Mengatasi Kesedihan Setelah Istri Keguguran

Oleh

Rasa sakit karena kehilangan bisa sangat kuat jika pasangan Anda mengalami keguguran di minggu ke-6, atau jika bayi Anda meninggal setelah lahir.

Fokus perhatian sering kali tertuju pada sang ibu selama perawatan di rumah sakit dan beberapa hari pertama kembali ke rumah. Pria mungkin sering diharapkan kuat dan mendukung istri. Jadi, Anda mungkin mengesampingkan rasa sedih Anda saat mendukung pasangan, dan ini dapat membuat Anda merasa terisolasi dan kesepian.

Keluarga, teman, dan rekan kerja bisa saja tidak mengetahui dan tidak memberikan dukungan untuk ayah yang sedang berduka. Interaksi antar pria mungkin tidak sama dengan yang dimiliki wanita yang mungkin terbiasa bergantung pada pasangan mereka untuk mendapatkan dukungan emosional. Ini mungkin membuat Anda merasa bahwa tidak ada seorangpun yang dapat diajak bicara, terutama jika istri Anda sedang berjuang untuk berbagi perasaannya dengan Anda. Akibatnya, Anda mungkin memendam perasaan Anda sendiri.

Rasa duka sangat individual, dan beberapa pasangan sering menemukan bahwa perasaan dan reaksi mereka berbeda satu sama lain. Pasangan Anda mungkin ingin “kembali seperti semula” jauh sebelum Anda siap:

Bagi Anda, mungkin lebih mudah dan lebih baik menghindari berbicara tentang perasaan Anda untuk melindungi pasangan Anda.

Pasangan yang berduka mungkin mengalami kesulitan dalam semua aspek hubungan, termasuk kehidupan seks mereka. Misalnya, pasangan mungkin menganggap hubungan seks sebagai sumber kenyamanan dan kedekatan. Di sisi lainnya, mungkin bagi yang tidak siap secara fisik, seks dianggap sebagai pengingat kehilangan anak, atau mungkin merasa bahwa nafsu seksnya salah atau tidak terasa apapun.

Pemulihan dari rasa duka adalah jalan yang panjang dan sulit. Anda mungkin terkejut dengan lamanya duka berlangsung dan intensitasnya yang tak kunjung berkurang. Jika memang demikian, Anda tidak sendirian:

Meskipun sulit, hal terpenting adalah Anda dan istri bisa berbicara satu sama lain. Ini lebih mudah jika Anda berdua sadar bahwa:

  • Kebutuhan dan perasaan istri Anda tidak akan selalu sama dengan yang Anda miliki
  • Setiap individu memiliki cara tersendiri dalam mengutarakan dan menghadapi perasaannya
  • Perbedaan ini tidak berarti bahwa salah satu dari kalian lebih sedih daripada yang lainnya

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Oktober 2, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca