Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Bisa Dicoba, Ini 7 Obat Alami untuk Mengatasi Mata Bintitan

Bisa Dicoba, Ini 7 Obat Alami untuk Mengatasi Mata Bintitan

Mata bintitan dapat terjadi secara tiba-tiba kepada siapa saja. Bukan hanya mengganggu penampilan, kondisi ini juga bisa menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu, banyak penderita yang ingin mengatasi mata bintitan secara cepat. Untungnya, ada beberapa bahan di rumah yang bisa menjadi obat alami untuk mata bintitan. Berikut ini penjelasannya.

Berbagai obat alami untuk mata bintitan

Mata bintitan (hordeolum) merupakan kondisi ketika timbul benjolan pada kelopak mata. Penyebab mata bintitan umumnya, yaitu adanya infeksi yang menyumbat lubang akar bulu mata.

Gejala kondisi ini bisa mengganggu penampilan hingga kegiatan sehari-hari Anda karena rasa sakit yang ditimbulkan.

Untuk mengatasi mata bintitan secara mandiri di rumah, ada sejumlah bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat. Berikut adalah bahan-bahannya.

1. Air hangat

obat bintitan alami

Cara yang paling cepat dan aman sebagai obat alami untuk meredakan mata bintitan di rumah, yaitu dengan menggunakan kompres air hangat. Anda bisa mengompres benjolan pada mata dengan air hangat.

Anda hanya perlu memanaskan sedikit air, kemudian rendam kain bersih ke dalam air tersebut. Setelah menjadi basah, letakan kain di atas mata yang mengalami bintitan. Tutup mata selama mengompres mata.

Untuk hasil yang efektif, lakukan kompres selama 10 hingga 15 menit dan ulangi proses tersebut sebanyak dua hingga empat kali sehari selama beberapa hari.

Setelah kompres selesai dilakukan, Anda bisa memijat mata secara perlahan dengan tangan yang telah dibersihkan. Tujuannya untuk membuka kembali kelenjar minyak yang tersumbat.

Selain untuk mengatasi bintitan, cara ini juga bisa meredakan rasa nyeri pada mata dan peradangan yang timbul.

2. Larutan garam

Garam memiliki kandungan magnesium yang ampuh sebagai obat antiseptik alami untuk membunuh bakteri dan mengurangi rasa sakit akibat infeksi pada mata bintitan.

Untuk mendapat manfaat tersebut sebagai obat alami bintitan, Anda bisa melarutkan garam dalam air hangat dan aduk hingga rata.

Selanjutnya, celupkan kain lembut atau kapas pada larutan air garam tersebut dan kompreslah pada mata yang mengalami bintitan.

Diamkan selama 15 – 20 menit dan ulangi sampai bintitan mereda.

3. Minyak kelapa

obat bintitan alami

Minyak kelapa diketahui bisa menjaga kesehatan mata. Penggunaan minyak kelapa dapat dioleskan secara langsung di sekitar mata.

Salah satu manfaat minyak kelapa bagi mata, yakni membantu meredakan peradangan pada mata bintitan. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki fungsi sebagai antibakteri dan antijamur.

Untuk menggunakannya pada mata, beri sedikit minyak kelapa pada kapas atau tangan Anda. Lalu, oleskan secara perlahan pada kelopak mata yang mengalami bintitan.

Tunggu hingga sekitar 15 menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal ini tiga hingga lima kali sehari.

4. Kantong teh hangat

Dilansir dari jurnal Pharmacognosy Research, kantong teh yang sudah dipakai ternyata masih bisa bermanfaat untuk hal lain. Oleh karena itu, setelah membuat teh, jangan langsung membuangnya.

Salah satu manfaat kantong teh bekas tersebut, yaitu dapat dipakai untuk mengompres mata sebagai obat alami bintitan.

Guna mendapat manfaat kantong teh bekas untuk mata, Anda bisa menggunakan jenis teh apapun.

Meski begitu, teh hitam diyakini punya sifat antibakteri sekaligus efek meredakan pembengkakan pada kelopak mata untuk mempercepat penyembuhan bintitan.

Caranya, letakkan kantong teh hangat pada mata Anda selama 5 – 10 menit. Pastikan kantong teh tidak terlalu panas.

Usahakan untuk memakai dua kantong teh yang berbeda pada setiap mata jika Anda hendak mengompres kedua mata.

5. Lidah buaya

Lidah buaya kaya akan kandungan mineral, vitamin, enzim, dan berbagai senyawa lain yang berguna sebagai analgesik alias pereda nyeri, antibakteri, dan antivirus.

Itu sebabnya, lidah buaya dipercaya sebagai salah satu obat alami yang efektif untuk menghilangkan mata bintitan.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai obat mata bintitan secara alami, Anda perlu menyiapkan daun lidah buaya dan belah untuk mengambil getah atau lendirnya dengan cotton bud.

Lalu, oleskan getah lidah buaya tersebut pada bintitan yang muncul di kelopak mata. Anda bisa mengoleskannya selama beberapa kali dalam sehari hingga infeksi berkurang atau hilang.

6. Daun ketumbar

Ternyata, daun ketumbar juga ampuh untuk meredakan infeksi dan pembengkakan pada mata yang bintitan.

Daun ketumbar berkhasiat sebagai anti peradangan, antibakteri, antijamur, dan antivirus, sehingga bisa mengatasi mata bintitan akibat kotoran dan bakteri dengan lebih cepat.

Sebagai obat alami bintitan, Anda bisa rebus sejumput atau satu sendok teh daun ketumbar dengan setengah cangkir air. Tiriskan dan tunggu hingga agak dingin.

Setelahnya, usapkan daun ketumbar tersebut pada mata yang bintitan.

Untuk menyembuhkan mata bintitan lebih cepat, Anda juga bisa langsung meminum air rebusan daun ketumbar tersebut.

7. Tea tree oil

Obat bintitan alami

Minyak pohon teh atau tea tree oil adalah minyak esensial yang terbukti mampu membantu menghilangkan banyak jenis masalah kulit dan jamur.

Tea tree oil juga bisa menghilangkan bintitan pada mata. Namun, sebaiknya hanya gunakan tea tree oil yang alami.

Minyak ini bisa digunakan sendiri atau sebagai campuran dengan bahan alami lainnya yang juga bermanfaat untuk meredakan bintitan.

Caranya, campurkan satu sendok teh tea tree oil alami dengan dua sendok makan air matang yang disaring atau didinginkan.

Lalu, masukkan ke dalam lemari es hingga dingin selama dua hingga tiga jam. Celupkan kain bersih atau kapas ke dalam larutan air tersebut dan oleskan ke area bintitan.

Biarkan larutan air ini meresap ke dalam kulit Anda. Ulangi tahap ini sebanyak tiga kali sehari untuk mendapatkan khasiat yang optimal.

Jika Anda ingin mencampurkan tea tree oil dengan bahan alami lainnya di atas, cukup tambahkan beberapa tetes minyak ke dalam larutan.

Bila tidak membaik dengan cara alami di atas, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat guna mengatasi penyakit mata ini.

Verifying...

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Chan, E., Tie, P., Soh, E., & Law, Y. (2011). Antioxidant and antibacterial properties of green, black, and herbal teas of Camellia sinensis. Pharmacognosy Research3(4), 266. doi: 10.4103/0974-8490.89748

12 Quick And Safe Ways To Get Rid Of A Stye. (2022). Retrieved 18 May 2022, from https://www.lifehack.org/387235/12-quick-and-safe-ways-to-get-rid-of-a-stye

(2022). Retrieved 18 May 2022, from https://eyelovecares.org/tea-tree-oil-for-blepharitis/

(2022). Retrieved 18 May 2022, from https://eyelovecares.org/coconut-oil-for-blepharitis/

Styes – Better Health Channel. (2022). Retrieved 18 May 2022, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/styes

Styes — How to Treat Them, How to Avoid Them. (2022). Retrieved 18 May 2022, from https://health.clevelandclinic.org/styes-can-avoid-best-treatment-tips/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Reikha Pratiwi Diperbarui 6 hours ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita