?

Apa itu purging?

Banyak orang merasa cemas ketika mengalami jerawat dan kemerahan setelah menggunakan produk perawatan kulit yang baru. Bahkan, ada pula sebagian yang langsung pergi ke dokter kulit karena khawatir hal tersebut merupakan efek samping yang berbahaya.

Padahal, gejala-gejala yang Anda alami belum tentu merupakan tanda bahwa produk yang Anda gunakan tidak cocok atau berbahaya. Bisa jadi, produk tersebut tengah menunjukkan hasil kerjanya.

Dalam dunia kecantikan, hal ini bernama purging, berasal dari kata purge yang artinya adalah pembersihan.

jerawat di hidung

Pada fase awal penggunaan skin care ataupun fase pergantian produk skin care dari yang biasa Anda gunakan ke produk baru, Anda mungkin akan mengalami proses purging.

Secara medis, purging adalah sebuah kondisi yang timbul akibat penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang memiliki bahan aktif seperti AHA, BHA, dan retinoid, atau produk berjenis scrub dan peeling.

Produk-produk yang ada kandungan bahan di atas memang terkenal memiliki kemampuan penetrasi. Artinya produk ini dapat masuk ke dalam kulit untuk membersihkan dan memperbaiki lapisan bawah kulit.

Bahan-bahan ini bisa mempercepat pertumbuhan sel kulit sehingga kulit akan tampak seperti bersisik dan tampak seperti memiliki benjolan kecil yang biasanya akan menghilang tanpa adanya fase kemerahan, bengkak, atau radang pada kulit Anda.

Purging bertujuan untuk membersihkan pori-pori kulit wajah Anda yang tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati yang tertumpuk dan komedo. Sehingga hal ini menyebabkan munculnya jerawat yang semakin banyak dan terlihat parah.

Purging umumnya terjadi selama 3-4 minggu. Hal ini disesuaikan dengan siklus pertumbuhan kulit setiap orang. Namun, apabila kondisi kulit ini masih terjadi selama lebih dari 4 minggu, Anda patut waspada dan segeralah hentikan penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang biasa Anda gunakan.

Apa bedanya dengan jerawat breakout?

pustula jerawat bernanah
Sumber: Media Allure

Banyak orang yang mengira bahwa purging sama saja dengan jerawat breakout. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda.

Breakout adalah kondisi kulit yang terjadi karena mengalami ketidakcocokan terhadap jenis bahan kosmetik atau kimia tertentu.

Orang yang mengalami kondisi ini umumnya terlihat seperti memiliki jerawat, bisul, yang juga disertai warna kemerah-merahan dan disertai rasa nyeri, pembengkakan dan peradangan.

Biasanya orang yang mengalami breakout juga akan muncul jerawat yang besar-besar pada permukaan kulit dan kulit kering mengelupas.

Breakout umumnya muncul pada bagian-bagian wajah yang sebelumnya tidak pernah atau jarang terkena jerawat. Sedangkan, jerawat purging timbul pada area yang biasa muncul jerawat.

Perbedaan lainnya, jerawat purging lebih cepat menghilang daripada jerawat breakout yang butuh waktu sampai 10 hari lamanya untuk matang dan sembuh.

Selain karena menggunakan produk perawatan yang tidak cocok dengan kulit, penyebab breakout lainnya dapat meliputi gangguan hormon, gangguan pencernaan, stres, dan faktor lingkungan.

Bagaimana cara mencegah purging setelah pakai produk baru?

sabun muka untuk jerawat

Untuk mencegahnya, gunakanlah produk perawatan berbahan aktif seperti AHA, BHA, dan retinoid secara bertahap.

Awali penggunaan produk dalam jumlah yang sangat sedikit dan tidak setiap hari. Misalnya, Anda bisa menggunakan retinoid sebanyak dua kali seminggu. Bila sekiranya kulit sudah terbiasa, naikkan dosis atau frekuensi pemakaian.

Bila tetap muncul jerawat, jangan sentuh wajah Anda apalagi memencet jerawat walau dengan tangan yang bersih sekalipun. Untuk sementara, gunakan pembersih wajah yang berbahan lembut atau yang diformulasikan bagi kulit sensitif.

Harus Anda ingat, selama pemulihan kulit dari purging, sebaiknya Anda tidak langsung mengganti merk produk perawatan dan menggunakan yang baru.

Bila efek purging tidak kunjung membaik selama lebih dari empat hari, periksakan kondisi Anda kepada dokter kulit guna mendapatkan perawatan yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mukherjee, S., Date, A., Patravale, V., Korting, H. C., Roeder, A., & Weindl, G. (2006). Retinoids in the treatment of skin aging: an overview of clinical efficacy and safety. Clinical interventions in aging, 1(4), 327–348. Retrieved 3 May 2021.

Got Adult Acne? Get Answer from an Expert. (n.d.). Johns Hopkins Medicine. Retrieved 3 May 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/got-adult-acne-get-answers-from-an-expert

Understanding Skin Care Product. (2019). Cleveland Clinic. Retrieved 3 May 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/10980-understanding-the-ingredients-in-skin-care-products

Skin Purging vs Breakout. (n.d.). Your Wellness Center. Retrieved 3 May 2021, from https://yourwellnesscenter.com/blog/skin-purging-vs-breakouts/

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari
Tanggal diperbarui 14/03/2017
x