Flu dan batuk biasa jadi penyakit langganan ketika sudah memasuki musim pancaroba. Dua penyakit ini bisa muncul bersamaan karena ekstra lendir yang diproduksi paru sudah naik hingga ke tenggorokan. Jangan biarkan flu dan batuk sampai menggangggu aktivitas Anda. Yuk, lindungi diri selama pergantian musim ini supaya tidak ikut tertular sakit!

Jurus menangkis serangan flu dan batuk di musim pancaroba

Flu dan batuk adalah kombinasi penyakit yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Untuk mencegahnya, berikut yang bisa Anda lakukan mulai sekarang.

1. Cuci tangan pakai sabun

Tangan kita adalah hunian ideal bagi kuman dan bakteri penyebab penyakit. Setidaknya ada kurang lebih 5 ribu bakteri yang hidup di permukaan tangan kita setiap saat. Nah, itu kenapa kita mudah jatuh sakit kalau jarang cuci tangan.

Cuci tangan adalah salah satu cara paling jitu untuk mencegah penularan flu dan batuk. Namun caranya tentu tidak bisa asal basuh pakai air saja. Anda perlu tahu cara cuci tangan yang benar, yaitu dengan menggosok-gosokkan tangan pakai sabun selama 20 detik. Gosok sampai ke sela kuku dan buku-buku jari dan bilas bersih dengan air mengalir. Terakhir, keringkan dengan baik.

Jika tidak sempat cuci tangan atau tidak punya sumber air bersih, Anda bisa menggunakan hand sanitizer. Selalu siapkan pembersih kilat ini di dalam tas Anda saat pergi kemana pun.

2. Makan sehat dan banyak minum air putih

Menjaga pola makan teratur dapat membantu tubuh meningkatkan sistem imun guna melawan virus flu.

Lengkapilah kebutuhan gizi harian Anda dengan asupan nutrisi seperti antioksida, vitamin C, zink, protein, dan probiotik dari sumber makanan sehat. Misalnya ikan, keluarga jeruk, telur, yogurt, susu, dan lainnya.

Jangan lupa untuk banyak minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh supaya tidak dehidrasi.

3. Istirahat yang cukup

Beraktivitas boleh, tapi sebisa mungkin jangan sampai memforsir tubuh tanpa rehat sama sekali. Selain membuat Anda cepat stres, kesibukan tanpa batas akan membuat Anda kekurangan waktu tidur.

Kombinasi kedua hal ini dapat membuat Anda gampang jatuh sakit. Maka dari itu, jangan nomorsekiankan pentingnya istirahat. Pastikan Anda cukup tidur setiap malam karena tidur cukup akan membantu tubuh mengisi ulang stamina untuk keesokan hari. Artinya Anda bisa lebih kebal dari berbagai macam penyakit.

4. Olahraga

Mengutip WebMD, American Council on Exercise menyatakan bahwa olahraga rutin dapat membantu mencegah Anda dari berbagai risiko penyakit lewat banyak cara tak terduga

Olahraga membantu tidur lebih nyenyak, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan mood sehingga pada akhirnya ikut meningkatkan stamina tubuh tubuh. Sebuah penelitian dari University of Utah menunjukkan bahwa olahraga satu menit setiap hari saja bisa membawa dampak positif yang nyata dalam hidup Anda.

Ada banyak olahraga ringan yang bisa Anda pilih jika ingin mulai mencoba hidup lebih sehat, misalnya jogging atau jalan kaki. Semakin rutin Anda berolahraga, semakin besar manfaat yang didapat.

5. Kurangi kontak langsung dengan orang sakit

Jika ada teman atau anggota keluarga di rumah yang sedang sakit, ada baiknya Anda membatasi interaksi langsung dengan orang tersebut. Anda bisa meminta orang yang sakit untuk istirahat dulu sampai kondisinya pulih dan memakai masker sementara.

Anda juga sebaiknya tidak sering menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan dan langsung cuci apabila Anda harus merawat orang yang sakit flu.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca