5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat di Sekolah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 30/08/2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Hari pertama sekolah adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh anak Anda karena mereka akan kembali bermain dan belajar bersama teman-teman mereka. Anda pun mau tidak mau melepaskan pengawasan anak Anda di sekolah. Nah, agar anak tetap sehat saat di sekolah, yuk ikuti beberapa tips di bawah ini. 

Anak sehat saat sekolah, mengapa tidak?

remaja narsis di sekolah

Pada saat anak memasuki usia sekolah, tidak jarang mereka rentan terhadap penyakit karena sistem kekebalan mereka akan diuji. Berada di sekolah dengan berbagai macam kelompok orang akan lebih mudah menyebarkan virus dan bakteri, apalagi ketika tidak dalam pengawasan Anda.

Misalnya, ketika ada teman sekelas si buah hati terserang batuk dan pilek, teman-teman sekelasnya pun cenderung berisiko terkena penyakit yang sama, termasuk anak Anda. Hal ini dikarenakan mereka berada di dekat anak tersebut berada di kelas dan menghirup udara yang sama sehingga saluran pernapasan mereka dapat terinfeksi oleh mikroorganisme yang sama pula. 

Tips menjaga kesehatan anak saat di sekolah

Seperti yang direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics, usahakan untuk rutin memeriksakan kesehatan anak mulai usia 3 hingga 21 tahun setiap setahun sekali. Tujuannya agar Anda dapat mengetahui bagaimana kesehatan anak ketika memasuki usia sekolah. Mulai dari berat badan, tinggi, ketajaman penglihatan, hingga tekanan darah mereka.

Tak hanya itu, beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar anak tetap sehat di sekolah, antara lain: 

1. Mencuci tangan

cuci tangan

Mencuci tangan adalah hal yang sederhana, tapi suka terlupakan. Padahal, cara ini efektif mencegah penyebaran mikroorganisme yang menempel pada kulit mereka. 

Ingatkan anak Anda agar terbiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan berbagai aktivitas, seperti makan, pergi ke toilet, dan bersin selama 20 detik.

Jika anak merasa waktu itu terlalu lama, cobalah mengajak anak mencuci tangan sambil menyanyikan lagu Ampar-Ampar Pisang. Dengan begitu, anak tidak akan terlalu merasa bahwa waktu itu adalah waktu yang lamaAnda juga bisa membawakan anak hand sanitizer ke sekolah. 

2. Rutin sarapan pagi

sarapan pagi

Seperti yang dilansir dari Healthy Children, sarapan pagi sebelum berangkat sekolah adalah salah satu hal yang dapat membuat anak Anda tetap sehat saat sekolah. Dengan sarapan, anak Anda juga bisa berkonsentrasi lebih baik. 

Banyak anak yang suka melewatkan waktu makan pagi saat hari sekolah karena terburu-buru. Jika tidak ingin anak Anda melewatkan kebaikan dari sarapan pagi, cobalah untuk membuat makanan yang mudah dibawa dan tetap bernutrisi. 

Misalnya, snack bar yang mengandung kacang kedelai dan buah-buahan atau setangkup roti yang sudah ditambah dengan sayuran dan daging. 

3. Mengajak anak berolahraga

agar anak suka olahraga

Pada saat masuk usia sekolah, anak cenderung ingin bersantai di akhir pekan karena sudah lelah beraktivitas di hari-hari sebelumnya. Boleh saja membiarkannya bersantai, tapi jangan lupa untuk mengajak anak berolahraga juga. 

Jika mereka terlihat tak tertarik, coba bangkitkan minat anak dengan mengajaknya melakukan kegiatan fisik yang dia sukai. Misalnya, ketika buah hati Anda senang bermain di air, Anda bisa menggunakan hobi mereka itu untuk mengajaknya rutin berenang. 

4. Memperhatikan penggunaan ransel

anak pergi ke sekolah

Sekarang ini, beberapa sekolah menerapkan agar anak membawa buku paket untuk masing-masing pelajaran. Akibatnya, sang buah hati berisiko mempunyai postur tubuh yang buruk dan rentan terhadap cedera punggung dan bahu karena ransel terlalu berat.  

Agar anak Anda tetap sehat tanpa cedera, berikut tips menggunakan menggunakan ransel saat anak sekolah:

  • Pilihlah ransel dengan tali bahu yang lebar dan empuk agar bahu anak tetap nyaman. 
  • Mengatur ransel anak dengan benar, yaitu meletakkan barang yang paling berat di belakang (di dekat punggung) hingga ke tengah. Ransel tidak boleh memiliki berat lebih dari 10-20 persen dari berat anak Anda. 
  • Ingatkan anak untuk menggunakan kedua tali bahu karena memakai hanya satu strap ransel dapat menyebabkan cedera otot. 
  • Bila memungkinkan, gunakan tas koper agar mereka tidak perlu membawa beban di tubuh mereka. 

Walaupun demikian, kebanyakan sekolah telah menyediakan fasilitas loker agar anak Anda bisa menyimpan beberapa buku yang mungkin tidak diperlukan di rumah. 

5. Tidur cukup

Hampir semua anak kurang suka tidur siang karena mengurangi waktu bermain mereka. Padahal, tidur siang dengan durasi yang tepat membawa manfaat bagi anak Anda. Di sisi lain, tidur siang terlalu lama juga akan memengaruhi jam tidurnya di malam hari.

Cobalah mengatur jam tidur anak Anda dan pertahankan setiap malamnya. Ada beberapa aktivitas sebelum tidur yang mungkin bisa Anda coba agar mereka tenang dan mudah terlelap, seperti:

  • Mandi dengan air hangat
  • Membiasakan mereka untuk mematikan ponsel atau gadget pada malam hari
  • Membacakan dongeng sebelum tidur 

Memiliki waktu tidur yang cukup akan membuat anak Anda dapat mengeluarkan kemampuan terbaik mereka di sekolah tanpa disergap rasa kantuk. 

Anak yang sehat saat sekolah tentu akan membuat Anda sebagai orangtua tidak merasa terlalu cemas. Jangan lupa untuk rutin memeriksa kesehatan buah hati dan jagalah kesehatan diri Anda agar tetap dapat memperhatikan anak Anda. 

Sumber Foto: Road Affair

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bagaimana Selulitis Terjadi pada Anak dan Cara Mencegahnya?

Infeksi di kulit sering terjadi pada anak. Salah satunya adalah selulitis. Apa itu selulitis dan bagaimana mencegahnya terjadi pada anak?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Anak, Parenting 18/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Tetap Sehat Walau Si Kecil Suka Main Kotor-kotoran, Ini Tipsnya!

Ikuti tips menjaga kesehatan anak ini meski si Kecil selalu ingin bermain pasir atau kotor-kotoran di luar ruangan saat ia mulai bisa merangkak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
tips menjaga kesehatan anak
Kesehatan Anak, Parenting 01/04/2020 . Waktu baca 4 menit

3 Kreasi Olahan Camilan Anak untuk Liburan yang Lebih Sehat dan Bertenaga

Liburan bukan berarti anak libur dari kebutuhan nutrisi dan vitaminnya. Supaya tetap terpenuhi, ada beberapa resep camilan untuk anak yang mudah dibuat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Parenting, Nutrisi Anak 25/12/2019 . Waktu baca 6 menit

3 Manfaat Chia Seed untuk Anak Plus Cara Mengolahnya

Banyak sekali manfaat chia seed untuk kebutuhan nutrisi anak Anda, mulai dari memenuhi kebutuhan nutrisi hingga vitamin. Bagaimana cara mengolahnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Parenting, Nutrisi Anak 17/12/2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
kesehatan dan kebahagiaan anak

Begini Pengaruh Kesehatan terhadap Kebahagiaan Anak

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 10/08/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
penyebab stunting

Benarkah Cacingan Bisa Menyebabkan Stunting pada Anak?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 5 menit
Ibu memakaikan masker agar imunisasi saat pandemi corona aman

Aturan Pakai Masker Wajah untuk Anak dan Tips Membuat Mereka Terbiasa

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020 . Waktu baca 6 menit
kebahagiaan anak

Sebetulnya, Apakah Anak Punya Ukuran Kebahagian Tersendiri?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 25/04/2020 . Waktu baca 6 menit