5 Camilan untuk Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Saat baru memasuki usia kehamilan pada trimester pertama, biasanya ibu hamil akan mengalami mual dan muntah atau biasa yang disebut dengan morning sickness. Hal ini sangat wajar dialami oleh ibu hamil, peningkatan hormon progesteron dan human chorionic gonadotropin (HCG) menjadi penyebab ibu hamil mengalami morning sickness. Lalu, bagaimana cara mengatasi mual dan muntah saat hamil? Anda mungkin bisa mencoba camilan saat hamil ini untuk mengatasi mual Anda.

Camilan saat hamil yang sehat untuk mengatasi mual

1. Yoghurt

Apakah Anda mengonsumsi yoghurt selama hamil? Jika tidak Anda harus membiasakan diri untuk makan yoghurt. Mengapa? Karena yoghurt bisa membantu ibu hamil mengatasi mual. Probiotik dalam yoghurt akan berfungsi untuk mengatasi masalah bakteri yang tidak seimbang dalam usus.

Yogurt akan membantu mengatasi masalah mual karena bakteri baik dalam yogurt dapat membantu menenangkan perut yang merasa mual dan munta. Namun, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi jenis yogurt yang alami dan organik. Jangan mengkonsumsi yogurt yang sudah mengandung gula atau pemanis, agar sepenuhnya mendapatkan manfaat yoghurt untuk ibu hamil.

2. Kacang almond

Almond bisa menjadi camilan saat hamil yang sangat sehat dan menjadi makanan pencegah mual saat hamil terutama pada pagi hari. Almond mengandung protein nabati yang sangat tinggi sehingga dapat mencegah ibu hamil menjadi lemah.

Kandungan riboflavin dalam kacang almond sangat baik untuk membantu mengatasi mual pada ibu hamil dan juga membantu ibu hamil tidak mengalami stres berlebihan selama kehamilan.

Almond juga mengandung vitamin E yang akan membantu pembentukan sel kulit dan rambut pada bayi. Kandungan kalsium akan meningkatkan pembentukan jaringan tulang dan gigi pada bayi.

3. Apel hijau

Apel hijau memiliki banyak serat dan vitamin C yang membantu kesehatan pencernaan, mencegah konstipasi dan meningkatkan kekebalan atau sistem imun tubuh. Manfaat inilah yang membuat apel hijau dapat mengatasi mual saat hamil. Kandungan air di dalam apel dapat membantu Anda mencegah dehidrasi dan lesu karena mual dan muntah yang dialami ibu hamil. Anda bisa menjadikan apel hijau sebagai camilan, dengan memotongnya kecil-kecil seperti dadu.

4. Biskuit

Anda bisa memilih biskuit yang tinggi karbohidrat untuk mengatasi mual Anda di pagi hari. Selain untuk mengembalikan tenaga Anda usai mengalami mual dan muntah. Makan camilan biskuit yang tinggi karbohidrat dapat membantu menyerap asam di lambung dan meredakan mual di perut Anda.

5. Labu

Labu mungkin tidak terlalu disukai oleh ibu hamil karena rasanya yang tawar. Namun jika Anda mengalami mual yang parah, Anda bisa mencoba labu sebagai makanan pengganti karbohidrat untuk ibu hamil.

Labu mengandung magnesium yang cukup tinggi dan ini sangat baik untuk mengatasi mual pada ibu hamil. Karena magnesium akan meningkatkan sirkulasi darah untuk mengatasi perubahan hormon. Labu juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Anda bisa mencoba membuat camilan labu dengan cara merebusnya dan dicampur dengan agar-agar.

Anda harus memilih camilan saat hamil yang sehat tidak hanya untuk kesehatan Anda selama masa kehamilan. Namun juga untuk si kecil di dalam kandungan.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca