5 Camilan untuk Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Saat baru memasuki usia kehamilan pada trimester pertama, biasanya ibu hamil akan mengalami mual dan muntah atau biasa yang disebut dengan morning sickness. Hal ini sangat wajar dialami oleh ibu hamil, peningkatan hormon progesteron dan human chorionic gonadotropin (HCG) menjadi penyebab ibu hamil mengalami morning sickness. Lalu, bagaimana cara mengatasi mual dan muntah saat hamil? Anda mungkin bisa mencoba camilan saat hamil ini untuk mengatasi mual Anda.

Camilan saat hamil yang sehat untuk mengatasi mual

1. Yoghurt

Apakah Anda mengonsumsi yoghurt selama hamil? Jika tidak Anda harus membiasakan diri untuk makan yoghurt. Mengapa? Karena yoghurt bisa membantu ibu hamil mengatasi mual. Probiotik dalam yoghurt akan berfungsi untuk mengatasi masalah bakteri yang tidak seimbang dalam usus.

Yogurt akan membantu mengatasi masalah mual karena bakteri baik dalam yogurt dapat membantu menenangkan perut yang merasa mual dan munta. Namun, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi jenis yogurt yang alami dan organik. Jangan mengkonsumsi yogurt yang sudah mengandung gula atau pemanis, agar sepenuhnya mendapatkan manfaat yoghurt untuk ibu hamil.

2. Kacang almond

Almond bisa menjadi camilan saat hamil yang sangat sehat dan menjadi makanan pencegah mual saat hamil terutama pada pagi hari. Almond mengandung protein nabati yang sangat tinggi sehingga dapat mencegah ibu hamil menjadi lemah.

Kandungan riboflavin dalam kacang almond sangat baik untuk membantu mengatasi mual pada ibu hamil dan juga membantu ibu hamil tidak mengalami stres berlebihan selama kehamilan.

Almond juga mengandung vitamin E yang akan membantu pembentukan sel kulit dan rambut pada bayi. Kandungan kalsium akan meningkatkan pembentukan jaringan tulang dan gigi pada bayi.

3. Apel hijau

Apel hijau memiliki banyak serat dan vitamin C yang membantu kesehatan pencernaan, mencegah konstipasi dan meningkatkan kekebalan atau sistem imun tubuh. Manfaat inilah yang membuat apel hijau dapat mengatasi mual saat hamil. Kandungan air di dalam apel dapat membantu Anda mencegah dehidrasi dan lesu karena mual dan muntah yang dialami ibu hamil. Anda bisa menjadikan apel hijau sebagai camilan, dengan memotongnya kecil-kecil seperti dadu.

4. Biskuit

Anda bisa memilih biskuit yang tinggi karbohidrat untuk mengatasi mual Anda di pagi hari. Selain untuk mengembalikan tenaga Anda usai mengalami mual dan muntah. Makan camilan biskuit yang tinggi karbohidrat dapat membantu menyerap asam di lambung dan meredakan mual di perut Anda.

5. Labu

Labu mungkin tidak terlalu disukai oleh ibu hamil karena rasanya yang tawar. Namun jika Anda mengalami mual yang parah, Anda bisa mencoba labu sebagai makanan pengganti karbohidrat untuk ibu hamil.

Labu mengandung magnesium yang cukup tinggi dan ini sangat baik untuk mengatasi mual pada ibu hamil. Karena magnesium akan meningkatkan sirkulasi darah untuk mengatasi perubahan hormon. Labu juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Anda bisa mencoba membuat camilan labu dengan cara merebusnya dan dicampur dengan agar-agar.

Anda harus memilih camilan saat hamil yang sehat tidak hanya untuk kesehatan Anda selama masa kehamilan. Namun juga untuk si kecil di dalam kandungan.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Akibatnya Jika Ibu Mengandung Bayi Besar?

Tak ada ibu yang ingin bayinya lahir dengan berat rendah. Tapi, tahukah Anda bahwa bayi yang terlalu besar dalam kandungan juga bisa menimbulkan bahaya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 25 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Berapa Kali Hamil dan Melahirkan yang Aman Bagi Kesehatan?

Untuk wanita, adakah batasan maksimal berapa kali hamil dan melahirkan? Apa ada dampak tertentu jika hamil dan melahirkan hingga lebih dari 5 kali?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Ibu, Perawatan Setelah Persalinan, Kehamilan 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Minum Paracetamol Saat Hamil, Apakah Aman?

Terkadang ibu hamil mungkin merasa demam dan nyeri. Hal ini membuat ibu hamil memerlukan paracetamol. Namun, apakah aman minum paracetamol saat hamil?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 18 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Apakah Pemanis Buatan Aman untuk Ibu Hamil?

Pemanis buatan saat hamil mungkin diperlukan oleh ibu yang memiliki diabetes gestasional atau yang kelebihan berat badan. Tapi, apakah memang lebih aman?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 18 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hamil di usia 20-an

Kelebihan dan Kekurangan Hamil di Usia 20-an

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
bersepeda saat hamil

Apakah Bersepeda Saat Hamil Aman Bagi Janin?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
waktu bermain video game

Berapa Lama Waktu Bermain Video Game yang Pas untuk Anak?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
nutrisi trimester ketiga

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit