backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Cara Mengukur Sepatu Anak yang Tepat agar Tidak Salah Ukuran

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 12/03/2024

Cara Mengukur Sepatu Anak yang Tepat agar Tidak Salah Ukuran

Memakai sepatu dengan ukuran yang tepat tentunya akan terasa lebih nyaman dibandingkan dengan yang kebesaran atau kekecilan. Namun nyatanya, Anda mungkin sulit menemukan sepatu dengan ukuran yang pas, terutama untuk anak-anak. Agar Anda tidak salah pilih ukuran, simak cara mengukur sepatu anak di bawah ini.

Panduan ukuran sepatu anak

Cara mengukur sepatu anak berdasarkan usia bisa menjadi tantangan karena pertumbuhan kaki setiap anak berbeda. Ini termasuk untuk sepatu bayi, balita, hingga sepatu sekolah anak.

Namun, ada panduan umum yang bisa digunakan sebagai titik awal. Berikut ini adalah panduan kasar ukuran sepatu anak berdasarkan usia.

Bayi dan Batita (0—2 Tahun)

  • 0—6 bulan: 8,3—10,2 cm
  • 6—12 bulan: 10,5—11,4 cm
  • 12—18 bulan: 11,7—12,1 cm
  • 18—24 bulan: 12,1—13 cm

Balita (2—4 Tahun)

  • 2 tahun: 13,3—14,6 cm
  • 3 tahun: 15,2—15,6 cm
  • 4 tahun: 15,9—16,5 cm

Anak-Anak (5—12 Tahun)

  • 5 tahun: 16,8—18,1 cm
  • 6 tahun: 18,4—19,4 cm
  • 7 tahun: 19,7—20,3 cm
  • 8 tahun: 20,6—21 cm
  • 9 tahun: 21,6—21,9 cm
  • 10 tahun: 22,2—22,9 cm
  • 11—12 tahun: 23,2—24,1 cm
  • >12 tahun: 24,1 cm

Ukuran di atas adalah perkiraan dan dapat bervariasi antarmerek sepatu.

Ingat, ukuran kaki yang akurat penting untuk memberikan kenyamanan saat memakai sepatu sekaligus mendukung perkembangan anak.

Maka dari itu, sebaiknya jangan sembarangan saat mengukur sepatu anak dan pastikan Anda menerapkan cara mengetahui ukuran sepatu yang tepat.

Cara mengukur sepatu anak yang tepat

rekomendasi sepatu sekolah

Anak-anak sering mengalami lonjakan pertumbuhan. Jadi, penting untuk mengukur kaki mereka secara berkala (setiap 3—4 bulan) untuk memastikan sepatu mereka masih pas dan nyaman.

Cara mengukur insole sepatu anak dengan benar sangat penting untuk memastikan kenyamanan dan mendukung perkembangan kaki yang sehat.

Berikut adalah beberapa cara mengukur yang bisa Anda ikuti untuk mengetahui ukuran sepatu anak.

1. Ukur panjang kaki

Untuk mengukur panjang kaki anak secara tepat, Anda bisa menggunakan alat-alat tulis, seperti kertas, pena, dan penggaris.

Caranya, letakkan kaki anak Anda di atas selembar kertas. Pastikan anak Anda berdiri dengan berat badan merata di kedua kaki. Ini penting untuk mendapatkan ukuran yang akurat.

Dengan pena, buat tanda di ujung jari kaki terpanjang dan di belakang tumit.

Kemudian, gunakan penggaris untuk mengukur jarak antara dua tanda tersebut dalam sentimeter (cm) atau inci. Ini adalah panjang kaki anak Anda.

2. Cek lebar kaki

Lebar kaki juga penting untuk diperhatikan sebagai cara ukur sepatu anak yang tepat. Ini karena tidak semua sepatu dirancang untuk setiap lebar kaki.

Jadi, jika Anda membeli di toko, mintalah staf untuk mengukur lebar kaki anak Anda.

Beberapa merek menawarkan berbagai pilihan lebar. Jadi, pilihlah ukuran lebar sepatu yang paling sesuai dengan ukuran kaki anak Anda.

3. Tambahkan ruang tambahan

Anak-anak membutuhkan ruang ekstra di dalam sepatu untuk memberi ruang bagi kaki mereka agar bisa tumbuh dan bergerak saat jalan atau berlari.

Untuk itu, Anda bisa tambahkan sekitar 0,5 hingga 1 cm (atau sekitar 1/4 hingga 1/2 inci) ke pengukuran panjang kaki untuk ruang pertumbuhan anak.

Pastikan juga ada cukup ruang untuk jari-jari kaki bergerak. Hal ini penting untuk kesehatan kaki anak Anda.

Tips tambahan

  • Ukur kaki anak Anda pada sore hari karena kaki cenderung sedikit membengkak setelah sehari penuh aktivitas.
  • Ukur kedua kaki dan pilih ukuran berdasarkan kaki yang lebih besar.

Dengan hasil pengukuran yang Anda miliki, bandingkan dengan tabel ukuran sepatu untuk merek tertentu karena setiap merek bisa sedikit berbeda.

Ingat, ukuran sepatu tidaklah umum. Jadi, selalu cek tabel ukuran dari tiap jenis dan merek sepatu meski telah menerapkan cara mengukur sepatu anak di atas.

Sebelum membeli sepatu, pastikan juga anak mencoba sepatu sebelum membeli. Ini adalah langkah paling penting karena anak bisa memberi tahu Anda apakah sepatu tersebut nyaman atau tidak.

Bahaya ukuran sepatu yang salah untuk anak

cara mengakali sepatu kebesaran

Memilih ukuran sepatu yang salah untuk anak bisa membawa berbagai risiko dan masalah kesehatan kaki.

Bahkan, melansir dari jurnal ClinMed International Library, penelitian terkini menunjukkan bahwa sekitar 30% orang dewasa mengalami nyeri dan kelainan pada kaki akibat kurang menjaga kesehatan kaki selama masa kanak-kanak.

Kaki anak-anak masih dalam tahap perkembangan. Adapun memakai sepatu kebesaran atau kekecilan dapat menyebabkan masalah jangka pendek dan jangka panjang.

Berikut adalah beberapa bahaya yang mungkin terjadi akibat memilih ukuran sepatu yang salah untuk anak.

  • Keterbatasan ruang. Sepatu yang terlalu kecil dapat membatasi ruang yang dibutuhkan untuk pertumbuhan kaki, sehingga menghambat perkembangan alami kaki.
  • Deformitas kaki. Tekanan berlebihan pada kaki karena sepatu yang sempit dapat menyebabkan kelainan bentuk pada kaki, seperti jari kaki bengkok.
  • Lecet dan iritasi. Gesekan dari sepatu yang terlalu ketat atau longgar dapat menyebabkan lecet, iritasi, dan luka lainnya.
  • Infeksi jamur dan bakteri. Sepatu yang tidak cukup bernapas atau terlalu sempit dapat menciptakan lingkungan yang lembap dan hangat, yang ideal untuk pertumbuhan jamur dan bakteri, seperti kasus kaki atlet.
  • Kesulitan berjalan. Sepatu yang tidak pas dapat memengaruhi cara berjalan anak, menyebabkan gangguan postur dan ketidaknyamanan saat berjalan.
  • Pengembangan postur yang salah. Memakai sepatu yang salah secara berkelanjutan dapat mengakibatkan anak mengembangkan postur tubuh yang buruk, yang bisa berdampak pada punggung dan sendi.
  • Nyeri kaki. Tekanan berlebihan pada area tertentu dari kaki dapat menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari anak.
  • Nyeri lainnya. Masalah sepatu dapat menyebabkan nyeri di bagian tubuh lain, termasuk pergelangan kaki, lutut, dan bahkan punggung, karena gangguan pada tumpuan berat badan yang sehat.
  • Kurangnya dukungan. Sepatu yang tidak memberikan dukungan yang cukup untuk pergelangan kaki dan kaki dapat meningkatkan risiko cedera, terutama selama aktivitas fisik.
  • Terpeleset dan jatuh. Sepatu yang terlalu besar atau memiliki insole yang tidak sesuai dapat meningkatkan risiko anak terpeleset, tersandung, dan jatuh.

Untuk itu, mengenakan sepatu dengan ukuran yang tepat sangat penting bagi kesehatan dan kenyamanan anak.

Anda bisa coba terapkan cara mengukur sepatu anak yang telah dijelaskan di atas.

Jika Anda memiliki keraguan tentang ukuran sepatu atau kesehatan kaki anak Anda, konsultasikan kepada dokter atau ahli penyakit kaki untuk mendapatkan saran yang tepat.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 12/03/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan