home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pilihan Obat Bintitan yang Ampuh dan Bisa Dilakukan di Rumah

Pilihan Obat Bintitan yang Ampuh dan Bisa Dilakukan di Rumah

Hordeolum atau bintitan adalah satu dari beberapa penyakit infeksi mata, yang ditandai dengan munculnya benjolan merah di bagian luar kelopak mata. Penumpukan kotoran, bakteri, dan sel kulit mati yang menyumbat kelenjar minyak di sekitar bulu mata merupakan penyebab utama Anda mengalami bintitan. Lantas, apa saja obat mata bintitan dan cara mengobatinya?

Apa saja pilihan obat bintitan alami?

Umumnya, bintitan bukanlah kondisi serius dan bisa hilang dengan sendirinya. Meski begitu, timbilan pasti akan sangat mengganggu. Pasalnya, jika mata Anda tak nyaman, bekerja dan menjalani aktivitas sehari-hari pun jadi sulit.

Belum lagi bintitan membuat mata Anda memiliki benjolan. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan Anda ketika harus berinteraksi dengan orang lain. Itu sebabnya, kalau ada cara yang bisa membantu mengatasi mata bintitan, mengapa tidak?

Berikut ini adalah beragam cara mengobati mata bintitan secara alami untuk yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Bersihkan dengan sabun dan air

Air saja tidak cukup sebagai mengatasi mata bintitan. Sebaiknya, Anda menggunakan air dan sabun sebagai salah satu cara mengatasi mata bintitan dengan cepat. Gunakan tisu atau kain bersih yang telah dibasahi dengan air dan sabun sebelumnya. Usaplah kelopak mata Anda dengan lembut dan perlahan.

Pastikan Anda menggunakan jenis sabun yang tidak menimbulkan rasa pedih di mata. Rutin melakukan cara ini setiap hari, dapat membantu mencegah munculnya mata bintitan di kelopak mata lainnya.

2. Bersihkan dengan larutan air dan garam

Garammemiliki kandungan magnesium yang ampuh membunuh bakteri dan mengurangi rasa sakit akibat infeksi pada mata bintitan. Untuk memanfaatkan garam sebagai obat antiseptik alami untuk bintitan (hordeolum), larutkan garam dalam air hangat dan aduk hingga rata.

Selanjutnya, celupkan kain lembut atau kapas pada larutan air garam tersebut dan kompreslah pada mata yang bintitan. Diamkan selama 15-20 menit dan ulangi sampai bintitan mereda.

3. Kantong teh hangat

Kantong teh yang sudah dipakai ternyata masih bisa bermanfaat untuk hal lain. Ya, jangan langsung membuangnya, karena kantong teh bekas tersebut masih dapat dipakai untuk mengompres mata bintitan.

Sebenarnya Anda bisa menggunakan jenis teh apa pun, tapi teh hitam diyakini punya sifat antibakteri sekaligus efek meredakan pembengkakan yang baik untuk mempercepat penyembuhan mata bintitan.

Letakkan kantong teh hangat pada mata Anda selama 5-10 menit. Pastikan kantong teh tidak terlalu panas. Usahakan untuk memakai dua kantong teh yang berbeda pada setiap mata jika Anda hendak mengompres kedua mata.

4. Gunakan kompres hangat

Sumber: Health Beauty Idea

Kompres hangat diketahui dapat mengatasi sejumlah masalah mata. Cara ini juga bisa jadi alternatif untuk mengatasi mata bintitan, selain menggunakan kantong teh hangat. Kedua cara tersebut sama-sama efektif karena membantu mendorong nanah naik ke permukaan kelopak mata, sehingga bisa keluar secara alami.

Penting untuk diketahui, bahwa benjolan merah pada mata bintitan biasanya berisi nanah. Itu sebabnya, jangan panik ketika ada nanah keluar dari mata Anda, karena artinya bintitan sebentar lagi akan sembuh.

Anda bisa mencelupkan kain bersih ke dalam sebaskom air hangat, kemudian peras sampai tidak ada lagi air yang menetes. Letakkan kain di atas mata selama 5-10 menit. Ulangi hal ini sebanyak 3-4 kali setiap hari.

5. Lidah buaya

Lidah buaya kaya akan kandungan mineral, vitamin, enzim, dan berbagai senyawa lain yang berguna sebagai analgesik alias pereda nyeri, antibakteri, dan antivirus. Itu sebabnya, lidah buata dipercaya sebagai salah satu obat alami yang efektif untuk menghilangkan mata bintitan.

Siapkan daun lidah buaya dan belah untuk mengambil getah atau lendirnya dengan cotton bud. Kemudian oleskan getah lidah buaya tersebut pada bintitan yang muncul di kelopak mata. Anda bisa mengoleskannya selama beberapa kali dalam sehari hingga infeksi berkurang atau hilang.

6. Daun ketumbar

Daun ketumbar ternyata juga ampuh untuk meredakan infeksi dan pembengkakan pada mata yang bintitan. Daun ketumbar berkhasiat sebagai anti peradangan, antibakteri, antijamur, dan antivirus sehingga bisa mengatasi mata bintitan akibat kotoran dan bakteri dengan lebih cepat.

Rebus sejumput atau satu sendok teh daun ketumbar dengan setengah cangkir air. Tiriskan dan tunggu hingga agak dingin. Setelahnya, usapkan daun ketumbar pada mata yang bintitan. Untuk menyembuhkan mata bintitan lebih cepat, Anda juga bisa langsung meminum air rebusan daun ketumbar tersebut.

Apa obat mata bintitan (hordeolum) yang ampuh?

Sebetulnya, mata bintitan bisa sembuh sendiri dalam waktu 1-2 minggu. Akan tetapi, rasa gatal, nyeri, dan mengganjal di area mata tentu membuat Anda tidak nyaman dan percaya diri, bukan?

Tak hanya dengan cara alami, terdapat beberapa obat bintitan yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bintitan di mata, sekaligus meredakan gejalanya, yaitu:

1. Obat pereda nyeri

Analgesik adalah salah satu obat lini pertama yang dapat menjadi cara mengobati mata bintitan. Saat pergi ke apotek, Anda biasanya akan dianjurkan untuk minum obatparacetamol atau ibuprofen, sesuai kondisi kesehatan Anda.

Dua jenis obat antinyeri tersebut berfungsi untuk membantu meredakan nyeri dan gatal akibat bintitan.

2. Salep

Selain berupa obat minum, obat mata bintitan juga tersedia dalam bentuk salep. Salep untuk mata bintitan biasanya mengandung antibiotik untuk meredakan peradangan.

Oleskan tipis salep mata bintitan ke area kelopak mata yang mengalami bintitan. Lakukan ini secara rutin hingga bintitan mengempis dan sembuh selama beberapa hari.

3. Suntik steroid

Bila mata bintitan tak kunjung sembuh dan justru semakin membengkak, Anda mungkin harus pergi ke dokter untuk menyembuhkan mata bintitan. Jika segala pengobatan telah diberikan dan benjolan tak kunjung membaik, dokter akan menyuntikkan steroid ke area mata bintitan.

Suntik steroid berfungsi mengurangi pembengkakan dan peradangan pada kelopak mata Anda. Ingat, suntik steroid ini hanya boleh dilakukan oleh dokter mata, ya!

4. Operasi

Jika obat tidak mempan dan bintitan sudah memengaruhi penglihatan Anda atau tidak kunjung hilang, cara mengobati lainnya adalah operasi. Dikutip dari American Academy of Ophthalmology, operasi bintitan dilakukan di ruang praktik dokter dengan bius lokal.

Jika bintitan muncul kembali, dokter mungkin akan melakukan biopsi. Sampel jaringan bintitan akan diambil dan diteliti. Dokter kemudian akan menentukan apakah Anda mengalami masalah mata yang serius atau tidak.

Bagaimana cara mencegah bintitan?

Dilansir dari Mayo Clinic, langkah-langkah berikut ini dapat membantu mencegah bintitan:

  • Cuci tangan dengan sabun dan air hangat atau hand sanitizer berbasis alkohol, beberapa kali setiap hari. Hindari menyentuh mata sebelum mencuci tangan.
  • Jangan pinjam-meminjam peralatan make-up dengan orang lain.
  • Pastikan Anda membersihkan sisa make-up setelah beraktivitas dan sebelum tidur.
  • Pastikan Anda selalu membersihkan lensa kontak.
  • Selalu cuci tangan sebelum menyentuh lensa kontak.
  • Gunakan kompres hangat secara teratur. Cara ini disebut ampuh untuk mencegah bintitan kambuh.
  • Jika Anda mengidap blepharitis, ikuti petunjuk dokter dalam merawat kesehatan mata Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sty – Symptoms and causes. (2020). Retrieved 10 September 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sty/symptoms-causes/syc-20378017

Chalazia and Stye Treatment. (2019). Retrieved 10 September 2020, from https://www.aao.org/eye-health/diseases/chalazion-stye-treatment

Chan, E., Tie, P., Soh, E., & Law, Y. (2011). Antioxidant and antibacterial properties of green, black, and herbal teas of Camellia sinensis. Pharmacognosy Research, 3(4), 266. doi: 10.4103/0974-8490.89748

Stye . (2017). Retrieved 10 September 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/stye/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Fajarina Nurin
Tanggal diperbarui 01/02/2021
x