1. Definisi

Apa itu memar?

Memar adalah perdarahan di dalam atau di bawah kulit akibat pembuluh darah yang rusak, ditandai dengan area kulit berwarna hitam dan biru. Karena kulit tidak rusak, tidak ada risiko infeksi. Memar biasanya terjadi karena trauma oleh benda tumpul. Memar yang tidak diketahui penyebabnya dapat menunjukkan kecenderungan perdarahan. (Pengecualian: Memar yang melapisi tulang kering dianggap normal, terutama pada anak-anak, karena mereka sering mengalami memar di bagian ini dan kemudian hilang sendiri.)

Apa saja tanda dan gejalanya?

Awalnya memar yang baru biasanya berwarna kemerahan. Memar ini kemudian akan berubah menjadi biru atau ungu tua dalam beberapa jam, kemudian kuning atau hijau setelah beberapa hari seiring dengan proses penyembuhan.

Memar biasanya lunak, dan kadang-kadang bahkan menyakitkan untuk beberapa hari pertama, tapi rasa sakit biasanya hilang seiring memudarnya warna.

Karena kulit tidak rusak dalam memar seperti pada goresan atau sayatan, maka tidak ada risiko infeksi.

2. Cara mengatasinya

Apa yang harus saya lakukan?

Kompres dengan es selama 20 menit. Tidak ada pengobatan lain yang diperlukan. Berikan acetaminophen atau ibuprofen untuk mengatasi nyeri. Hindari pijatan. Setelah 48 jam, kompres memar dengan handuk hangat selama 10 menit sebanyak 3 kali sehari untuk membantu kulit menyerap darah kembali. Memar akan hilang dalam 2 sampai 4 minggu setelah mengalami perubahan warna menjadi kuning, hijau, dan coklat.

Kapan saya harus ke dokter?

Hubungi dokter segera jika memar muncul tanpa sebab yang jelas.

3. Pencegahan

Cegah memar dengan selalu berhati-hati ketika mendaki, bermain, berolahraga, dan mengemudi. Gunakan bantalan pada lutut, siku, dan tulang kering saat bersepeda, skateboard, atau bermain olahraga kontak untuk menghindari memar di daerah-daerah tertentu.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca