Minyak jojoba banyak ditemukan dalam berbagai produk kecantikan dan perawatan rambut. Minyak yang satu ini disebut-sebut memiliki serangkaian manfaat yang dapat menyehatkan dan mempercantik rambut. Namun, seberapa efektif minyak ini dalam membuat rambut lebih sehat dan berkilau?

Kandungan minyak jojoba yang baik untuk rambut

Minyak jojoba adalah cairan minyak seperti lilin yang diekstrak dari biji tanaman jojoba. Tanaman ini merupakan jenis semak asli Amerika Serikat di bagian barat daya, tepatnya tumbuh di daerah gurun Arizona, California selatan, dan Meksiko. Jenis minyak yang satu ini kaya akan vitamin dan mineral yang mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, tembaga, dan juga zink.

Vitamin C

Terkena radikal bebas dari polusi dan asap kendaraan bermotor dapat menyebabkan kerusakan sel di dalam rambut. Nah, vitamin C berperan sebagai antioksidan yang menangkal dan mencegah radikal bebas yang bisa menyebabkan rambut beruban lebih cepat dan juga rontok.

Vitamin B kompleks

Biotin dan asam pantotenat (vitamin B5) sama-sama memiliki manfaat yang menakjubkan untuk rambut. Biotin mampu mengembalikan rambut yang telah rusak akibat terlalu sering keramas, terkena sinar matahari, dikeringkan dengan pengering rambut, dan dicatok. Sementara vitamin B5 mampu merangsang kelenjar adrenal yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut.

Vitamin E

Sama seperti vitamin C, vitamin E mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas sehingga mencegah kerontokan rambut. Selain itu, vitamin E juga dapat mempertahankan aliran darah ke rambut tetap baik yang bagus untuk pertumbuhannya.

Bahkan, dikutip dari Healthline, vitamin E mampu melindungi lapisan pelindung rambut yang membuatnya tetap bercahaya, selain itu juga membantu kulit rambut tetap lembap.

Tembaga copper

Tembaga membantu produksi pigmen melanin yang dapat mencegah rambut beruban sebelum waktunya. Selain itu, tembaga juga membantu membangun kembali pembuluh darah kapiler di sekitar folikel sehingga aliran nutrisi dari darah dapat sampai dengan maksimal ke rambut.

Zink

Zink membantu mengobati berbagai masalah rambut yang bisa menyebabkan kerontokan seperti telogen effluvium dan alopecia areata. Zink bermanfaat untuk memperkuat folikel rambut, mencegah kerusakannya, dan mempercepat pemulihan folikel rambut yang telah rusak.

Seberapa efektif minyak jojoba untuk rambut?

minyak untuk rambut

Minyak jojoba banyak digunakan sebagai bahan tambahan untuk produk kosmetik dan juga makanan. Berbagai produk yang paling banyak mengandung minyak jojoba yakni produk perawatan rambut, kulit, dan juga kuku. Lantas, seberapa efektif minyak jojoba untuk merawat rambut?

Minyak jojoba sebagai pelembap rambut sudah terbukti manfaatnya secara ilmiah. Dikutip dari Healthline, beberapa produk perawatan rambut juga telah memasukkan minyak jojoba sebagai bahan pokok untuk sampo dan kondisioner. Penelitian membuktikan bahwa minyak yang satu ini mampu mencegah kerusakan rambut dan memperkuatnya. Selain itu, bahan yang satu ini juga bisa mengatasi ketombe, kulit kepala kering, dan kulit kepala gatal.

Namun, manfaat minyak jojoba sebagai bahan yang dapat merangsang pertumbuhan rambut belum bisa dibuktikan oleh penelitian. Penelitian menunjukkan minoxidil dan minyak esensial peppermint lebih berhasil mengatasi kerontokan dibandingkan dengan minyak jojoba.

Oleh karena itu, jika Anda berencana menggunakan minyak ini untuk menumbuhkan rambut, lebih baik menggantinya dengan berbagai bahan lain yang lebih ampuh. Namun, jika Anda membutuhkan minyak ini untuk memperkuat, menghaluskan, dan meningkatkan kilau rambut maka minyak jojoba menjadi pilihan yang tepat.

Cara mengaplikasikan minyak jojoba untuk rambut

cara merawat rambut alami

Pakai langsung pada rambut

Anda bisa menggunakan minyak jojoba langsung ke helaian rambut. Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah menghangatkan minyak agar lebih mudah dipakai. Masukkan minyak ke dalam panci kecil atau mangkuk.

Ambil satu sendok makan minyak untuk Anda yang berambut pendek dan dua sendok makan untuk yang berambut panjang. Panaskan mangkuk atau panci di atas kompor maupun microwave hingga hangat. Kemudian, ambil minyak dan usapkan secara merata pada setiap helaian rambut hingga ke ujung. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan menggunakan sampo.

Ingat, jangan memakainya ke kulit kepala langsung agar pori-pori kepala tidak tersumbat. Namun, jika Anda menggunakan minyak ini untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala yang kering, pakai 1 hingga 2 tetes saja untuk seluruh kulit kepala.

Menambahkan ke produk perawatan rambut

Selain menggunakannya secara langsung, Anda juga bisa menambahkan 3 hingga 5 tetes minyak pada sampo atau kondisioner Anda. Kemudian pastikan untuk membilasnya hingga bersih hingga tidak ada sisa minyak, sampo, dan juga kondisioner yang menempel di rambut maupun kulit kepala.

Menggunakan produk yang mengandung minyak jojoba

Untuk memudahkan, Anda juga bisa tetap mendapatkan manfaat dari minyak ini dengan membeli produk perawatan rambut yang mengandung minyak jojoba. Usahakan untuk mencari produk sampo, kondisioner, ataupun masker yang menjadikan minyak jojoba sebagai bahan utama.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca