Pilihan Obat Radang yang Efektif Mengatasi Sakit Tenggorokan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
Bagikan sekarang

Sakit tenggorokan adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami banyak orang. Gangguan ini disebabkan adanya peradangan pada tenggorokan. Akibatnya, Anda merasa tidak nyaman karena tenggorokan terasa panas, kering, dan nyeri sehingga  kesulitan untuk menelan atau berbicara. Untungnya, terdapat berbagai obat alami ataupun obat apotek yang bisa digunakan untuk meredakan radang yang menyebabkan sakit di tenggorokan.

Obat radang alami untuk mengurangi sakit tenggorokan

Peradangan yang menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Namun, penyebab utama dari radang tenggorokan adalah infeksi virus yang menjadi penyebab  pilek, flu, campak, cacar, dan demam kelenjar.

Radang tenggorokan akibat bakteri biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pyogenes. Penyakit ini disebut dengan strep throat. Terlepas dari itu, alergi, udara kering, polusi udara, naiknya asam lambung juga, dan cedera dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

Secara umum, sakit tenggorokan biasanya akan mereda dengan sendirinya dalam waktu kurang dari seminggu. Terutama yang disebabkan oleh infeksi virus, alergi, atau cedera ringan.

Menurut American Academy of Otolaryngology, perawatan melalui obat alami dan apotek untuk sakit tenggorokan bisa dicoba untuk meringankan gejala sekaligus mempercepat pemulihannya.

butuh minum air putih 8 gelas

1. Air garam

Berkumur dengan air garam hangat merupakan cara mengobati radang tenggorokan alami yang terbukti ampuh dalam membantu meredakan nyeri dan rasa panas dari sakit tenggorokan.

Berkumur air garam beberapa kali sehari dapat meredakan bengkak, mencairkan dahak menggumpal, serta membantu membasmi bakteri di tenggorokan sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan Anda saat menelan.

Untuk membuat obat radang alami untuk mengatasi sakit tenggorokan ini, Anda cukup mencapur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik.

Keluarkan, dan ulangi kumur air garam 3-4 kali dalam sehari. Cara mengobati sakit tenggorokan secara alami ini sebaiknya rutin dilakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Air putih

Jika Anda mengalami radang tenggorokan, Anda perlu minum lebih banyak cairan untuk bisa meringankan rasa sakitnya. Menjaga asupan cairan tubuh adalah bagian penting dari mengobati sakit tenggorokan akibat radang secara alami.

Ketika Anda kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembap. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk.

Maka dari itu, Anda harus memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi agar kondisi tenggorokan tetap lembab. Cara yang paling mudah adalah dengan memperbanyak minum air putih. Untuk secara maksimal memulihkan kondisi tubuh setidaknya Anda perlu minum 2 liter air putih dalam sehari.

Selain air putih, kebutuhan cairan tubuh juga bisa didapatkan dari konsumsi sup kaldu, jus buah, atau teh.

4. Madu dan perasan lemon

Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi pembengkakan serta rasa tidak nyaman pada saluran tenggorokan.

Sementara, lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C. Lemon juga memiliki kandungan astringen yang dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan.

Astringen yang terdapat lemon dapat meredakan pembengkakan pada tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

Untuk mengolah kedua bahan alami ini menjadi obat sakit tenggorokan, Anda cukup campurkan 2 sendok madu dan perasan lemon secukupnya ke dalam secangkir air hangat atau teh. Namun, patut diingat  madu sangat tidak dianjurkan untuk anak dibawah umur 1 tahun.

5. Cuka apel dan garam

Jika tenggorokan Anda meradang akibat batuk hebat, atasi dengan 1 sendok makan cuka apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Jika diperlukan, gunakan campuran bahan ini sebagai obat kumur alami untuk mengatasi radang yang menyebabkan sakit di tenggorokan.

Ramuan obat alami untuk radang tenggorokan dari cuka apel juga bisa dibuat dengan mencampurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu. Kemudian, kumur menggunakan ramuan tersebut setiap empat jam.

Cuka apel bersifat asam sehingga dapat menciptakan lingkungan yang menghambat virus dan bakteri untuk memperbanyak diri dan bertahan hidup.

6. Kunyit

Rempah kuning ini merupakan agen antioksidan yang sangat kuat. Kunyit juga bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius, termasuk sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan akibat radang.

Untuk membuatnya, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Setelah itu, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari supaya obat alami ini dapat bekerja lebih optimal.

Selain sebagai obat kumur untuk radang tenggorokan, kunyit juga bisa ditambahkan pada secangkir teh yang dicampurkan pada madu dan lemon.

7. Kayu manis

Tidak hanya sebagai bumbu masakan atau kue, kayu manis ternyata juga bisa menjadi obat yang manjur untuk mengatasi sakit tenggorokan akibat radang.

Pasalnya, kayu manis memiliki sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Dengan begitu, kayu manis membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.

Untuk menjadikan kayu manis sebagai obat sakit tenggorokan, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Setelah itu, campurkan dua sendok teh madu.

Selama minuman ini masih panas, hirup uap airnya, dan setelah airnya sudah menghangat Anda bisa mengonsumsinya. Selain itu, Anda bisa minum ramuan alami ini 2-3 kali sehari selama seminggu.

8. Teh herbal

Teh yang kaya akan kandungan antioksidan dapat membantu melawan infeksi virus dan bakteri di tenggorokan. Tubuh membutuhkan antioksidan ini untuk membangun sistem imun yang lebih kuat dan memperbaiki jaringan yang telanjur rusak akibat infeksi tersebut.

Tidak hanya itu, teh hangat yang diminum rutin juga dapat membantu mengencerkan lendir yang berkumpul di tenggorokan. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari dehidrasi dan risiko iritasi tenggorokan yang semakin parah.

Teh jahe sering kali diandalkan untuk mengobati radang tenggorokan. Bukan cuma menghangatkan tubuh, sensasi pedas manisnya juga dapat menenangkan tenggorokan yang iritasi saat radang.

Gingerol dan fenol, dua senyawa kimia yang terkandung dalam jahe ini bersifat antinyeri dan bisa meredakan rasa sakit. Karena itulah, manfaat teh jahe untuk mengobati radang tenggorokan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Selain teh jahe, terdapat jenis teh herbal lainnya yang memiliki manfaat serupa dalam mengobati sakit tenggorokan akibat radang seperti:

  • Teh hijau
  • Teh licorice
  • Teh chamomile
  • Teh peppermint

Pilihan obat radang tenggorokan di apotek

obat untuk osteoarthritis

Selain melalui berbagai obat alami, Anda juga dapat mengatasi peradangan di tenggorokan dengan obat-obatan yang dijual bebas di apotek atau toserba terdekat. Obat-obatan yang dapat diperoleh di apotek ini bisa digunakan ketika cara pengobatan alami untuk sakit tenggorokan tidak juga membuat kondsi Anda membaik.

Berikut ini beberapa pilihan obat di apotek yang bisa membantu meringankan gejala sakit tenggorokan akibat radang yang Anda alami:

1. Obat pereda nyeri

Jika Anda baru terkena sakit tenggorokan dan mengalami gejala seperti demam, pegal linu, dan tubuh lemas, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang bisa dibeli di apotek. Pilihlah obat golongan NSAID, seperti aspirin, parasetamol, atau ibuprofen.

Obat antinyeri ini dalah kombinasi dari penghilang rasa sakit dan antiperadangan. Obat ini bekerja dengan menghambat proses peradangan. Contohnya,  aspirin bekerja menghambat enzim yang memproduksi dan mengatur kerja prostaglandin, sebuah senyawa dalam tubuh yang diproduksi saat terjadi peradangan.

Manfaat lainnya dari obat antinyeri adalah membantu mengurangi bengkak, demam, dan rasa sakit di tenggorokan akibat radang.

Dalam mengonsumsinya, pastikan Anda membaca pentunjuk dan aturan dosis penggunaan yang tertera pada kemasan obat.

Penting untuk diketahui anak-anak yang berusia di bawah 16 tahun sebaiknya tidak boleh mengonsumsi obat aspirin. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan parasetamol. Parasetamol juga bisa jadi pilihan alternatif bagi anak-anak yang mungkin tidak bisa mengonsumsi ibuprofen.

2. Obat antibiotik

Jika sakit tenggorokan yang Anda alami disebabkan karena bakteri, Anda dapat mengonsumsi antbiotik. Namun ingat, penggunaan antibiotik yang paling aman harus dalam pengawasan dokter. Maka dari itu, biasanya diperlukan resep dari dokter untuk mengetahui dosis yang tepat.

Dalam mengobati sakit tenggorokan yang diakibatkan radang dengan antibiotik, pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dengan aturan. Antibiotik untuk radang tenggorokan tetap perlu dihabiskan meski kondisi Anda sudah membaik atau gejala sudah menghilang.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah kekebalan bakteri dan menyebarnya infeksi ke bagian lain tubuh lain yang dapat memperparah kondisi Anda.

Jika antibiotik dihentikan, obat bisa tidak lagi ampuh menghentikan radang yang diakibatkan infek bakteri dan menyebabkan sakit tenggorokan kambuh lagi.

3. Methylprednisolone

Methylprednisolone untuk radang tenggorokan merupakan jenis obat kortikosteroid. Methylprednisolone untuk radang tenggorokan bisa berupa tablet ataupun suntikan. Obat ini hanya bisa diperoleh melalui resep dokter.

Pada umumnya, methylprednisolone digunakan untuk meredakan nyeri dan gejala alergi, asma, penyakit Crohn, ulseratif kolitis, serta jenis-jenis kanker tertentu. Namun, dokter biasa meresepkan methylprednisolone untuk mengatasi radang tenggorokan.

Sebagai obat antiradang, methylprednisolone bekerja dengan cara mencegah jaringan tubuh merespon proses inflamasi (peradangan) dan menghambat bertumbuhnya jumlah sel yang terinflamasi. 

4. Naproxen

Naproxen adalah obat radang tenggorokan yang berkhasiat mengurangi rasa sakit nyeri ketika Anda menelan makanan ke dalam perut. Naproxen juga ini dikenal sebagai obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID). Obat sakit tenggorokan ini bekerja dengan menghambat produksi zat tertentu yang menyebabkan peradangan dalam tubuh.

5. Permen pelega tenggorokan (lozenges)

Beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di pasaran juga bisa menjadi obat untuk mengurangi rasa sakit akibat radang.

Kebanyakan peremen pelega tenggorokan mengandung ekstrak mentol, peppermint, atau eucalyptus. Kandungan tersebut bisa memberikan efek sejuk sekaligus sensasi hangat di tenggorokan Anda.

Ketiga bahan alami ini juga mengandung properti antiperadangan, antibakteri, dan antivirus yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Di samping manfaat ini, permen pelega tenggorokan juga berfungsi meningkatkan produksi air liur dan menjaga tenggorokan Anda tetap basah. Khasiat permen ini bisa membantu meningkatkan kelembapan pada tenggorkan yang terasa kering dan perih.

Jika gejala sakit tenggorokan malah bertambah parah meskipun sudah mengonsumsi obat alami dan apotek, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Dokter akan memberikan obat sakit tenggorokan yang sesuai dengan penyebab dan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Boleh Makan Es Krim saat Radang Tenggorokan?

Bolehkah makan es krim saat sedang radang tenggorokan? Jawabannya boleh, namun tidak untuk semua es krim. Ketahui jenis-jenis es krimnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Hidup Sehat, Fakta Unik 9 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

Bisakah Kunyit Digunakan untuk Meredakan Radang Tenggorokan?

Kunyit untuk radang tenggorokan menjadi obat alami yang dapat dikonsumsi siapa saja. Zat antibakteri dalam kunyit mampu menyembuhkan radang tenggorokan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Tips Sehat 22 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Mengulik Penyebab dan Cara Cepat Mengobati Sariawan di Tenggorokan

Sariawan yang muncul di tenggorokan tidak cuma membuat kita malas berbicara. Minum dan menelan ludah pun rasanya sakit minta ampun. Harus bagaimana, dong?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 15 September 2019 . Waktu baca 7 menit

Sudah Sembuh dari Batuk, Kenapa Tenggorokan Masih Gatal dan Sakit?

Kadang tenggorokan tetap masih terasa gatal sampai sakit meski batuk sudah sembuh. Bisa jadi, ini hal wajar. Namun, bisa juga disebabkan hal lain. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Batuk, Kesehatan Pernapasan 8 Agustus 2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

antibiotik untuk radang tenggorokan

Antibiotik untuk Radang Tenggorokan, Kapan Perlu Mengonsumsinya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
penyakit tenggorokan musiman

5 Penyakit Musiman yang Mengganggu Tenggorokan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 1 September 2020 . Waktu baca 6 menit
puasa saat radang tenggorokan

7 Tips Sehat Menjalani Puasa Saat Radang Tenggorokan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
permen pelega tenggorokan

Jangan Asal Pilih Permen Pelega Tenggorokan, Pastikan Ada Kandungan Ini

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 24 April 2020 . Waktu baca 4 menit