Tips Memilih Sepatu Bola yang Tepat Agar Jadi Bintang di Lapangan Hijau

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Bagi banyak orang, brand, warna, dan motif menjadi faktor utama dalam membeli sepatu untuk bertanding — untuk menarik semua mata memandang. Namun di luar itu, teknik permainan yang mumpuni harus juga didukung dengan pemilihan sepatu bola yang tepat. Sepatu yang baik dapat menjadi faktor penentu kalah-menangnya tim Anda.

Berikut ini adalah cara memilih sepatu bola yang tepat dari sisi kesehatan.

Seperti apa sepasang sepatu bola yang baik untuk dipakai bertanding?

Sebelum membeli sepatu bola baru, sebaiknya pertimbangkan dulu berbagai hal di bawah ini agar tak mengancam performa Anda di lapangan nanti.

1. Sesuai dengan ukuran kaki

Sepatu bola dirancang khusus untuk bermain sepak bola. Jadi, pastikan untuk tidak menggunakan sepatu untuk olahraga lain karena dapat membuat Anda cedera. Sepatu bola dirancang dengan bantalan atau sol ekstra keras dan memiliki efek peredam getaran yang ditimbulkan.

Sepatu bola yang bagus harus pas dengan bentuk kaki Anda. Istilah ini disebut glove like fit, yakni sepatu yang Anda pakai benar-benar membungkus kaki Anda layaknya sarung tangan membungkus tangan Anda. Pilih ukuran yang pas sesuai ukuran dan bentuk telapak kaki Anda, namun sisakan jarak kira-kira sebesar 5mm di depan ujung jari. Tujuannya untuk mencegah cedera pada jari.

2. Jenis sol (stud) harus sesuai dengan jenis lapangan

Untuk performa terbaik, sol sepatu bola Anda harus sesuai dengan kondisi lapangan tempat Anda bertanding. Kesalahan memilih tapak sepatu (studs) dan memainkannya tidak pada permukaan lapangan yang tepat dapat mengakibatkan cedera.

Misalnya lapangan yang dengan permukaan keras, gunakan sol dengan studs ukuran pendek dan tidak runcing. Biasanya studs jenis ini terbuat dari plastik atau karet dengan jumlah 10-14 studs.

Untuk lapangan dengan permukaan yang lembut atau soft ground, Anda bisa memilih sepatu dengan studs panjang dan runcing. Sepatu jenis ini cocok untuk lapangan yang basah dan berlumpur. Untuk jenis lapangan ini, biasanya stud terbuat dari besi atau karbon dengan jumlah sekitar 4-6 buah. Sedangkan untuk jenis lapangan rumput alami yang tidak terlalu sering terkena hujan, gunakan sepatu khusus firm ground.

5. Coba pakai di toko

Layaknya beli mobil yang harus test drive dulu, demikian juga sepatu. Begitu selesai pilih motif, ukuran, warna, dan jenis solnya sesuai dengan minat Anda, langsung coba di tempat.

Cobalah berjinjit dan berlari-lari kecil. Selain itu, usahakan Anda membeli sepatu pada sore hari. Pasalnya, ukuran kaki akan melar mencapai ukuran terbesarnya setelah Anda banyak beraktivitas seharian.

Selamat memborong sepatu bola baru!

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca