4 Cara Memperbaiki Bentuk Kaki O

Oleh

Bentuk kaki O atau genu varum, umumnya banyak terjadi pada anak- anak usia 2-6 tahun, bahkan orang dewasa. Penderita penyakit ini biasanya menunjukkan bentuk kaki dengan lutut dan tulang yang memiliki bentuk melengkung keluar, sehingga menyerupai bentuk huruf O, membuat seseorang berjalan tidak seimbang. Penyebab kaki O bisa disebabkan oleh kondisi bawaan lahir, pertumbuhan tulang yang tidak sempurna, bahkan obesitas sejak dini.

Kebanyakan penderita kaki O tidak melakukan perawatan atau treatment khusus untuk memulihkannya. Kondisi ini cukup berpengaruh pada kondisi kenyamanan pinggul, lutut dan daerah kaki penderita kaki O. Lambat laun, penyakit kaki O akan memengaruhi gaya berjalan dan dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Adakah cara untuk memulihkan kaki dengan berbentuk O? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

BACA JUGA: Apa yang Menyebabkan Bentuk Kaki O dan X? 

1. Bedah osteotomi

Untuk memulihkan kaki O, umumnya seseorang harus melakukan bedah osteotomi (bedah sendi lutut). Pertama, Anda membutuhkan pemeriksaan X – ray untuk mengetahui letak tulang dan kondisi tulang lutut yang tidak selaras. Prosedur pembedahan ini dilakukan dengan memotong tulang lutut  lalu tulang dibentuk kembali dengan postur yang benar. Bedah osteotomi ini memerlukan biaya yang tidak sedikit dan membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama.

BACA JUGA: Merawat Pasien yang Baru Menjalani Operasi Tulang 

2. Metode terapi

Terapi ini umumnya dilakukan oleh terapis profesional dan kebanyakan digunakan bagi penderita kaki O yang masih berusia anak-anak. Salah satu metode yang Anda bisa coba adalah dengan meluruskan kaki dan kemudian membungkuk hingga dada dan lutut bertemu. Bila dilakukan dengan rutin, akan berdampak baik pada kaki penderita kaki O.  Bagi penderita dewasa yang  melakukan pelatihan ini tidak akan menghasilkan hasil yang signifikan, karena membutuhkan perawatan medis yang lebih serius, namun latihan ini masih dapat membantu bagi orang dewasa pasca operasi.

3. Yoga

Yoga adalah jenis latihan yang tujuan utamanya adalah untuk membuat tubuh lebih fleksibel, jenis latihan ini adalah latihan yang cukup berdampak untuk memulihkan bentuk kaki O. Gerakan yoga yang menggabungkan kelenturan anggota tubuh diyakini dapat memperbaiki stulang atau postur tubuh yang bermasalah. Latihan yoga baik digunakan oleh penderita genu varum dewasa karena memerlukan pemahaman pola gerakan yoga dan fokus yang tinggi.

4. Pilates

Gerakan pilates sedikit mirip dengan gerakan yoga, berguna membantu untuk memperbaiki postur tubuh dan keselarasan tubuh. Latihan  dilakukan dengan postur tubuh, lengan dan kaki seperti balerin,a dan melakukan roll-up, dapat membantu untuk memperkuat otot-otot kaki.

Gerakan dimulai dengan berbaring di atas matras dengan menggunakan kaitan karet kuat penahan di ujung matras, sangkutkan kaki pada karet pengait.  Baringkan tubuh pada matras, posisikan kedua kaki sejajar lalu mulai gerakan sit up tanpa melepas posisi kaki yang sejajar. Lakukan secara rutin, gerakan ini bertujuan membantu melatih area lutut ke bawah menjadi lurus sejajar.

BACA JUGA: Apa Bedanya Yoga dan Pilates, dan Mana yang Cocok untuk Saya?

Yang juga perlu Anda baca