Atasi Stretch Mark pada Paha Bagian Dalam Anda dengan 5 Cara Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Fenomena stretch mark umum terjadi di kalangan ibu hamil dan orang yang turun berat badan secara drastis. Biasanya, semburat garis tipis ini muncul di bokong, perut, atau paha bagian dalam. Nah, supaya menurunkan kepercayaan diri Anda, simak cara menghilangkan stretch mark di paha bagian dalam berikut.  

Siapa yang rentan mengalami stretch mark?

menghilangkan stretch mark di peerut saat hamil

Sebelum mengetahui cara menghilangkan stretch mark di paha bagian dalam, ada baiknya Anda melihat dulu siapa saja yang berisiko mengalami hal ini.

Menurut American Academy of Dermatology, kemunculan stretch mark tidak terjadi pada semua orang. Faktor yang berperan penting adalah peningkatan hormon secara tiba-tiba dan riwayat keluarga yang pernah mengalami kondisi ini. 

Bila Anda menemukan stretch mark pada kulit, terutama paha bagian dalam, kemungkinan besar Anda sedang mengalami fase di bawah ini. 

  • Mengalami masa pubertas
  • Kehamilan
  • Mengalami kenaikan atau penurunan berat badan dengan cepat
  • Pertumbuhan otot yang cepat akibat sering melakukan latihan angkat beban

Pada awalnya, stretch mark muncul dengan warna merah, ungu muda, cokelat kemerahan, hingga cokelat tua tergantung warna kulit Anda. Anda juga bisa saja merasakan gatal ketika semburat garis ini mulai muncul. 

Meski stretch mark cenderung tak berbahaya, kondisi ini kadang bisa mengganggu penampilan sehingga menurunkan kepercayaan diri. Itu sebabnya, mengetahui cara menghilangkan stretch mark di paha bagian dalam bisa membantu Anda mengembalikan kepercayaan diri. 

Cara menghilangkan stretch mark di paha dalam

Sebenarnya, belum ada cara yang benar-benar bisa menghilangkan stretch mark, termasuk di paha bagian dalam. Akan tetapi, terdapat beberapa cara yang mungkin bisa membantu Anda untuk perlahan memudarkan semburat garis tersebut di paha bagian dalam Anda.

Beberapa produk yang ada dalam daftar berikut mungkin saja ampuh untuk Anda, namun tidak untuk orang lain, dan sebaliknya. Bila Anda merasa ragu, tanyakan kepada dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat. 

1. Mengoleskan gel vitamin E

gel kontrasepsi

Tahukah Anda bahwa vitamin E dapat meningkatkan produksi sel pada kulit Anda sehingga membantu memudarkan stretch mark?

Kandungan antioksidan pada vitamin E mempercepat pertumbuhan sel kulit. Hasilnya, sel kulit baru dapat memperbaiki jaringan akar yang rusak pada kulit yang terkena stretch mark. Semakin cepat pertumbuhan sel, semakin cepat pula stretch mark Anda memudar. 

Cara penggunaannya pun mudah. Anda cukup mengoleskan gel tersebut ke paha bagian dalam dan biarkan cairan tersebut diserap oleh kulit Anda. 

2. Rutin eksfoliasi

body scrub untuk mencerahkan kulit

Eksfoliasi merupakan salah satu cara menghilangkan stretch mark di paha bagian dalam. Cara ini membuang sel-sel kulit mati pada lapisan kulit terluar.

Bagi sebagian orang, eksfoliasi kulit terkadang sulit dilakukan karena justru membuat kulit memerah dan menimbulkan jerawat. 

Terdapat dua jenis eksfoliasi kulit, yaitu dengan menggunakan bahan kimia dan alat tertentu. Keduanya bisa Anda pilih berdasarkan jenis kulit Anda. 

  • Eksfoliasi dapat dilakukan dengan beberapa alat untuk mengangkat sel kulit mati, seperti sikat atau sponge
  • Eksfoliasi dengan menggunakan bahan kimia biasanya memakai produk yang mengandung asam hidroksi untuk mengangkat sel kulit mati dengan lembut. 

3. Mikrodermabrasi

mikrodermabrasi

Selain eksfoliasi, pengangkatan sel kulit mati untuk menghilangkan stretch mark di paha bagian dalam dapat dilakukan dengan cara mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi dilakukan dengan menyemprotkan butiran kristal yang sangat kecil pada permukaan kulit Anda. Metode ini biasa digunakan oleh wanita yang berumur lebih dari 40 tahun dan memiliki kulit yang tebal. 

Selain itu, mikrodermabrasi terbilang cukup lembut di kulit dan tidak meninggalkan bekas luka. Akan tetapi, kulit Anda mungkin akan terasa lebih kencang, terlihat memerah, dan kering setelah melakukan mikrodermabrasi. Oleh karena itu, usahakan agar prosedur ini dilakukan oleh para ahli yang sudah tersertifikasi. 

4. Terapi laser

menghilangkan bulu

Pada tahun 2017, terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan khasiat dari terapi laser untuk menghilangkan stretch mark di kulit. Penelitian tersebut diperlihatkan bahwa terapi laser efektif untuk memudarkan semburat garis pada kulit, terutama paha bagian dalam. 

5. Olahraga dan minum air putih 

olahraga minum air kelapa manfaat

Dengan berolahraga, darah Anda terpompa dengan lebih lancar ke seluruh tubuh. Hal tersebut membuat sel kulit Anda mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh stretch mark

Tidak hanya itu, sirkulasi darah yang baik juga bisa membantu memudarkan bekas peregangan setelah berolahraga. Cara ini juga bisa dibantu dengan minum air putih yang banyak agar tetap terhidrasi. 

Semburat garis tipis yang menonjol di kulit paha Anda memang permanen dan akan sulit untuk dihilangkan. Akan tetapi, berbagai cara menghilangkan stretch mark bisa dilakukan setidaknya untuk memudarkan warna garis tipis di paha dalam Anda dan menyamarkannya.

Jika kondisinya semakin parah dan tidak memudar, cobalah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat.  

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca