home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Aturan Berpakaian Saat Hamil yang Aman Bagi Anda dan Bayi

Aturan Berpakaian Saat Hamil yang Aman Bagi Anda dan Bayi

Hamil menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak wanita. Melihat perubahan perut yang makin membesar membuat wanita bahagia, artinya bayinya tidak lama lagi akan lahir. Namun, karena perutnya yang makin besar, beberapa wanita mungkin juga bingung bagaimana harus berpakaian saat hamil. Walaupun sedang hamil, para wanita tetap ingin terlihat fashionable tentunya.

Jangan berpakaian seperti ini saat hamil

Wajar bila semua wanita ingin tetap ingin tampil cantik. Terkadang, mungkin wanita hamil tidak menyadari bahwa tubuhnya sudah berubah, sehingga ia tidak mengganti cara berpakaiannya. Pakaian yang dulunya muat Anda pakai sebelum Anda hamil menjadi tidak muat saat Anda hamil. Jika dipaksakan tetap memakai pakaian Anda yang dulu, mungkin jatuhnya menjadi ketat.

Ibu hamil sebaiknya tidak memakai pakaian yang ketat. Selain karena tidak nyaman dan membatasi pergerakan Anda, pakaian ketat juga tidak baik untuk sirkulasi darah Anda. Sirkulasi darah yang terhambat dapat menyebabkan ibu hamil mudah mengalami kesemutan, pegal pada pungggung dan kaki, bengkak pada kaki, dan rasa tidak nyaman pada perut.

Hindari juga pakaian dari bahan yang berat. Anda ‘membawa’ tubuh Anda sudah berat ditambah dengan pakaian yang berat, tentu ini membuat Anda sangat tidak nyaman. Anda menjadi kurang bebas. Sebaiknya, pilih pakaian yang benar-benar nyaman untuk Anda dan tidak membatasi pergerakan Anda.

Namun, jangan juga memilih pakaian yang terlalu besar. Biasanya ibu hamil memilih pakaian yang besar untuk menutupi perutnya yang besar. Namun, Anda tidak perlu melakukan hal ini. Pakaian yang terlalu besar hanya akan membuat tubuh Anda terlihat tambah besar dan juga dapat membuat Anda kesulitan bergerak. Sebaiknya, pilihlah pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda, tidak terlalu ketat juga tidak terlalu besar.

Ini yang harus Anda pakai saat hamil

Anda tidak perlu pusing-pusing untuk berpakaian saat hamil. Pakaian apa saja yang sedang trend bisa saja Anda pakai saat hamil. Justru mungkin Anda akan terlihat lebih cantik saat hamil dengan pakaian tersebut. Kuncinya adalah satu, kenyamanan.

Pakaian terbaik untuk ibu hamil adalah yang memungkinkan perut ibu hamil untuk membesar. Perut ibu hamil yang ‘bebas’ sangat penting bagi ibu dan bayi dalam kandungan. Baju khusus ibu hamil biasanya sudah mempertimbangkan hal ini. Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk memakai baju hamil saat hamil. Saat ini sudah banyak baju hamil dengan berbagai model sesuai dengan perkembangan zaman. Jadi, Anda tidak perlu lagi merasa takut tidak bisa berpakaian mengikuti tren saat sedang hamil.

Contohnya saja celana jeans. Sekarang ini sudah banyak dijual celana jeans yang khusus dibuat untuk ibu hamil. Dengan lingkar pinggang yang lebih besar dan dari karet membuat ibu hamil nyaman memakai celana jeans ini. Anda bisa memilih model mana yang Anda suka dan bisa disesuaikan dengan ‘kantong’ Anda tentunya.

Anda juga tidak perlu khawatir tidak bisa memakai pakaian bergambar, bergaris, berwarna terang, legging, dress, dan sebagainya. Anda bisa memakai semua model pakaian ini saat hamil asal tidak ketat dan nyaman. Anda juga bisa Memakai baju yang berlapis saat hamil, asalkan Anda pintar mengombinasikannya. Yang juga perlu diperhatikan saat Anda menggunakan baju berlapis adalah jangan sampai baju ini membuat Anda sesak dan tidak nyaman.

Pilih juga pakaian dari bahan katun yang ringan dan menyerap keringat. Pakaian dari bahan ini tentu sangat nyaman untuk ibu hamil. Ibu hamil yang disibukkan dengan berbagai kegiatan tentu mudah berkeringat, sehingga perlu memakai pakaian yang mudah menyerap keringat. Pakaian dari bahan ringan juga dapat memudahkan ibu hamil untuk bergerak.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

MomJunction. (2015). What Are The Right Pregnancy Clothes To Wear?. [online] Available at: http://www.momjunction.com/articles/right-clothes-wear-pregnancy_002863/#gref [Accessed 14 Feb. 2017].

Martinez, P. A. Maternity Clothes: The Do’s and Don’ts of Dressing Your (Growing) Bump. [online] Available at: http://www.parents.com/blogs/everything-pregnancy/2013/05/03/be-beautiful/maternity-clothes-pea-in-the-pod/ [Accessed 14 Feb. 2017].

Maternity Wear And Pregnancy Clothes | BabyMed.com. [online] Available at: http://www.babymed.com/maternity-wear-and-pregnancy-clothes# [Accessed 14 Feb. 2017].

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 15/08/2017
Fakta medis diperiksa oleh Admin HHG
x