Mendapatkan tubuh ideal memang butuh sedikit pengorbanan. Saat Anda ingin mendapatkan berat badan ideal, yang biasanya ada di pikiran Anda adalah harus berapa banyak Anda makan per hari. Sehingga, banyak orang yang sangat membatasi asupan makannya saat sedang menurunkan berat badan. Namun, bagaimana jika pertanyaannya sedikit diubah menjadi berapa banyak kalori yang harus Anda bakar per hari. Ya, jika Anda ingin mendapatkan berat badan ideal, Anda harus melakukan olahraga untuk membakar kalori Anda bukan hanya membatasi asupan makanan.

Tubuh membakar kalori secara alami

Tidak hanya kalori yang masuk yang harus Anda pertimbangkan saat Anda ingin menurunkan berat badan, tapi juga berapa banyak kalori yang keluar. Anda perlu melakukan olahraga untuk membakar kalori Anda. Sehingga kalori yang masuk ke tubuh lebih sedikit dibandingkan dengan kalori yang keluar. Hal ini dapat menyebabkan berat badan Anda turun.

Kebutuhan kalori seseorang berbeda-beda (lihat cara menghitung kebutuhan kalori per hari di sini), begitu juga dengan banyak kalori yang harus dibakar. Ini tergantung dari ukuran tubuh, komposisi tubuh, jenis kelamin, usia, dan aktivitas fisik. Sebenarnya, tubuh Anda sudah membakar kalori walaupun Anda tidak melakukan olahraga. Tapi, kalori yang dibakar tubuh ini belum cukup untuk mencapai berat badan ideal yang Anda inginkan.

Kalori dalam tubuh Anda terbakar secara alami saat tubuh Anda melakukan fungsinya. Misalnya, untuk bernapas, memompa darah, mencerna makanan, mempertahankan suhu tubuh, dan masih banyak lagi. Ini disebut dengan metabolisme basal tubuh. Namun, jika Anda ingin menurunkan berat badan, ini semua belum cukup.

Berolahraga untuk membakar lebih banyak kalori

Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu membakar kalori lebih banyak. Hanya membatasi asupan makan Anda belum cukup untuk mendapatkan berat badan yang sehat. Anda disarankan untuk memotong jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh sebesar 500-1000 kalori per hari untuk menurunkan berat badan sebesar 0,5-1 kg per minggu. Pemotongan 500-1000 kalori ini bisa Anda lakukan dengan membatasi asupan makan Anda dan melakukan olahraga.

Contohnya seperti ini, jika kebutuhan kalori per hari adalah 2200 kalori, Anda bisa mengurangi asupan makan Anda sebanyak 500 kalori dan Anda juga bisa melakukan olahraga yang membakar kalori sebanyak 300 kalori. Dengan begitu, kalori yang masuk ke tubuh Anda per hari adalah 2200-500-300= 1400 kalori. Ini membuat berat badan Anda bisa turun lebih cepat dibandingkan jika Anda hanya membatasi asupan makan Anda.

Seberapa banyak kalori yang harus Anda bakar per hari tampaknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berapa banyak kebutuhan kalori Anda dan berapa banyak kalori yang masuk dari makanan. Tentu, ini berbeda-beda antar individu. Jika Anda makan lebih banyak, artinya Anda harus membakar kalori (olahraga) lebih banyak agar berat badan Anda turun. Namun, perlu digarisbawahi bahwa setidaknya kalori yang masuk ke tubuh Anda melalui makanan adalah sebesar 1200 kalori.

Berapa banyak kalori yang terbakar saat olahraga?

Ini tergantung dari berbagai faktor, seperti ukuran tubuh Anda, berapa lama Anda olahraga, tingkat kebugaran, aktivitas dan rasio lemak tubuh. Orang dengan ukuran tubuh yang lebih besar biasanya dapat membakar kalori lebih banyak.

Pada umumnya, olahraga kardio dapat membakar kalori lebih banyak daripada olahraga lainnya. Misalnya, jogging, bersepeda, dan senam aerobik. Dalam waktu 30 menit, olahraga ini mampu membakar kalori sekitar 200-400 kalori pada orang dengan berat 70 kg.

Melakukan olahraga secara teratur bukan semata-mata untuk membakar kalori saat olahraga, tapi lebih dari itu. Olahraga teratur dapat membuat komposisi jaringan otot Anda bertambah, sehingga tubuh Anda akan membakar kalori lebih banyak saat Anda dalam keadaan istirahat.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca