home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

8 Pilihan Jus yang Bisa Bantu Atasi Tekanan Darah Rendah

8 Pilihan Jus yang Bisa Bantu Atasi Tekanan Darah Rendah

Mengobati tekanan darah rendah (hipotensi) tidak melulu melalui obat-obatan. Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan untuk penderita darah rendah, seperti asupan mengandung garam hingga buah-buahan. Nah, agar lebih nikmat, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan dalam bentuk jus. Lantas, apa saja buah atau jus yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi tekanan darah rendah atau hipotensi?

Berbagai pilihan jus untuk mengatasi tekanan darah rendah

Hipotensi adalah kondisi saat angka tekanan darah Anda berada di bawah angka normal. Penyebab tekanan darah rendah ini bisa bermacam-macam, mulai dari dehidrasi, kehamilan, munculnya reaksi alergi (anafilaksis), kekurangan nutrisi tertentu yang menyebabkan anemia, hingga berbagai penyakit jantung.

Untuk mengobati tekanan darah rendah, Anda perlu mengatasi kondisi yang menyebabkannya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa penyebab dari hipotensi lalu memilih cara yang tepat untuk mengatasinya. Adapun salah satu cara membantu mengatasi hipotensi adalah dengan mengonsumsi jus.

Sebagai referensi, berikut adalah beberapa jus yang bisa Anda konsumsi untuk membantu mengatasi tekanan darah rendah.

1. Jus semangka

manfaat semangka

Buah semangka mengandung 92% air. Oleh karena itu, salah satu manfaat buah semangka adalah membantu menghidrasi tubuh dan mengatasi dehidrasi yang menjadi penyebab hipotensi. Buah ini juga mengandung likopen, yaitu senyawa antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Jus buah bit

Tidak hanya untuk tekanan darah tinggi, jus buah bit juga baik bagi Anda yang menderita hipotensi. Cleveland Clinic menyebut, buah bit mengandung folat, yaitu jenis vitamin B yang penting untuk kehamilan.

Kandungan folat dapat membantu pembentukan sel darah merah sehingga mencegah tubuh mengalami anemia, yang menjadi salah satu penyebab hipotensi. Oleh karena itu, memenuhi asupan folat melalui jus buat bit ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menderita darah rendah.

3. Jus jeruk

Sudah tak asing lagi bahwa salah satu kandungan gizi dari jeruk adalah vitamin C. Seseorang yang kekurangan vitamin C berisiko mengalami anemia yang bisa menjadi penyebab hipotensi. Selain itu, jeruk juga salah satu buah yang kaya akan folat seperti halnya buah bit. mengonsumsi jeruk bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi hipotensi.

4. Jus Lemon

Sama seperti jeruk, lemon juga merupakan masuk ke dalam kelompok citrus. Buah kelompok citrus memiliki kandungan vitamin C tinggi, yang bisa mencegah anemia dan membantu menghidrasi tubuh. Selain itu, lemon mengandung kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Oleh karena itu, mengonsumsi jus lemon juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi hipotensi.

5. Jus pisang

apa itu diet BRAT, gambar pisang

Pisang merupakan salah satu buah untuk mengontrol tekanan darah karena kandungan kaliumnya. Namun, tak hanya itu, buah pisang juga mengandung folat dan vitamin C yang dapat membantu mengatasi tekanan darah rendah akibat anemia. Agar bisa memperoleh manfaat tersebut, Anda bisa langsung makan pisang atau mengonsumsinya dalam bentuk jus.

6. Jus alpukat

Tak hanya enak, jus alpukat sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat dari alpukat dan jus buah ini adalah membantu mengontrol tekanan darah, sehingga baik untuk dikonsumsi penderita hipotensi. Kandungan folat dalam alpukat dapat membantu mengatasi anemia yang dapat menjadi penyebab hipotensi. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah Anda.

7. Jus kurma

Jus kurma populer untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah tekanan darah rendah. Ini bisa terjadi karena kandungan zat besi yang ada di dalam kurma. Kekurangan zat besi bisa menghalangi tubuh dalam memproduksi sel darah merah yang cukup, sehingga dapat menimbulkan hipotensi.

8. Jus bayam

Bukan cuma buah yang bisa Anda jadikan jus. Jus dari sayuran bayam juga bisa membantu Anda mengatasi tekanan darah rendah. Pasalnya, sayur bayam kaya akan folat, zat besi, dan antioksidan.

Untuk membuat jus dari bayam, Anda bisa merebus terlebih dahulu sayuran ini. Pasalnya, kandungan folat dari bayam rebus lebih tinggi daripada bayam mentah.

National Institutes of Health menyebut, 1/2 cangkir bayam rebus mengandung folat sebanyak 131 mcg, sedangkan satu cangkir bayam yang masih mentah hanya 58 mcg. Agar lebih enak, Anda bisa mencampurkan jus bayam ini dengan madu atau buah-buahan segar, seperti lemon, jeruk, pisang, atau yang lainnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Folate. National Institutes of Health. (2021). Retrieved 8 July 2021, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/Folate-HealthProfessional/.

Low blood pressure (hypotension). Mayo Clinic. (2021). Retrieved 8 July 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/low-blood-pressure/diagnosis-treatment/drc-20355470.

Nutrition Facts and Health Benefits of Watermelon – Watermelon Board. Watermelon Board. (2021). Retrieved 8 July 2021, from https://www.watermelon.org/the-slice/nutrition-facts-and-health-benefits-of-watermelon/.

What’s Lycopene?. Poison.org. (2021). Retrieved 8 July 2021, from https://www.poison.org/articles/lycopene-171.

The Health Benefits of Beets. Health Essentials from Cleveland Clinic. (2021). Retrieved 8 July 2021, from https://health.clevelandclinic.org/the-health-benefits-of-beets/.

Vitamin C. The Nutrition Source. (2021). Retrieved 8 July 2021, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-c/.

Vitamin C. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 8 July 2021, from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-vitamin-c/art-20363932.

Bananas. The Nutrition Source. (2021). Retrieved 8 July 2021, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/bananas/.

7 Reasons to Start Your Day with Lemon Water. Health Essentials from Cleveland Clinic. (2021). Retrieved 8 July 2021, from https://health.clevelandclinic.org/7-reasons-to-start-your-day-with-lemon-water-infographic/.

Foods high in iron. Healthdirect.gov.au. (2021). Retrieved 8 July 2021, from https://www.healthdirect.gov.au/foods-high-in-iron.

avocados | Health Topics | NutritionFacts.org. Nutritionfacts.org. (2021). Retrieved 8 July 2021, from https://nutritionfacts.org/topics/avocados/.

Spinach and Nutrition: The Latest Research | NutritionFacts.org. Nutritionfacts.org. (2021). Retrieved 8 July 2021, from https://nutritionfacts.org/topics/spinach/.

Irandegani, F., Arbabisarjou, A., Ghaljaei, F., Navidian, A., & Karajibani, M. (2019). The Effect of a Date Consumption-Based Nutritional Program on Iron Deficiency Anemia in Primary School Girls Aged 8 to 10 Years Old in Zahedan (Iran). Pediatric health, medicine and therapeutics10, 183–188. https://doi.org/10.2147/PHMT.S225816.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 29/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri