5 Manfaat Kesehatan Minum Pil KB Selain untuk Mencegah Kehamilan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Pil KB sampai saat ini masih jadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam mencegah kehamilan. Ya, pil KB menjadi salah satu metode kontrasepsi yang digunakan oleh setidaknya 20 persen perempuan Indonesia.

Meski memang punya manfaat utama sebagai pencegah kehamilan, tapi tahukah Anda bahwa ternyata pil KB juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan lain? Ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa diatasi dengan cara minum pil KB. Apa saja manfaat minum pil KB selain mencegah kehamilan?

Manfaat pil KB bagi kesehatan

Sudah tak diragukan lagi, pil KB memang bisa membantu Anda dalam menunda kehamilan. Bahkan dilansir dari WebMD, efektivitas pil KB dalam mencegah kehamilan mencapai 99,9 persen. Namun, manfaat pil KB bukan hanya untuk mencegah kehamilan, melainkan juga bisa memberi efek positif pada tubuh, misalnya:

1. Minum pil KB bisa bikin haid lebih teratur

Bagi Anda yang sering uring-uringan karena haid tidak jelas jadwalnya, mungkin bisa coba minum pil KB. Terkadang, dokter juga akan meresepkan obat minum ini pada pasiennya yang punya jadwal haid tidak teratur.

Haid tidak teratur kebanyakan disebabkan oleh gangguan hormon reproduksi. Nah, dengan minum pil KB, Anda bisa membantu memperbaiki hormon tersebut.

Biasanya dokter akan memberikan pil KB bahan aktif untuk diminum selama 3 minggu berturut-turut. Kemudian, satu minggu terakhir Anda harus minum pil KB bahan tidak aktif. Bahan aktif yang ada di dalam pil KB ini mengandung hormon yang dapat membantu atasi gangguan hormon Anda saat itu.

2. Pil KB bisa mencegah kram perut dan migrain saat haid

Apakah setiap bulannya Anda selalu merasa sangat kesakitan jika sedang datang bulan? Ya, faktanya, kebanyakan perempuan akan mengalami kram perut, migrain, bahkan sakit pada pinggang di hari pertama dan kedua haidnya. Lagi-lagi, hal ini disebabkan oleh hormon yang sedang tidak stabil. Namun, kali ini Anda bisa coba minum pil KB untuk membuat gejala haid tidak terlalu sakit dan tak mengganggu aktivitas.

Manfaat pil KB ini bahkan sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian, salah satunya penelitian yang dilakukan di Swiss. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa perempuan yang rutin minum pil KB, mengalami kram perut yang lebih jarang ketimbang yang tidak mengonsumsi.

3. Punya masalah dengan jerawat? Anda bisa coba minum pil KB

Nah, ini manfaat pil KB lainnya yang mungkin tidak Anda tahu. Ternyata, minum pil KB bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah jerawat yang membandel. Bisa dibilang jerawat adalah musuh kaum perempuan, apalagi jika masuk masa PMS, maka tak hanya satu atau dua saja yang muncul di wajah.

Jerawat muncul akibat produksi sebum yang berlebihan. Sementara, sebum adalah minyak yang dilepaskan oleh kelenjar dan produksinya diatur oleh hormon. Nah, sayangnya ketika Anda datang bulan, hormon Anda sedikit kacau dan tidak stabil. Hal ini yang kemudian membuat jerawat cenderung banyak ketika PMS.

Maka itu, Anda butuh pil KB untuk mengatasi masalah jerawat. Pil KB telah disetujui Food and Drugs Association (US FDA) untuk dijadikan sebagai obat jerawat. Jadi, Anda tak perlu lagi pusing dengan masalah jerawat tiap kali datang bulan.

4. Meringankan gejala endometriosis

Endometriosis adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat dinding rahim yang tumbuh dan menebal secara tidak normal. Beberapa wanita mungkin tidak mengalami gejala tertentu, namun sebagian besar mengeluhkan kram perut, sakit di bagian punggung belakang, hingga haid yang mengeluarkan darah yang banyak.

Pil KB dapat mengurangi berbagai gejala tersebut dengan cara memperlambat tumbuhnya dinding rahim, sehingga gejala itu tidak akan muncul.

5. Menurunkan risiko beberapa jenis kanker

Kanker ovarium dan kanker rahim adalah kanker yang cukup sering terjadi pada wanita. Saat ini, telah dibuktikan bahwa risiko kanker ovarium dan kanker rahim dapat diturunkan dengan cara minum pil KB. Penelitian yang dipublikasikan dalam Obstetrics and Gynecology, membuktikan bahwa penggunaan pil KB bisa menurunkan risiko kanker ovarium dan kanker rahim hingga 40-50 persen. Tentu manfaat pil KB yang satu ini layak dipertimbangkan, bukan? 

Konsultasikan kepada dokter kandungan Anda dalam penggunaan pil KB dan efek non-kontrasepsi yang terdapat di dalam penggunaan pil KB.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, sebaiknya segera hubungi dokter, bidan, atau praktisi kesehatan. 

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca