4 Obat Alami untuk Radang Tenggorokan yang Tak Kalah Ampuh

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Radang tenggorokan atau faringitis adalah masalah penyakit peradangan di bagian tenggorokan maupun faring (hulu tenggorokan). Biasanya Anda akan merasa tenggorokan Anda gatal, terasa sakit saat menelan makanan, suara menjadi serak, dan terkadang diikuti dengan batuk. Sebelum Anda minum antibiotik, apakah Anda pernah berpikir untuk mencoba obat alami radang tenggorokan? Selain mengurangi efek antibiotik yang tidak bagus untuk Anda, obat alami radang tenggorokan ini terkenal ampuh. Simak ulasannya.

Apa saja obat alami radang tenggorokan?

1. Minum air putih

Anda tidak percaya bahwa obat alami radang tenggorokan adalah air putih? Hal sederhana ini ternyata sangat bermanfaat untuk Anda. Untuk menyembuhkan penyakit radang tenggorokan, sangat perlu untuk memastikan bahwa tubuh Anda tidak kekurangan cairan.

Minum air putih yang cukup dapat membuat mukosa atau dinding tenggorokan Anda tetap lembap. Air putih juga membantu mengencerkan dahak apabila ada dahak yang kental, dan membantu tubuh melawan infeksi kuman. Minumlah air hingga warna urin tetap kuning muda atau jernih untuk melindungi Anda dari kondisi dehidrasi.

2. Madu

Anda pasti tidak ragu dengan khasiat cairan manis yang berasal dari serbuk sari bunga ini. Madu memang sangat terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apakah Anda tahu madu juga bisa meredakan sakit tenggorokan?

Anda bisa mencampur satu sendok makan madu dengan air hangat dan minumlah saat pagi hari. Madu bisa mengobati iritasi pada tenggorokan secara alami. Anda harus mencari madu yang asli dan bukan kemasan, karena biasanya kandungan dalam madu kemasan sudah sangat berkurang.

Madu tidak hanya memiliki karakter anti bakteri yang dapat membantu mempercepat pengobatan pada radang tenggorokan. Madu sebagai obat alami radang tenggorokan memiliki peran sebagai osmotik hipertonik, yang dapat menarik air keluar dari jaringan yang meradang. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan serta rasa tidak nyaman pada saluran tenggorokan. Namun, patut diingat  madu sangat tidak dianjurkan untuk anak dibawah umur dua tahun.

3. Lemon

Anda pasti sudah tahu bahwa lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C. Tidak hanya vitamin C, lemon juga memiliki kandungan astringen yang dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan.

Caranya, Anda dapat mencampurkan satu sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air hangat. Perasan air lemon dapat membantu meredakan inflamasi dan membantu membunuh kuman-kuman di tenggorokan. Selain itu juga ampuh menghilangkan lendir pada tenggorokan. Biasanya tenggorokan akan terasa lega begitu dahak dapat dikeluarkan.

4. Garam

Larutan air garam merupakan obat kumur alami radang tenggorokan yang sudah lama populer. Anda hanya membutuhkan satu gelas air putih hangat dan garam sebanyak 1/4 sendok teh. Gunakan air matang yang hangat yang bisa Anda jadikan air kumur.

Perlu diingat, penggunaan air dingin tidaklah efektif. Larutan garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan karena dapat menghilangkan dan menetralkan asam di tenggorokan. Garam sebagai obat alami radang tenggorokan juga dapat meredakan sensasi nyeri dan terbakar pada tenggorokan, serta membantu penyembuhan saluran tenggorokan Anda. Hanya saja perlu diingat bahwa larutan ini untuk berkumur, bukan ditelan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Tips Sehat Menjalani Puasa Saat Radang Tenggorokan

Saat puasa, daya tahan tubuh bisa turun. Anda pun jadi rentan kena radang tenggorokan. Nah, ini dia caranya agar tetap lancar puasa saat radang tenggorokan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hari Raya, Ramadan 19 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Minum Air Putih vs Infused Water Saat Puasa, Mana yang Lebih Baik?

Selama puasa, asupan cairan harian sebaiknya dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Nah, sebaiknya minum air putih atau infused water saat puasa?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 5 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Aturan Minum yang Benar Saat Sahur dan Buka Puasa

Supaya kebutuhan cairan Anda tetap terpenuhi dan tidak dehidrasi, cari tahu dulu aturan minum saat sahur dan berbuka puasa.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hari Raya, Ramadan 1 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

antibiotik untuk radang tenggorokan

Ciri-ciri Radang Tenggorokan yang Butuh Antibiotik dan yang Bisa Pakai Obat Biasa

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 8 September 2020 . Waktu baca 4 menit
madu untuk bayi

Usia Berapa Bayi Mulai Boleh Diberikan Madu?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 6 Agustus 2020 . Waktu baca 7 menit
bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
Apakah kandungan garam Himalaya lebih baik daripada garam dapur?

Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam Himalaya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 3 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit