Merawat Kaki Pecah-Pecah Agar Kembali Mulus, Ini Caranya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia

Merawat kaki pecah-pecah perlu diperhatikan untuk mempertahankan penampilan prima Anda. Kondisi ini pada umumnya muncul pada bagian tumit Anda ketika kulit terlalu kering hingga membentuk luka terbuka. Kalau sudah begini, Anda akan merasa kesakitan tiap kali berdiri atau berjalan. Pada kasus tertentu, kaki pecah-pecah bahkan bisa menyebabkan infeksi parah.

Apa penyebab kaki pecah-pecah?

Penyebab kaki pecah-pecah umumnya karena kekurangan kelembapan. Seringkali, penyebab khususnya tidak diketahui. Kaki Anda bisa menjadi sangat kering karena cuaca yang sangat panas atau dingin. Berikut ini adalah hal-hal yang mungkin menjadi penyebab kondisi ini:

Eksim

Jika kulit terasa gatal, kering, dan dengan garukan mulai mengelupas, Anda berarti mengalami eksim atau dermatitis. Ini merupakan penyakit kulit kronis yang membuat kulit meradang, gatal, kering, dan pecah-pecah. Kondisi ini biasanya menyerang kulit kepala, dahi dan wajah terutama pipi. Kondisi ini umum terjadi pada orang di segala usia. Dokter mungkin akan memberikan diagnosis melalui pemeriksaan medis.

Kutu air

Kulit kaki kering mungkin juga menjadi gejala kondisi kutu air atau tinea pedis. Kondisi tersebut terjadi ketika kaki Anda lembap atau terlalu lama mengenakan kaus kaki hingga berkeringat. Kutu air merupakan jamur yang bisa menyebar pada anggota keluarga atau teman yang berbagi handuk mandi.

Selain itu, menurut Institute for Preventive, kaki pecah-pecah juga mungkin disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  • Masalah biomekanik yang meningkatkan tekanan di area tumit
  • Terlalu lama berdiri, khususnya di lantai keras
  • Obesitas, yang meningkatkan tekanan pada tumit dan menyebabkan kulit meregang terlalu lebar
  • Mengenakan sepatu atau sandal yang terbuka pada bagian belakang.

Beberapa kondisi kesehatan lain juga bisa membuat kulit kaki pecah-pecah. Salah satunya adalah europati, yaitu kondisi yang menyebabkan penderita diabetes kehilangan kemampuan berkeringat hingga menciptakan kulit terlalu kering.

Tips merawat kaki pecah-pecah

Ada berbagai tips mudah untuk merawat kaki pecah-pecah agar kembali mulus. Berikut kumpulan tips dari College of Podiatry yang dirangkum National Health Service:

Cuci kaki lebih sering

Memastikan kaki Anda tetap bersih dengan mencucinya sesering mungkin adalah hal penting. Anda disarankan mencuci kaki Anda di air hangat dengan sabun. Jangan menggosok kaki Anda karena akan meghancurkan minyak alami pada kulit.

Hindari sabun yang mengandung alkohol, parfum, pewarna, atau zat-zat kimia lain yang memicu iritasi.

Keringkan kaki Anda

Keringkan kaki Anda setelah mencucinya, khususnya di sela-sela jari, di mana infeksi jamur kutu air bisa berkembang.

Gunakan pelembap

Gunakan krim pelembap untuk merawat kaki pecah-pecah. Oleskan pada seluruh bagian kaki Anda, termasuk di sela-sela jari.

Merawat kulit pecah-pecah juga bisa dengan menghapus lapisan kulit keras dengan lembut. Anda bisa melakukan ini dengan batu apung atau file kaki.

Potong kuku kaki dengan hati-hati

Potong kuku kaki Anda dengan pemotong kuku khusus jari. Gunting lurus melintang, jangan miring atau terlalu dalam. Ini dapat menyebabkan kuku kaki tumbuh ke dalam.

Belanja sepatu pada siang hari

Berbelanja sepatu pada siang hari lebih baik untuk mencegah kulit pecah-pecah. Kaki Anda akan membengkak seiring dengan berjalannya waktu dan kondisi kaki pada siang hari adalah masa di mana kaki berukuran paling besar.

Tips memilih alas kaki untuk kaki pecah-pecah

Memilih alas kaki juga tak kalah penting untuk merawat kaki pecah-pecah. Berikut tips yang mungkin berguna untuk Anda:

Batasi penggunaan sepatu hak tinggi

Kenakan sepatu hak tinggi hanya pada kesempatan tertentu. Jika Anda begitu ingin mengenakan sepatu ini, cobalah untuk menyesuaikan tinggi haknya.

Mengenakan sepatu hak tinggi lebih dari 5 cm dalam kegiatan sehari-hari bisa membuat kerusakan pada kaki Anda.

Gunakan sepatu sesuai dengan kegiatan

Untuk merawat kaki pecah-pecah, selalu kenakan sepatu yang tepat untuk kegiatan Anda. Jadi jangan pernah menggunakan sandal dengan sol tipis untuk mendaki gunung.

Gunakan alas kaki yang ukuran pas

Mengenakan sepatu dengan ukuran yang tidak sesuai dengan kaki Anda dapat menyebabkan gatal dan iritasi pada kulit Anda. Tanpa perawatan, kulit kaki kering dapat menebal dan terbuka hingga menciptakan kulit kaki pecah-pecah. Ini membuat kaki rentan terhadap infeksi.

Pastikan kaus kaki Anda pas, dengan memerhatikan lebar kaki dan pergelangan kaki Anda. Jika kaki Anda mengalami neuropati, pastikan tidak ada jahitan yang menonjol di dalam kaus kaki Anda yang dapat menggosok dan merusak kulit Anda.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 17, 2020 | Terakhir Diedit: Januari 16, 2020

Sumber