7 Kebiasaan Sehari-hari untuk Mencegah Batuk dan Pilek Pada Anak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Penyebab batuk dan pilek pada anak ada banyak. Mulai dari anak belum terlalu pandai menjaga kebersihan, tingkat aktivitas yang padat sehingga daya tahan tubuh berkurang, sampai ketularan penyakit flu dari teman-teman di sekolah.

Meski sering terjadi, orangtua bisa membantu mencegah batuk dan pilek pada anak. Caranya cukup sederhana, ikuti delapan langkah berikut ini.

1. Cuci tangan pakai sabun

Jangan pernah bosan mengingatkan anak untuk cuci tangan pakai sabun sebelum makan, setelah bermain, pulang dari sekolah, dan lainnya.

Orangtua sendiri juga harus rutin cuci tangan, terutama sebelum menyiapkan makanan bagi anak dan setelah bepergian ke luar rumah.

2. Bersihkan rumah dan seluruh isinya, bukan hanya menyapu lantai

Menyapu dan mengepel sepertinya telah menjadi kegiatan harian setiap orang di rumahnya. Namun, menyapu dan mengepel saja tidak cukup. Daniel Frattarelli, seorang pakar sekaligus anggota American Academy of Pediatrics, menjelaskan dalam Parents Magazine bahwa kuman banyak terdapat pada tempat-tempat yang tidak terduga dan sering kita sentuh. Misalnya remote TV, boneka anak, dan gagang pintu kulkas.

3. Pisahkan gelas, piring, dan peralatan makan lainnya

Ketika Anda sakit, Anda akan secara sadar menggunakan gelas minum yang berbeda dari anggota keluarga yang lain. Lalu bagaimana dengan anak Anda? Ajarkan dia untuk menggunakan gelas, piring dan peralatan makan lainnya ketika sedang sakit agar tidak menular ke orang-orang di rumah.

Bila perlu, gunakan label atau spidol untuk menandai peralatan makan dan minum masing-masing.

4. Sajikan buah-buahan setiap hari

Ada banyak anak-anak yang merasa sangat malas untuk makan buah dengan berbagai alasan. Namun cukup banyak juga anak-anak yang malas bukan karena tidak suka, namun karena malas mengolahnya. Misal harus membuka atau mengupas kulitnya dan membuang bijinya.

Untuk memudahkannya, Anda bisa memotongnya menjadi kecil-kecil. Tidak perlu meminta anak untuk menghabiskannya. Beberapa potong saja jika dilakukan setiap harinya jauh lebih baik dibandingkan makan buah seminggu sekali saja. Kuncinya adalah membiasakan anak untuk makan buah.

Pastikan ada variasi buah. Misalnya hari ini mangga, besok apel, dan seterusnya. Setiap buah punya manfaat khas. Misalnya buah merah seperti semangga dan anggur memiliki lycopene, yaitu antioksidan untuk menangkal efek radikal bekas. Buah-buahan berwarna jingga dan kuning memiliki beta-karoten yang akan diubah menjadi vitamin A dan dapat menguatkan sistem imun dan menjaga kesehatan mata dan kulit.

5. Melepas stres bisa menghalau batuk dan pilek pada anak

Stres bukan hanya buruk bagi kesehatan jiwa, tapi juga bisa menghambat kerja sistem kekebalan tubuh anak. Mengapa begitu? Saat stres, tubuh mengeluarkan banyak hormon kortisol dan adrenalin.

Hormon tersebut bisa membuat napas memburu, jantung berdegup lebih cepat, dan tekanan darah naik. Kondisi ini tidak baik jika terus menerus terjadi karena bisa membuat anak lebih mudah diserang penyakit penyebab batuk dan pilek pada anak.

Jadi, pastikan Anda selalu memerhatikan gejala stres pada anak dan membantunya mengatasi stres.

6. Pastikan anak tidur cukup

Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh kualitas tidurnya. Tidur yang kurang dan tidak berkualitas dapat meningkatkan kelelahan serta mengurangi kerja sistem kekebalan tubuh pada anak.

Maka dari itu, pastikan anak idur yang cukup setiap hari. Jauhkan anak dari hal-hal yang bisa menganggu tidur anak ketika malam. Misalnya televisi, game, komik, dan handphone.

7. Berikan asupan probiotik

Probiotik yang terdapat pada makanan dan minuman memiliki banyak sekali bakteri baik yang akan membantu saluran pencernaan. Namun, ternyata bukan hanya bermanfaat bagi pencernaan. Probiotik juga menstimulasi respon imun pada tubuh, mencegah infeksi jamur hingga mencegah infeksi pada saluran napas anak.

Probiotik bahkan mengoptimalkan hormon tiroid yang berperan penting dalam pengaturan tubuh. Probiotik biasanya ada pada makanan atau minuman fermentasi baik itu tempe, miso, yogurt, dan kimchi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Pengobatan untuk Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah keluhan yang umum dengan banyak kemungkinan penyebab. Cari tahu gejala, pengobatan, dan cara mengatasi nyeri pinggang di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Muskuloskeletal 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Makanan pedas sering kali diandalkan untuk mengatasi rasa sakit kepala atau migrain. Tapi benarkah makanan itu dapat menyembuhkan sakit kepala Anda?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat, Fakta Unik 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Warna dahak yang normal adalah bening. Jika Anda mengeluarkan dahak yang berwarna, maka hal itu adalah tanda dari kondisi medis. Apa arti dari warna dahak?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Batuk, Kesehatan Pernapasan 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Hemofilia

Hemofilia adalah kelainan darah akibat rusaknya faktor pembekuan darah. Ini adalah kondisi genetik yang menyebabkan perdarahan sulit dihentikan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kelainan Darah, Hemofilia 24 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
keluarga sehat karena melakukan perilaku hidup bersih dan sehat

4 Tips Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Lindungi Diri dan Keluarga di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
proses inflamasi

Proses Inflamasi Ternyata Penting Bagi Tubuh, Begini Mekanismenya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
memanaskan makanan

Bolehkah Memanaskan Makanan Dalam Wadah Plastik di Microwave?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
pengencer dahak alami

Cara Mengatasi Dahak yang Mengganggu dan Tak Kunjung Hilang

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit