Waspada Pembesaran Jantung Pada Si Kecil, Bisa Disembuhkan Tidak?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Penyakit kardiomegali adalah kondisi di mana jantung membesar atau membengkak akibat berbagai kondisi kesehatan lain. Ya, faktanya kondisi ini tak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, tapi anak-anak bahkan bayi yang baru lahir dapat mengalaminya. Lalu bagaimana jika kardiomegali terjadi pada anak-anak? Pengobatan seperti apa yang harus dijalani?

Pengobatan kardiomegali pada bayi dan anak-anak

Penyakit yang menyebabkan jantung membesar ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Tapi yang paling banyak menjadi penyebab kondisi ini adalah tekanan darah tinggi atau berbagai penyakit jantung lainnya. Tapi, dalam beberapa kasus pembesaran jantung ini sudah terjadi sejak bayi lahir.

Bayi dan anak dengan kardiomegali tentu harus mendapatkan penanganan khusus. Berikut adalah pengobatan-pengobatan yang diterapkan pada anak yang mengalami kardiomegali.

Obat-obatan

Ada banyak jenis obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi kardiomegali pada bayi dan anak, seperti obat jenis diuretik yang berfungsi untuk menurunkan jumlah aliran darah. Ini supaya jantung tidak memiliki beban yang terlalu berat dan dapat memompa darah dengan lebih baik.

Selain itu, obat seperti digitalis membantu jantung bayi untuk berdetak lebih lambat namun kuat sehingga menjaga tempo ketika darah dipompa. Sedangkan obat antiaritmia dan pengendali tekanan darah juga diberikan pada bayi dengan penyakit ini. Kedua jenis obat-obatan ini mencegah gagal jantung terjadi pada sang bayi.

Operasi

Meski masih sangat kecil, bayi dengan jantung yang membesar terkadang harus menjalani operasi terbuka. Operasi ini ditujukan untuk memperbaiki pembuluh darah yang tak normal pada bayi. Atau, bayi juga akan disarankan untuk menjalani operasi bypass jantung.

Pada kondisi yang parah, situs kesehatan WebMD menyebutkan bahwa bayi atau anak mungkin perlu menjalani operasi cangkok jantung. Selain cangkok jantung, bayi yang mengalami pembesaran jantung seperti ini akan dipasangkan jantung buatan yang membantu jantung si kecil untuk memompa darah.

Dukungan zat gizi

Zat gizi tak kalah penting dalam pengobatan kardiomegali yang dijalani sang bayi. Karena kondisinya ini, bayi membutuhkan lebih banyak energi untuk membuat jantungnya tidak bekerja terlalu keras. Jika asupan zat gizinya tak terpenuhi dengan baik, maka bayi akan mudah lelah karena energinya tak cukup bisa mendukung kerja jantungnya.

Biasanya, bayi yang mengalami kondisi seperti ini akan dibantu makannya dengan selang nasogastrik, yaitu selang yang dipasangkan dari hidung yang langsung terhubung ke dalam lambung. Dari selang ini, bayi akan diberikan makanan cair dengan kalori yang tinggi.

kepala bayi terbentur

Apakah kardiomegali pada anak bisa sembuh?

Kardiomegali bisa saja disembuhkan dan bisa tidak. Hal ini tergantung pada penyebab yang menyebabkan kondisi ini. Bila memang penyebab dapat disembuhkan, maka kondisi ini juga bisa ditangani.

Jika bayi atau anak Anda mengalami berbagai gejala seperti sulit bernapas, terus menangis akibat rasa sakit di dada, dan terus rewel, maka jangan tunda untuk periksakan si kecil ke dokter. Penanganan yang lebih cepat dan tepat akan dapat menolong si kecil.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Patah Hati Dapat Sebabkan Kematian?

Ketika patah hati atau ditinggalkan pasangan, rasanya dunia tidak lagi berwarna bahkan tidak bermakna. Namun, benarkah patah hati bisa sebabkan kematian?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Tak semua pria itu sama. Ada yang brewokan dan kumisan, tapi ada juga yang tidak tumbuh jenggot dan kumis di wajahnya. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
luka di vagina

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit