Daftar Obat Alami untuk Sariawan pada Ibu Hamil

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 4 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sariawan bisa terjadi pada siapa saja, termasuk ibu hamil. Namun, mengobati sariawan pada ibu hamil harus berhati-hati, salah memberikan obat justru dapat membahayakan bagi janinnya. Lantas, apa obat alami yang bisa diberikan untuk mengobati sariawan pada ibu hamil?

Penyebab sariawan pada ibu hamil

Sariawan atau dalam istilah medis stomatitis aftosa adalah luka kecil yang berkembang di bagian mulut, seperti bibir, pipi bagian dalam, lidah, atau gusi seseorang. Luka ini bisa sangat menyakitkan bagi penderitanya hingga membuat sulit makan, minum, dan bicara.

Pada ibu hamil, sariawan kerap terjadi karena berbagai faktor, seperti perubahan hormon, stres, trauma pada mulut, seperti cara menyikat gigi yang kurang tepat atau lidah yang tidak sengaja tergigit, mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam, atau kekurangan nutrisi, seperti folat, zat besi, dan vitamin B12.

6 Obat alami untuk sariawan pada ibu hamil

Pada umumnya, sariawan dapat sembuh dengan sendirinya selama satu atau dua minggu. Namun, sariawan yang dibiarkan akan sangat mengganggu aktivitas ibu hamil.

Untuk itu, sariawan perlu segera diobati untuk mempercepat penyembuhannya dan mengurangi rasa sakitnya. Berikut obat alami sariawan untuk ibu hamil yang dapat digunakan.

1. Air garam

Berkumur dengan air garam merupakan obat alami untuk sariawan yang paling mudah didapat di rumah. Untuk menggunakannya, campurkan 1 sendok teh garam dengan setengah gelas air hangat. Kumur dengan air garam tersebut selama 15-30 detik. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari untuk mengurangi rasa sakit pada sariawan Anda.

2. Es batu

Cara mudah lainnya untuk mengobati sariawan secara alami pada ibu hamil, yaitu menggunakan es batu. Tempelkan es batu pada sariawan Anda dan biarkan kepingan es tersebut mencair perlahan.

3. Madu

Madu terkenal memiliki kemampuan antibakteri dan antiinflamasi (antiperadangan). Pada sariawan, madu terbukti dapat mengurangi rasa sakit, ukuran, dan kemerahan yang ditimbulkannya.

Keli Hawthorne, ahli diet dari Dell Medical School di University of Texas, mengatakan bayi memang tidak diperbolehkan mengonsumsi madu karena kandungan bakteri di dalamnya, tetapi madu aman dikonsumsi oleh orang dewasa, termasuk oleh ibu hamil. Bahkan, madu berkhasiat untuk ibu hamil.

Untuk menggunakannya sebagai obat alami sariawan untuk ibu hamil, cukup oleskan madu ke sariawan selama empat kali sehari agar rasa sakit dari sariawan Anda berkurang.

4. Teh chamomile

Teh chamomile pun dapat digunakan sebagai salah satu obat alami sariawan untuk ibu hamil. Sama seperti madu, chamomile dikenal memiliki senyawa yang bersifat antiinflamasi.

Untuk menggunakannya, cukup tempelkan kantong teh chamomile basah ke sariawan Anda dan biarkan selama beberapa menit atau berkumur dengan teh chamomile yang diseduh. Lakukan hal ini hingga 3-4 kali sehari.

5. Yogurt

Selain sehat untuk sistem pencernaan, manfaat yogurt pun diyakini dapat mengobati sariawan, termasuk pada ibu hamil. Kandungan probiotik atau bakteri baik dalam yogurt diyakini bisa membantu penyembuhan sariawan.

Yogurt pun menjadi salah satu daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi  oleh ibu hamil. Kandungan protein di dalamnya sangat baik untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Untuk mengobati sariawan dengan yogurt, ibu hamil hanya cukup untuk mengonsumsi yogurt paling tidak satu gelas sehari.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa diyakini bisa mengobati sariawan pada ibu hamil karena kemampuan antiinflamasi yang dimilikinya. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke sariawan. Lakukan beberapa kali per hari hingga sariawan Anda hilang.

Minyak kelapa pun baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Minyak kelapa dapat membantu meringankan mual pada pagi hari serta mulas dan sembelit efek dari kehamilan.

Selain menggunakan obat alami sariawan untuk ibu hamil, perlu juga menjaga kebersihan mulut, mengonsumsi makanan yang bernutrisi, serta mengonsumsi suplemen asam folat, zat besi, dan vitamin B12 untuk mencegah dan mengobati sariawan. Konsultasikan dengan dokter kandungan  untuk mendapatkan suplemen tersebut serta penganan medis yang tepat untuk mengobati sariawan pada ibu hamil.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Sariawan di Lidah

Siapa yang tidak pernah kena sariawan di lidah? Namun, Anda mungkin bingung apa saja yang menjadi penyebab sariawan di lidah. Simak penjelasannya!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 26 Agustus 2019 . Waktu baca 8 menit

9 Hal yang Menjadi Penyebab Sariawan Muncul Tiba-tiba

Selain karena tergigit, ternyata ada banyak penyebab sering sariawan yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Penasaran apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 28 Juli 2019 . Waktu baca 7 menit

GOM (Borax Glycerine)

GOM adalah obat kumur. Cari tahu informasi tentang cara penggunaan, efek samping, keamanan, dan interaksi obat ini di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 2 Maret 2019 . Waktu baca 7 menit

Meski Tampak Sama, Ini Beda Oral Trush, Lidah Peta dan Oral Hairy Leukoplakia (OHL)

Sekilas ketiganya tampak sama sehingga sulit untuk dibedakan. Agar tak keliru, berikut beda oral thrush, lidah peta dan OHL yang penting untuk Anda ketahui. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 17 Januari 2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengobati sariawan di amandel

Intip 4 Cara Ampuh Mengobati Sariawan di Amandel

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 4 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit
oral seks cabut gigi

Bolehkah Melakukan Oral Seks Setelah Cabut Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2019 . Waktu baca 3 menit
sariawan setelah cabut gigi

Alasan Kenapa Anda Sariawan Setelah Cabut Gigi Plus Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 26 September 2019 . Waktu baca 3 menit
obat sariawan anak

Beragam Pilihan Obat Sariawan yang Aman dan Manjur untuk Anak-anak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15 September 2019 . Waktu baca 6 menit