Periode Perkembangan

Mata Bayi Belekan Terus Menerus? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Normal rasanya ketika mata bayi belekan saat baru bangun tidur, yang terbentuk karena mata tidak berkedip selama tidur sehingga menghasilkan lendir di sudut mata. Namun tak jarang, Anda mungkin memerhatikan bahwa mata bayi terus-terusan mengeluarkan belek meski tidak baru bangun tidur. Apa penyebabnya, ya?

Kenapa mata bayi belekan terus-terusan?

saat bayi menangis

Kotoran mata atau yang sering disebut sebagai belek adalah kumpulan air mata, lendir, minyak, debu, serta kotoran yang terbentuk di sudut mata. Hal ini memang normal terjadi saat bayi baru bangun tidur, karena tidak melibatkan gerakan berkedip yang seharusnya membersihkan segala kotoran agar tidak masuk ke dalam mata.

Bagaimana kalau mata bayi belekan terus meski tidak baru bangun tidur? Beberapa hal berikut ini bisa menjadi kemungkinan penyebabnya:

1. Saluran air mata bayi tersumbat

Penyumbatan saluran air mata, atau obstruksi duktus nasolakrimalis dalam bahasa medisnya, merupakan kondisi ketika air mata tidak dapat masuk kembali ke dalam saluran mata. Akhirnya, air mata bayi tetap menggenang di permukaan mata atau terus mengalir keluar seolah masih tetap menangis.

Meski bisa dialami siapa saja, tapi kondisi ini lebih sering terjadi pada bayi baru lahir. Saluran air mata yang tersumbat bisa membuat mata bayi belekan, karena cairan yang menggenang tersebut akan menyebar sampai ke sudut mata saat bayi berkedip.

Oleh karena ada penyumbatan, maka air mata akan terus berada di sudut mata hingga kemudian bergabung bersama debu dan kotoran. Inilah yang membuat belek terus keluar dari mata bayi.

2. Mata bayi kering

Air, minyak, lendir, serta antibodi adalah komponen utama penyusun air mata. Apabila ada ketidakseimbangan pada salah satu komponen tersebut atau ada gangguan pada kelenjar air mata, otomatis produksi air mata akan terhambat.

Alhasil, mata bayi akan menjadi kering karena tidak mendapatkan cukup cairan untuk melumasi seluruh bagian mata. Demi mengatasi hal tersebut, mata akan menghasilkan air mata cadangan tapi dengan komponen yang tidak sama seperti air mata sesungguhnya.

Komponen air mata cadangan lebih didominasi oleh lendir, sehingga menimbulkan belek pada mata bayi.

3. Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah sakit mata yang ditandai dengan mata merah dan terasa gatal. Kondisi ini biasanya akan merangsang mata untuk memproduksi lebih banyak lendir dan cairan. Lambat laun, saking banyaknya lendir tersebut sehingga dapat membentuk belek yang muncul di sudut-sudut mata bayi.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca