Terbinafine obat apa?

Oleh

Nama Generik: Terbinafine Merek: Termisil, Interbi, Interbi Krim Interbi Cre, Lamisil Tablet dan Lamisil Lamisil/Lamisil.

Penggunaan

Untuk apa terbinafine?

Terbinafine adalah obat yang umumnya digunakan untuk mengatasi berbagai macam infeksi kulit akibat jamur seperti kurap, kapalan, dan jock itch (gatal pada selangkangan). Obat ini juga membantu meringankan gatal, luka bakar, kulit pecah–pecah, dan kulit bersisik yang diakibatkan oleh infeksi jamur tersebut. Terbifamin adalah obat anti jamur yang bekerja dengan cara mencegah pertumbuhan jamur.

Bagaimana cara penggunaan terbinafine?

Aplikasikan obat ini hanya pada kulit.

Bersihkan dan keringkan secara menyeluruh daerah luka. Oleskan obat tipis-tipis pada area kulit yang terinfeksi dan sekitarnya, biasanya sehari sekali sebagaimana tertera pada label produk. Bila Anda tidak yakin tentang adanya informasi tersebut, konsultasikan dengan dokter dan apoteker.

Segera cuci tangan Anda setelah penggunaan, kecuali apabila bagian yang ditangani mencakup bagian tangan. Jangan membungkus, menutup, atau membalut dengan perban area yang telah diobati tersebut, kecuali jika dianjurkan oleh dokter Anda.

Hindari kontak obat dengan mata, hidung, atau mulut, atau bagian dalam vagina. Jika terkena kontak, bilas dengan air mengalir

Jangan gunakan obat ini pada kulit kepala atau kuku jari kecuali diarahkan oleh dokter Anda.

Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan ini melebihi dosis yang sudah ditentukan oleh dokter Anda. Memperbanyak dosis tidak menjamin kecepatan proses penyembuhan, dan akan meningkatkan risiko efek samping.

Gunakan obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat, aplikasikan obat ini di waktu yang sama setiap hari. Jangan berhenti menggunakan obat ini sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Gunakan obat ini sampai habis sesuai masa pakai yang telah diresepkan oleh dokter Anda. Menghentikan dosis terlalu dini berisiko kembalinya infeksi akibat semakin berkembangnya bakteri dalam tubuh.

Kondisi Anda akan terus membaik setelah perawatan penuh selesai. Ini mungkin memakan beberapa minggu setelah perawatan infeksi agar dapat pulih total. Hubungi dokter bila kondisi Anda memburuk atau tidak membaik dalam 2 mingggu.

Bagaimana cara penyimpanan terbinafine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis terbinafine untuk orang dewasa?

Dosis umum untuk dewasa pengidap Tinea Corporis

Krim, jel, spray: Oleskan pada area terinfeksi 1 kali/hari

Dosis umum untuk dewasa pengidap Tinea Cruris

Krim, jel, spray: Oleskan pada area terinfeksi 1 kali/hari

Dosis umum untuk dewasa pengidap Tinea Pedis

Krim, spray: Oleskan pada area terinfeksi 2 kali/hari

Jel: Oleskan pada area terinfeksi 1 kali/hari

Dosis umum untuk dewasa pengidap Tinea Versicolor

Larutan: Oleskan pada area terinfeksi 2 kali/hari

Bagaimana dosis terbinafine untuk anak-anak?

Dosis umum untuk anak pengidap Tinea Corporis

Usia >12 tahun:

Krim, jel, spray: Oleskan pada area terinfeksi 1 kali/hari

Dosis umum untuk anak pengidap Tinea Cruris

Usia >12 tahun:

Krim, jel, spray: Oleskan pada area terinfeksi 1 kali/hari

Dosis umum untuk anak pengidap Tinea Pedis

Usia >12 tahun:

Krim, spray: Oleskan pada area terinfeksi 2 kali/hari

Jel: Oleskan pada area terinfeksi 1 kali/hari

Dalam dosis apakah terbinafine tersedia?

Tablet: 250 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena terbinafine?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Beberapa orang yang menggunakan Terbinafine dilaporkan mengalami kerusakan hati yang mengharuskan mereka menjalani transplan hati atau bahkan menyebabkan kematian. Belum ada informasi yang memadai tentang apakah terbinafine adalah faktor utama penyebab kerusakan hati pada kasus-kasus ini. Dalam kebanyakan kasus, pasien tersebut memiliki riwayat kondisi medis kronis sebelum mengonsumsi terbinafine.

Segera hubungi dokter jika Anda merasakan gejala kerusakan hati, seperti mual, sakit pada perut bagian atas, gatal-gatal, hilang nafsu makan, urin berwarna gelap, feses berwarna gelap, kulit dan mata menguning. Gejala ini dapat terjadi meskipun Anda tidak pernah memiliki gangguan pada hati sebelumnya.

Hentikan penggunaan terbinafine dan segera hubungi dokter jika Anda mengalami efek serius seperti:

  • demam, menggigil, kejang, gejala flu, nyeri pada mulut dan tenggorokan
  • ngilu pada sendi, pembengkakan sendi, pembengkakan kelenjar, kulit pucat, memar pada dada dan hidung
  • perubahaan sikap dan mood
  • masalah pendengaran
  • berat badan menurun drastis akibat hilang nafsu makan
  • kulit memucat
  • reaksi alergi pada kulitdemam, sakit tenggorokan, pembengkakan pada wajah dan mulut, mata seperti terbakar, sakit kulit, diikuti oleh ruam kemerahan atau keunguan yang menyebar (terutama pada wajah dan tubuh bagian atas) menyebabkan kulit lecet dan seperti terkelupas

Efek samping ringan termasuk:

  • sakit perut, buang gas, diare, dan mual ringan
  • sakit kepala, pusing, dan sensasi berkunang-kunang
  • ruam dan gatal pada kulit
  • rasa yang aneh dan tidak nyaman pada mulut

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan terbinafine?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda.

Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai hubungan antara penggunaan terbinafine oral tipe granula dengan umur pasien di bawah 4 tahun yang mengalami infeksi jamur pada kulit kepala. Keamanan dan khasiat belum dapat dipastikan.

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai hubungan antara penggunaan terbinafine tablet oral dengan umur pasien di bawah 4 tahun yang mengalami infeksi jamur pada kuku tangan dan kuku kaki. Keamanan dan khasiat belum dapat dipastikan.

Lansia

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai hubungan antara efek penggunaan terbinafine oral tipe granula terhadap pasien lanjut usia. Keamanan dan khasiat belum dapat dipastikan.

Belum ada penelitian yang dapat menunjukkan masalah spesifik yang akan membatasi khasiat terbinafine tablet oral pada pasien lansia. Keamanan dan khasiat belum dapat dipastikan.

Apakah terbinafine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

A= Tidak berisiko

B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian

C=Mungkin berisiko

D=Ada bukti positif dari risiko

X=Kontraindikasi

N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan terbinafine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Mengonsumsi obat ini dengan obat-obatan berikut tidak direkomendasikan. Dokter Anda mungkin tak akan meresepkan obat ini kepada Anda atau akan mengganti beberapa obat yang sudah Anda konsumsi.

  • Aripiprazole
  • Clozapine
  • Doxorubicin
  • Doxorubicin Hydrochloride Liposome
  • Eliglustat
  • Fluoxetine

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Cyclosporine
  • Nortriptyline
  • Warfarin

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan terbinafine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan terbinafine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • gangguan darah, seperti neutropenia
  • systemic lupus erythematosus (SLE)
  • melemahnya sistem imungunakan dengan hati hati.Terbinafine dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda
  • penyakit hati aktif atau kronistidak dianjurkan untuk digunakan pada pasien yang mengidap penyakit ini

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber