backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Baby Oil Terbaik untuk Bayi

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 19/06/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Baby Oil Terbaik untuk Bayi

Salah satu hal yang banyak dibutuhkan untuk perawatan bayi yaitu baby oil. Manfaat baby oil diketahui dapat membantu menjaga kesehatan bayi sehari-hari. Meski begitu, sebagai orangtua, Anda harus bisa memilih baby oil yang bagus untuk bayi Anda.

Simak cara memilih baby oil untuk bayi beserta beberapa rekomendasi merek terbaik di bawah ini. 

Cara kami memilih baby oil yang bagus untuk bayi

manfaat baby oil untuk bayi

Baby oil merupakan jenis minyak yang dibuat khusus agar lebih aman bagi bayi.

Minyak ini umumnya dapat digunakan untuk berbagai fungsi, seperti pijat atau sebagai pelembap untuk bayi.

Namun, selain fungsinya, Anda juga harus mempertimbangkan faktor lain saat memilih baby oil yang tepat untuk bayi, yang meliputi berikut ini.

  • Kondisi khusus pada kulit bayi, seperti eksim.
  • Jenis formula minyak, misalnya yang menyerap ke dalam kulit atau yang menempel pada permukaan kulit.
  • Kandungan minyak, seperti minyak esensial atau minyak nabati.

Dilansir dari Baby Centre, minyak nabati kaya akan asam linoleat, yaitu sejenis asam lemak yang membantu melindungi skin barrier atau pelindung kulit bayi.

Akan tetapi, jika bayi Anda memiliki kondisi kulit tertentu, seperti kulit kering, pecah-pecah, dan eksim atopik, sebaiknya hindari penggunaan minyak nabati yang kaya asam oleat.

Minyak nabati yang mengandung asam oleat tinggi diketahui lebih keras untuk kulit bayi dibandingkan dengan minyak nabati yang mengandung asam linoleat.

Penggunaan asam oleat tinggi bisa menyebabkan kulit bayi lebih berpori. Akibatnya, kulit akan lebih mudah kehilangan kelembapan.

Selain itu, baby oil yang bebas dari pewangi juga lebih aman dan bagus untuk bayi yang memiliki kulit kering atau pecah-pecah.

Untuk bayi yang menderita eksim dan dermatitis. Baby oil yang mengandung minyak esensial dari petroleum bisa menjadi pilihan terbaik karena terbukti efektif dan aman.

Minyak esensial juga diketahui mampu membantu melindungi kulit bayi yang lahir prematur karena bisa meningkatkan fungsi skin barrier di area yang rentan kering.

Rekomendasi baby oil yang bagus untuk bayi

Untuk membantu Anda memilih baby oil yang bagus dan terbaik untuk bayi Anda, berikut rekomendari merek beserta harga masing-masingnya. 

1. Zwitsal Baby Oil Natural

Zwitsal Baby Oil Natural diklaim terbuat dari bahan alami yang bagus dan aman untuk bayi.

Minyak ini dapat digunakan untuk memijat bayi agar tetap sehat dan mendukung tumbuh kembangnya.

Anda juga bisa mengoleskan minyak langsung pada tubuh bayi setelah mandi untuk melembutkan kulit dan membantu membersihkan tubuh secara maksimal. Kulit bayi pun bisa menjadi lebih elastis dan sehat.

Ini karena baby oil juga diperkaya dengan kandungan aloe vera dan vitamin E yang bisa memberi nutrisi pada kulit bayi.

Nomor Registrasi BPOM: NA18130103633

2. JOHNSON’S Baby Oil

JOHNSON’S Baby Oil dipercaya sebagai minyak yang bagus untuk menjaga kelembapan pada kulit agar tidak kering.

Merk baby oil ini dikatakan terbuat dari mineral oil murni dengan formula yang lembut dan terbukti klinis, sehingga aman untuk kulit bayi. 

Anda dapat menggunakan minyak ini untuk memijat bayi agar tumbuh kembangnya bisa tercapai secara optimal. 

Anda juga bisa mencampur minyak ke dalam air mandi bayi untuk membantu melembapkan kulit bayi yang kering.

Nomor Registrasi BPOM: NA18180120661

3. Cussons Baby Oil Soft & Smooth

Cussons Baby Oil Soft & Smooth merupakan minyak mineral murni yang dilengkapi dengan aroma bunga yang harum dan lembut.

Minyak untuk bayi ini diklaim bermanfaat untuk menjadikan kulit halus dan segar serta diperkaya dengan ekstrak almond yang bisa menutrisi dan melembapkan kulit.

Bukan hanya itu, ada juga kandungan minyak mawar atau rose oil yang dapat memberikan rasa tenang pada bayi saat dioleskan.

Baby oil ini juga cocok digunakan sebagai minyak pijat untuk bayi. Namun, Anda juga bisa mengoleskan minyak pada kulit bayi untuk menjaga kelembapan dan membersihkan lipatan-lipatan kulit.

Nomor Registrasi BPOM: NA18180104088

4. Bambi Baby Oil

Bambi Baby Oil dipercaya mampu mengunci kelembapan untuk membuat kulit bayi lembut dan halus, serta mencegah iritasi pada kulit bayi, karena mengandung pro vitamin B5, licorice, dan chamomile.

Maka itu, minyak ini bisa digunakan untuk kulit normal hingga sensitif.

Selain melembapkan, minyak ini juga dapat digunakan untuk membersihkan kulit kepala, leher, siku, tumit, dan lipatan kulit.

Minyak ini juga aman sebagai minyak pijat untuk bayi.

Nomor Registrasi BPOM: –

5. MY BABY Oil Plus Citronella

Bukan hanya melembapkan kulit, MY BABY Oil Plus Citronella diklaim bisa melindungi kulit bayi dari gigitan nyamuk selama 8 jam.

Ini karena ada campuran bahan-bahan alami, sepert citronella oil dan chamomile di dalamnya, sehingga tidak disukai nyamuk.

Minyak ini juga cocok untuk pijat bayi karena terbuat dari formula yang lembut dan aman untuk kulit bayi, serta memiliki wangi yang menenangkan.

Nomor Registrasi BPOM: TR226037211

6. Buds Organics Infant Massage Oil

Seperti namanya, Buds Organics Infant Massage Oil termasuk jenis minyak yang utamanya berfungsi sebagai minyak gosok untuk pijat bayi.

Namun, minyak ini juga diklaim bisa membantu menutrisi dan menjaga kesehatan kulit karena mengandung minyak zaitun yang tinggi vitamin E.

Ada juga kandungan incha inchi yang bermanfaat untuk memperkuat lapisan kulit bayi agar tidak tipis.

Selain kaya nutrisi, minyak terbukti bebas penyawet dan tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya berdasarkan sertifikat organik Ecocert.

Ecocert adalah lembaga sertifikasi organik terbesar dunia yang memastikan seluruh proses pembuatan produk ramah lingkungan dan bebas bahan kimia berbahaya).

Nomor Registrasi BPOM: –

7. SEBAMED BABY Skin Care Oil

SEBAMED BABY Skin Care Oil merupakan minyak serbaguna untuk bayi.

Minyak ini terbuat dari 95% soya alami yang cocok sebagai minyak pijat. Kandungan panthenol di dalamnya dikatakan bisa merangsang pertumbuhan susunan syaraf dan sistem pencernaan melalui pijitan.

Namun, bukan hanya itu, minyak soya pun memiliki khasiat perawatan dan aman untuk kulit yang sensitif.

Minyak ini diklaim bisa membuat kulit bayi lembut dan fleksibel, membersihkan kerak susu, membersihkan area popok, dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Bahkan, minyak ini juga dipercaya bisa membantu mengatasi sakit perut dan kolik pada saat pertumbuhan gigi.

Secara klinis, minyak sudah terbukti sebagai pembersih kulit hypoallergenic (tidak menimbulkan alergi).

Nomor Registrasi BPOM: NC16120101806

8. PIGEON Baby Clear Oil

PIGEON Baby Clear Oil diklaim terbuat dari 100% bahan alami yang berasal dari tanam-tanaman.

Kandungan ceramide di dalamnya dipercaya mampu membantu menjaga kelembapan kulit bayi dan melindungi kulit dari kekeringan.

Minyak ini sudah memiliki tingkat pH yang sesuai dengan kadar pH pada kulit bayi, sehingga terbukti aman digunakan untuk bayi.

Agar lebih pasti keamanannya, minyak juga tidak mengandung minyak esensial, pewarna, dan pewangi, serta bebas dari alkohol.

Nomor Registrasi BPOM: NA22140104090

9. Belli To Baby Grapeseed Oil

Belli To Baby Grapeseed Oil adalah minyak pelembap yang berguna untuk mengatasi kulit yang kering dan rusak.

Ini karena ada kandungan asam linoleat yang dipercaya bisa mengobati jerawat dan dermatitis di tubuh bayi.

Ada juga kandungan antioksidan tinggi berupa vitamin A, C dan E yang diklaim bisa merangsang regenerasi jaringan kulit dan menangkal radikal bebas.

Selain itu, baby oil ini mengandung kolagen sebagai zat anti-aging dan OPC (Oligomeric Proanthocyanidins), yaitu rangkaian kompleks bioflavonoid untuk membersihkan radikal bebas di dalam tubuh.

Bukan hanya sebagai pelembap, minyak ini juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pijat rileksasi guna melenturkan otot tubuh dan membantu penyembuhan nyeri otot.

Nomor Registrasi BPOM: TR143679211

10. Carrie Baby by Doremi Baby Oil Nourishing

Carrie Baby by Doremi Baby Oil Nourishing merupakan merek baby oil yang terbuat dari formula khusus dan bagus untuk perawatan bayi yang baru lahir.

Diperkaya kandungan wheat germ oil, almond oil, and olive oil, minyak diklaim dapat membantu kulit bayi menyerap dan menjaga kelembapan kulit.

Dengan formula yang lembut, minyak ini juga sangat cocok dan aman untuk pijat bayi.

Nomor Registrasi BPOM: NA32210100026

Apapun baby oil yang Anda akan pilih untuk bayi Anda, selalu ingat untuk membaca cara penggunaan dan penyimpanan yang benar pada kemasan.

Ini penting agar Anda bayi Anda terhindar dari efek samping yang mungkin timbul akibat penggunaan baby oil yang kurang tepat, seperti kemerahan, gatal, perih, atau terkelupas.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 19/06/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan