Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu UHT?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26 Maret 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi ibu hamil jadi meningkat. Ekstra vitamin dan mineral tersebut dibutuhkan untuk perkembangan janin. Mulai dari asupan buah dan sayur hingga susu harus dipenuhi. Banyak jenis susu beredar di pasaran, salah satunya susu UHT. Namun, banyak calon ibu yang bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu UHT? Simak jawabannya di sini.

Penelitian mengenai ibu hamil minum susu UHT

ibu hamil minum susu
Sumber: Livestrong

Susu mengandung kalsium, protein, folat, dan vitamin D yang penting untuk ibu hamil dan janin. Nutrisi tersebut meningkatkan suplai darah, mendukung pertumbuhan jaringan, tulang dan otak bayi, serta mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah. Selain itu, susu juga menjaga keseimbangan cairan tubuh dan bisa mencegah mual atau mulas selama kehamilan.

Salah satu jenis susu, yaitu susu UHT, cukup populer dikonsumsi masyarakat. Susu UHT (ultra high temperature) adalah susu yang dipanaskan hingga 150 derajat Celsius untuk membunuh patogen berbahaya seperti jamur, bakteri, atau enzim yang merusak susu.

Setelah dipanaskan, susu ini dikemas dalam wadah untuk menghindari kontaminasi dan supaya bisa bertahan lebih lama. Inilah alasan kenapa banyak orang yang tertarik minum susu UHT.

Dilansir dari The Guardian, sebuah studi yang dilakukan oleh University of Reading di Inggris menunjukkan bahwa ibu hamil yang beralih menggunakan susu organik atau susu UHT saja bisa mengganggu perkembangan otak janin. Kenapa begitu?

Periset menjelaskan bahwa susu organik dan susu UHT memiliki kadar yodium 30 persen lebih rendah daripada susu segar yang diproduksi secara konvensional. Yodium merupakan mineral penting yang tubuhkan untuk perkembangan otak janin. Selain itu, yodium juga dibutuhkan hormon tiroid untuk bekerja dengan baik dalam mengatur metabolisme.

Jadi boleh tidak ibu hamil minum susu UHT?

minum susu saat hamil
Sumber: Tinystep

“Susu organik dan susu UHT bukannya membahayakan, minum susu justru menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, untuk mendapatkan jumlah yodium yang setara dengan satu liter susu segar biasa, Anda perlu minum sekitar 1,5 liter susu organik atau susu UHT”, ungkap Profesor Ian Givens, ketua penelitian di University of Reading.

Walaupun penelitian menunjukkan adanya risiko susu UHT bagi janin, tidak berarti ibu hamil dilarang minum susu UHT sama sekali. Ibu hamil tetap boleh menikmati susu UHT asal kebutuhan yodium dan nutrisi lainnya sudah tercukupi. Jadi, jangan mengandalkan susu UHT saja untuk memenuhi kebutuhan yodium. Anda bisa memenuhi kebutuhan yodium dari berbagai makanan seperti rumput laut, udang, ikan, telur, dan garam beryodium.

Selain susu UHT, ibu hamil juga boleh minum susu pasteurisasi atau susu skim (rendah lemak). Yang harus dihindari adalah susu yang tidak dipasteurisasi (raw milk). Jenis susu ini masih mengandung mikroba yang dikhawatirkan bisa menginfeksi bayi dan sang ibu. Meskipun jarang, raw milk bisa menyebabkan keracunan makanan (listeriosis) karena mengandung bakteri Listeria monocytogenes.

Ingat, minum semua jenis susu juga ada batasnya, jangan minum terlalu banyak atau diminum setelah makan. Ini bisa menambah asupan kalori dan membuat berat badan naik. Berat badan yang berlebih saat hamil dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional. Lebih baik konsultasi ke dokter atau ahli gizi untuk memilih jenis susu terbaik selama kehamilan, sekaligus mengontrol asupan susu dan makanan lainnya.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Trik Membujuk Anak Agar Tak Takut ke Dokter Gigi

Periksa gigi bisa jadi pengalaman yang menyenangkan, kok. Agar anak tidak takut ke dokter gigi, contek saja beragam tips pintar berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Anak 6-9 tahun, Perkembangan Anak, Parenting 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Setelah Kuret, Kapan Bisa Menstruasi Lagi Seperti Biasa?

Setelah kuret, seringkali wanita merasa khawatir dengan siklus menstruasinya. Kapan menstruasi terjadi kembali setelah keguguran?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Persalinan, Melahirkan, Kehamilan 11 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

6 Hal yang Katanya Bisa Menentukan Jenis Kelamin Bayi. Mitos atau Fakta?

Faktor-faktor berikut ini mungkin turut andil dalam menentukan apakah bayi Anda perempuan atau laki-laki, tapi mungkin juga hanya kebetulan belaka.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Trimester 2, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 8 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Janin Berhenti Bergerak, Apakah Harus Periksa ke Dokter?

Tendangan janin dapat menunjukkan janin dalam kondisi sehat dalam kandungan. Tapi, bagaimana jika janin berhenti bergerak? Apa yang harus dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Kapan kehamilan bisa terdeteksi

Kapan Kehamilan Bisa Mulai Terdeteksi dengan Test Pack?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
cara menggugurkan kandungan

Cara Menggugurkan Kandungan Ketika Kehamilan Bermasalah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
tanda hamil atau haid

Positif Hamil Atau Gejala Mau Haid? Begini 10 Cara Membedakannya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
berat badan janin ideal

Pertumbuhan Berat Badan Janin dalam Kandungan di Setiap Trimester Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit