10 Sifat Unik Pria yang Diam-Diam Memikat Hati Wanita

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Setiap wanita memiliki kriteria pria idamannya masing-masing. Namun umumnya, wanita akan mencari calon suami yang baik, mandiri, mapan, bertanggung jawab, juga penyayang. Nah di samping karakteristik pria idaman utama tersebut, ternyata ada beberapa sifat pria lainnya yang tanpa sadar juga bisa bikin hati wanita luluh. Penasaran?

Pria idaman wanita itu seperti apa, sih?

1. Cool dan berkarisma

meningkatkan libido pria

Dilansir dari Everyday Health, Tim peneliti dari University of British Columbia di Vancouver, Canada, menemukan bahwa wanita pada umumnya lebih mudah terpikat pada pria yang memiliki pembawaan diri “dingin”. Terkesan cuek, tapi tegas berkarisma. Bayangkan saja Rio Dewanto, Idris Elba, atau Kim Woo Bin.

Kata Tina B. Tessina, PhD, seorang psikoterapis dan penulis The Unofficial Guide to Dating Again, “Aura bad boy memiliki pesona dan daya tariknya tersendiri. Banyak wanita yang terpikat pada kekuasaan, seperti pria tertarik pada kecantikan.”

2. Tubuh bugar dan tidak gampang sakit

makanan untuk kesuburan pria

Ya! Memiliki tubuh bugar dan daya tahan tubuh yang kuat tanpa disadari bisa menjadi poin plus bagi kaum Adam.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evolution and Human Behavior menunjukkan bahwa wanita lebih cenderung mencari laki-laki yang memiliki tubuh bugar untuk dijadikan pasangan hidupnya. Semakin bugar penampilan lelaki tersebut, maka akan semakin memesona di mata perempuan.

Studi lainnya yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications menemukan bahwa pria bertubuh bugar dengan kadar hormon testosteron tinggi memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Pria bugar juga cenderung memiliki fitur wajah yang lebih maskulin dan disukai wanita, seperti rahang yang kuat dan alis tebal.

3. Tutur bicaranya jelas dan bersemangat

pria lebih muda

Bagi beberapa wanita, meski topik pembicaraannya tidak begitu menarik mereka bisa terus tulus mendengarkan pria berbicara apabila gaya bicaranya jelas. Jika Anda bisa menyampaikan opini Anda dengan suara yang mantap, bersemangat, dan tidak lupa juga didukung oleh pengetahuan yang mumpuni soal topik tersebut (alias tidak asal ngomong), ini bisa membuat wanita makin tertarik dengan pria tersebut.

Pria yang passionate biasanya bisa bicara dengan percaya diri karena memiliki prinsip dan keyakinan tentang hal-hal yang mereka katakan. Mereka tahu pasti di mana keberpihakan mereka terhadap isu-isu yang dirasa penting bagi mereka.

5. Bisa menghidupkan suasana

dari teman jadi pacar

Pria idaman wanita adalah yang mampu membangun percakapan dengan orang lain tanpa canggung. Kenapa? Karena pria seperti ini cenderung lebih bisa menghidupkan suasana dengan membuat sesi ngobrol lebih panjang dan tidak monoton. Dengan begitu, akan ada banyak hal yang lebih bisa didiskusikan oleh Anda berdua.

6. Punya konsentrasi tinggi

semangat kerja di kafe

Kebanyakan wanita cenderung lebih tertarik pada pria yang bisa fokus mengerjakan sesuatu hal sampai selesai.

Sama seperti pria yang passionate, pria yang punya konsentrasi tinggi menunjukkan ke sekelilingnya bahwa ia paham benar tentang hal-hal yang mereka lakukan. Kita juga cenderung lebih tertarik pada orang-orang yang tidak gampang menyerah, dan rela meluangkan waktu untuk belajar memahami hal-hal yang tidak mereka ketahui sebelumnya.

7. Suka baca buku

Wanita umumnya lebih memilih pria yang lebih cerdas dan kreatif. Teori ini didukung oleh peneliti di University of California di Davis dalam jurnal Evolution & Human Behavior, setelah meminta wanita untuk meninjau video pria yang melakukan berbagai tugas verbal dan fisik.

Menjadi seorang kutu buku ternyata dapat menjadi poin plus bagi pria, karena kebanyakan wanita menganggap mereka sebagai orang yang bertanggung jawab, dapat diandalkan, cerdas, memiliki empati tinggi, dan juga dewasa. Hobi baca buku akan memperluas wawasan Anda terhadap dunia, sehingga memungkinkan Anda untuk membuka topik diskusi menarik yang tidak ada habisnya untuk orang-orang di sekitar.

8. Kontak mata yang intim

apa arti feminisme untuk laki-laki

Tatapan mata bisa menunjukkan sejuta emosi yang berbeda hanya dalam satu tampilan. Bahkan satu pandangan sekilas saja dapat memberi tahu banyak tentang karakter seseorang.

Itu kenapa kemampuan untuk membuat dan mempertahankan kontak mata adalah salah satu keterampilan sosial paling penting yang harus dimiliki pria idaman. Kontak mata yang intens menunjukkan Anda berusaha untuk menghargai, memahami, dan menunjukkan ketertarikan pada lawan bicara Anda. Kontak mata juga memberikan keintiman dalam obrolan Anda, dan membuat lawan bicara Anda lebih merasa terhubung dengan Anda.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa pria yang mampu membuat kontak mata intens dengan lawan bicaranya dianggap sebagai orang yang lebih dominan dan kuat; lebih hangat dan ramah; lebih menarik dan menyenangkan; lebih kompeten dan dapat dipercaya; jujur dan tulus; dan lebih percaya diri.

9. Punya selera humor yang bagus

cowok humoris

Tahukah Anda kalau pria lebih jarang tertawa daripada wanita? Ketika seorang pria berbicara dengan seorang wanita, ia tertawa 8% lebih sedikit daripada teman bicaranya.

Padahal, tersenyum dan tertawa saat bersosialisasi adalah tanda bahwa Anda adalah orang yang bahagia, supel, dan mudah diajak bicara. Tertawa membuat Anda tampak lebih menarik di mata orang lain. Itu kenapa pria idaman wanita adalah yang punya selera humor tinggi.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Psychology Today melaporkan bahwa wanita lebih suka pria yang bisa membuat mereka tertawa, sementara pria lebih memilih wanita yang akan tertawa ketika mendengar lelucon mereka. Yuk, tertawa sebelum tertawa itu dilarang!

10. Tidak gengsi kalau harus menangis

akibat depresi berkepanjangan

Perempuan identik sebagai orang yang lebih mudah menangis dibanding laki-laki. Ini karena laki-laki diajarkan sejak kecil untuk tidak menangis. Padahal, menangis bukan tanda cacat karakter atau kelemahan. Menangis adalah tanda Anda orang yang tangguh.

Menangis adalah salah satu ekspresi emosi alami manusia yang perlu diungkapkan. Orang bisa menangis karena bahagia, haru, marah, atau sedih. Jika terus dipendam, energi negatif yang seharusnya dikeluarkan menjadi menumpuk dan dapat mengganggu fungsi organ tubuh, termasuk otak.

Orang yang terbiasa memendam emosi dilaporkan lebih rentan terhadap penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychosomatic Research selama 12 tahun juga menunjukkan bahwa orang yang sering memendam perasaannya memiliki kemungkinan mati muda setidaknya 3 kali lebih besar dibandingkan dengan orang yang terbiasa mengekspresikan perasaannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

Saat berolahraga, tubuh Anda akan bergerak dan beraktivitas lebih intens dari biasanya sehingga Anda rawan mengalami 10 cedera olahraga berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kebugaran, Hidup Sehat 11 Juni 2020 . Waktu baca 8 menit

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Pilates Pemula

Pilates adalah olahraga yang umumnya dilakukan di studio khusus. Persiapan apa saja yang harus Anda punya sebelum melakukan olahraga pilates pertama kali?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Yoga & Pilates, Kebugaran, Hidup Sehat 22 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit

Tips dan Gerakan Push Up untuk Pemula

Melakukan push up untuk pemula pasti tidak mudah, apalagi bagi Anda yang baru memulai berolahraga. Simak tipsnya di sini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kebugaran, Hidup Sehat 12 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit

Yoga Sebaiknya Dilakukan Berapa Kali dalam Seminggu?

Olahraga yoga dapat menenangkan pikiran dan tubuh. Namun, dalam waktu seminggu, yoga sebaiknya dilakukan berapa kali, ya? Simak ulasannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Yoga & Pilates, Hidup Sehat 20 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gerakan senam otak

3 Gerakan Dasar Senam Otak untuk Tingkatkan Fokus dan Kreativitas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
kebugaran jantung

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
memaksa anak olahraga

Memaksa Anak Jago Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Serangan jantung bersepeda

Hati-hati Serangan Jantung Saat Bersepeda Terutama untuk Pemula

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 24 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit