Apa Perbedaan Jerawat Biasa dan Jerawatan Akibat Purging?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 Juli 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pernahkah Anda mencoba kosmetik atau produk kulit baru, dan beberapa hari kemudian muncul bintik-bintik merah kecil atau jerawat di wajah Anda? Apakah ini pertanda kulit Anda tidak cocok sehingga jerawatan? Atau justru artinya krim tersebut sedang bekerja sehingga Anda mengalami sesuatu yang dinamakan purging? Sebenarnya, apa itu purging? Apa bedanya dengan jerawatan biasa?

Apa itu purging?

Purging adalah istilah dalam dunia kecantikan, berasal dari kata purge yang berarti pembersihan. Pada fase awal penggunaan skin care ataupun fase pergantian produk skin care dari yang biasa Anda gunakan ke produk baru, Anda mungkin akan mengalami proses yang dinamakan purging.

Secara medis, purging adalah sebuah kondisi yang timbul akibat penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang memiliki bahan seperti AHA, BHA  atau produk berjenis scrub, peeling, atau retinoid yang memang memiliki kemampuan penetrasi ke dalam kulit untuk membersihkan dan memperbaiki lapisan bawah kulit.

Bahan-bahan ini bisa mempercepat pertumbuhan sel kulit sehingga kulit akan tampak seperti bersisik dan tampak seperti memiliki benjolan kecil yang biasanya akan menghilang tanpa adanya fase kemerahan, bengkak, atau radang pada kulit Anda.

Purging bertujuan untuk membersihkan pori-pori kulit wajah Anda yang tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati yang tertumpuk dan komedo. Sehingga hal ini menyebabkan munculnya jerawat yang semakin banyak dan terlihat parah.

Purging umumnya terjadi selama 3-4 minggu. Hal ini disesuaikan dengan siklus pertumbuhan kulit setiap orang. Namun, apabila kondisi kulit ini masih terjadi selama lebih dari 4 minggu, Anda patut waspada dan segeralah hentikan penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang biasa Anda gunakan.

Apa itu jerawat breakout?

Breakout adalah kondisi kulit yang terjadi karena mengalami ketidakcocokan terhadap jenis bahan kosmetik atau kimia tertentu. Orang yang mengalami kondisi ini umumnya terlihat seperti memiliki jerawat, bisul, yang juga disertai warna kemerah-merahan dan disertai rasa nyeri, pembengkakan dan peradangan.

Biasanya orang yang mengalami breakout juga akan muncul jerawat yang besar-besar pada permukaan kulit dan kulit kering mengelupas. Ini bedanya breakout dengan purging. Penyebab breakout bisa jadi karena kandungan skin care yang Anda gunakan tidak cocok, gangguan hormon, gangguan pencernaan, stres, dan faktor lingkungan.

Bagaimana cara mengatasi kulit yang purging setelah pakai produk baru?

Untuk mengatasi purging, Anda bisa mengurangi kadar obat ataupun bahan kimia yang biasa Anda gunakan. Jadi jangan buru-buru panik atau berpikir yang tidak-tidak dulu dengan kondisi keadaan kulit berjerawat atau beruntusan yang Anda alami ketika awal-awal menggunakan skin care. Karena, bisa saja hal itu merupakan fase atau proses purging. Namun, apabila hal itu terjadi lebih dari 4 minggu, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kulit.

Sekarang Anda sudah tidak bingung lagi dengan perbedaan purging dan breakout tersebut. Keduanya sama-sama merupakan efek samping negatif dari pemakaian skin care pada wajah yang tidak cocok. Pada awal menggunakan skin care biasanya purging terjadi. Purging bekerja untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat seperti minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penuaan

Setiap orang akan mengalami penuaan. Gaya hidup dan riwayat kesehatan membuat orang bisa mengalami penuaan lebih dini. Apa saja tandanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Lansia 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Cara Memanfaatkan Es Batu Untuk Wajah Lebih Cerah

Es batu tidak hanya menyegarkan tubuh saat diminum, namun es batu untuk wajah banyak manfaatnya. Es batu dapat mengatasi masalah pada kulit wajah Anda.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Kulit 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Pilihan Cara Menghilangkan Selulit yang Mengganggu

Banyak yang menyangka penyebab selulit adalah tumpukan lemak di tubuh, namun ini ternyata kurang tepat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan selulit?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 5 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Apa Saja Efek Samping Suntik Filler di Wajah?

Tertarik melakukan filler wajah? Ketahui terlebih dulu efek samping dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perawatan wajah satu ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan, Operasi A-Z 31 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara menghilangkan hitam di leher

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
penyebab bulu mata rontok

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit