Panduan Aman Menjalankan Puasa Saat Hamil Muda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah saat hamil muda seseorang boleh puasa? Sebenarnya, ini semua tergantung kondisi Anda dan janin. Bagi sebagian orang mungkin tidak masalah, tapi bagi sebagian lainnya bisa saja hal ini menimbulkan risiko. Jika pun Anda puasa saat hamil muda, sebaiknya tetap penuhi kebutuhan nutrisi penting Anda dan janin.

Apakah boleh puasa saat hamil muda?

Menjalani puasa atau tidak merupakan suatu pilihan bagi ibu hamil. Kemampuan setiap ibu hamil dalam menjalankan ibadah puasa bisa berbeda-beda. Ini tergantung dari kondisi kesehatan secara keseluruhan, tahap kehamilan Anda, dan bagaimana perkembangan kehamilan Anda.

Puasa saat hamil muda mungkin bisa sedikit berisiko bagi Anda. Saat hamil muda, tubuh Anda membutuhkan banyak nutrisi untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda dalam kandungan. Hamil muda merupakan tahap di mana kehamilan Anda sedang membutuhkan banyak sekali nutrisi penting. Sehingga, menjalankan puasa pada saat ini mungkin dapat meningkatkan risiko Anda memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Selain itu, dehidrasi karena puasa juga dapat menurunkan fungsi ginjal dan jumlah cairan yang mengelilingi bayi Anda.

Namun, tak sedikit juga penelitian yang melaporkan bahwa puasa saat hamil tidak memengaruhi kesehatan kehamilan dan bayi Anda. Seperti pada penelitian yang diterbitkan oleh Iranian Journal of Pediatrics tahun 2010 yang menyatakan bahwa wanita hamil yang berpuasa dengan asupan gizi yang tepat tidak memberikan dampak pada pertumbuhan bayinya dan waktu kelahiran bayi.

Jadi, puasa saat hamil muda atau tidak itu semua kembali lagi kepada Anda. Jika Anda merasa sehat dan kuat, Anda bisa berpuasa dengan catatan kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh Anda dan bayi Anda bisa Anda penuhi dengan baik. Hal ini penting untuk mencegah kemungkinan bayi Anda lahir dengan BBLR, prematur, dan kemungkinan buruk lainnya.

Tips menjalankan puasa saat hamil muda

Menjalankan puasa saat hamil muda bukan merupakan suatu hal yang mudah. Walaupun puasa, Anda harus tetap menjaga agar selalu memenuhi kebutuhan gizi Anda setiap hari. Ini demi kesehatan Anda dan juga bayi Anda dalam kandungan. Ingat, kebutuhan gizi Anda meningkat selama hamil. Jadi, Anda harus makan lebih banyak saat puasa. Berikut ini merupakan tips agar Anda tetap memenuhi kebutuhan nutrisi Anda saat puasa.

1. Minum banyak air

Saat hamil muda dan hendak menjalankan ibadah puasa, pastikan Anda minum banyak air saat berbuka puasa dan sahur. Anda perlu minum air setidaknya 8 gelas atau 2 liter per hari. Ini penting agar Anda terhindar dari dehidrasi saat puasa.

Jika Anda merasa sangat haus, lemas, pusing, dan ingin pingsan di tengah-tengah puasa Anda, sebaiknya batalkan puasa Anda untuk mencegah kemungkinan hal buruk yang bisa terjadi.

Hindari minum minuman berkafein, seperti teh, kopi, dan minuman bersoda karena minuman ini mendorong lebih banyak cairan hilang dari tubuh Anda.

2. Makan makanan yang bergizi

Saat hamil muda dan menjalankan puasa, konsumsilah berbagai macam jenis makanan, sehingga kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral terpenuhi dengan baik.

Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebanyak 5 porsi per hari untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral Anda.

Pastikan juga Anda mengonsumsi makanan sumber folat, zat besi, vitamin A, dan kalsium, yang bisa diperoleh dari sayuran hijau, daging, dan susu. Zat-zat gizi tersebut penting Anda penuhi di masa-masa awal kehamilan Anda.

Hindari konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi tapi nol zat gizi. Makanan ini hanya akan membuat Anda kenyang tapi tidak menyumbang banyak gizi untuk Anda. Setidaknya Anda perlu makan sebanyak 4-5 kali di saat waktu buka sampai sahur agar kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi.

3. Cukup istirahat

Agar tidak kelelahan saat puasa ketika hamil muda perbanyaklah istirahat. Hal ini juga akan menghemat energi yang Anda gunakan.

Anda perlu untuk tidur siang beberapa jam agar Anda tidak merasa lemas saat puasa. Selain itu, kurangi melakukan aktivitas berat dan olahraga selama puasa.

Jika memungkinkan, kurangi kegiatan di luar ruangan jika cuaca sedang panas agar Anda lebih kuat dalam menjalankan puasa.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kelebihan dan Kekurangan Hamil di Usia 20-an

Hamil di usia 20-an disebut sebagai waktu terbaik. Tapi, bukan berarti tidak ada kekurangannya dibanding hamil di usia 30-an. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 2 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Amankah Minum Antibiotik Saat Hamil? Ini Penjelasannya

Ada yang bilang minum antibiotik saat hamil berbahaya. Padahal dalam kasus tertentu, ibu hamil boleh kok, minum antibiotik. Tapi perhatikan hal-hal ini, ya.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 4 November 2020 . Waktu baca 3 menit

3 Hal yang Harus Diperhatikan Lansia Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Usia tidak menghambat sebagian lansia untuk puasa. Agar tetap lancar dan kuat berpuasa, lakukan persiapan untuk lansia saat sahur dan puasa ini!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
persiapan puasa untuk lansia
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 5 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Diare Jadi Tanda Anda Sedang Hamil Muda, Benar atau Tidak?

Banyak wanita mengalami gangguan pencernaan seperti diare pada awal masa kehamilan. Namun, benarkah diare adalah tanda hamil muda?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 23 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tanda hamil atau haid

Positif Hamil Atau Gejala Mau Haid? Begini 10 Cara Membedakannya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
berat badan janin ideal

Pertumbuhan Berat Badan Janin dalam Kandungan di Setiap Trimester Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
hamil muda

4 Masalah yang Sering Terjadi Saat Sedang Hamil Muda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 24 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
diare pada ibu hamil diare saat hamil mencret penyebab gejala

Kupas Tuntas Penyebab, Gejala, Hingga Cara Mengatasi Diare Saat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit