Periode Perkembangan

Perkembangan Kehamilan di Minggu 3

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum.

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin 3 minggu kehamilan saya?

Pada tahap  perkembangan janin 3 minggu kehamilan ini, Anda umumnya belum merasakan tanda-tanda kehamilan. Meski begitu, pada perkembangan bayi 3 minggu kehamilan ini, janin sedang tumbuh dan berkembang di dalam kandungan.

Telur yang telah dibuahi akan mengalami pembelahan sel. Sekitar 30 jam setelah pembuahan, telur akan terbagi menjadi dua sel, lalu empat sel, lalu delapan sel, dan terus terbelah sampai berpindah dari tuba falopi ke rahim. Saat perjalanannya ke rahim,  kelompok sel ini terlihat seperti bola kecil yang disebut embrio.

Lalu embrio ini akan berlubang dan terisi dengan cairan yang disebut blastocyst. Mendekati akhir minggu, cairan blastocyst akan melekatkan dirinya pada lapisan rahim. Ini dinamakan implantasi atau penanaman. Implan pada rahim ini menciptakan endometrium, sebagai tempat untuk menyediakan nutrisi dan membuang kotoran untuk embrio yang berkembang. Lalu implan akan tumbuh menjadi ari-ari, yang akan membantu merawat bayi Anda 9 bulan ke depan.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh saya?

Pada tahap perkembangan janin 3 minggu ini, tubuh Anda akan mengalami beberapa perubahan untuk mendukung pembuahan di sel telur. Pada saat ini mungkin Anda belum mengetahui kehamilan Anda. Di akhir minggu ini Anda mungkin menyadari adanya bercak kecil yang disebut “implantation spotting.” Hal ini menunjukan telur yang dibuahi telah melekat pada dinding rahim Anda. Tidak semua wanita mengalami bercak-bercak dan beberapa wanita mengalami bercak-bercak pada saat yang sama dengan jadwal menstruasi.

Apa yang perlu saya perhatikan?

Morning sickness atau mual hamil (kadang disertai ngidam) adalah salah satu gejala yang sering kali terjadi pada masa kehamilan, walaupun tidak semua wanita mengalami hal ini. Penelitian menunjukan bahwa hampir tiga perempat dari semua wanita yang ngidam dan muntah mengalami morning sickness. Jika Anda salah satu dari mereka yang tidak ngidam atau hanya sesekali merasa mual ringan, Anda adalah orang yang sangat beruntung.

Tiga dari empat wanita hamil menderita morning sickness setiap hari. Namun, yakinlah walaupun Anda mengalami penurunan nafsu makan dan kehilangan berat badan di tiga bulan pertama masa kehamilan, hal ini tidak akan berpengaruh pada bayi Anda selama Anda bisa menambah kembali berat badan yang akan hilang dalam beberapa bulan berikutnya.

Berat badan akan bertambah cukup mudah karena rasa mual dan muntah akan hilang pada pertengahan minggu ke-12 sampai minggu ke-14 masa kehamilan. Tidak ada penelitian yang tahu pasti penyebab morning sickness.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang perlu saya bicarakan dengan dokter di minggu 3?

Anda harus berkonsultasi dengan dokter saat mengetahui kehamilan Anda. Dokter akan meminta Anda mengikuti tes kehamilan. Anda mungkin tidak perlu bertemu dengan dokter kembali sampai minggu kedelapan masa kehamilan.

Tes yang mungkin dibutuhkan di usia kehamilan 3 minggu

Cara terbaik untuk memastikan kehamilan Anda yaitu dengan menggunakan home pregnancy test alias test pack. Anda dapat membelinya di apotek terdekat. Test pack dapat dipakai dari hari pertama Anda telat menstruasi. Anda dapat membeli lebih dari satu untuk memastikan hasilnya.

Tes tersebut mengukur hormon tertentu yang ditemukan dalam urine, yang disebut Human Chorionic Gonadotropin (HCG). Hormon tersebut terlepas dari ari-ari.  Tergantung dari jenis kehamilan Anda, hasil positif akan menunjukan tanda plus atau dua garis merah.

Kesehatan dan Keselamatan

Apa saja yang perlu saya ketahui untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama hamil?

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui pada usia perkembangan janin 3 minggu kehamilan:

1. Stres

Salah makan atau kurang makan makanan bergizi bukanlah satu-satunya hal yang bisa bikin janin Anda bermasalah. Hal ini tidaklah benar. Depresi pada ibu hamil bisa memengaruhi bayi. Saat depresi, tubuh Anda cenderung menghasilkan beberapa bahan kimia beracun seperti hormon kekebalan tubuh yang tahan terhadap kortisol.

Wanita yang mengalami stres di tiga bulan pertama masa kehamilan akan memiliki risiko keguguran yang tinggi. Ibu yang stres akan berefek pada mental anak. Anak akan mudah merasa stres di masa depan. Dalam studi dengan tikus hamil yang stres sebagai objek, anak tikus memiliki perilaku yang berbeda dibandingkan dengan anak tikus dengan ibu yang normal.

2. Alkohol, obat-obatan, dan tembakau

Pada usia perkembangan janin 3 minggu kehamilan, Anda dilarang minum alkohol, menggunakan obat-obatan, dan produk tembakau. Zat-zat ini dapat membahayakan kesuburan Anda, meningkatkan risiko keguguran, dan menyebabkan cacat lahir pada janin. Ini juga menyebabkan beberapa cacat umum termasuk sindrom janin, keracunan alkohol, masalah pernapasan, berat badan yang rendah saat lahir, dan penyakit lainnya. Segera konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki pertanyaan, kecemasan, atau menemukan masalah yang berhubungan dengan kesehatan.

Lalu seperti apa janin akan tumbuh minggu depan?

Sumber
Yang juga perlu Anda baca