Mengaku Punya Jiwa Kreatif? Coba Cek Dulu 6 Ciri Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kreativitas tinggi bisa jadi senjata andalan di tengah ketatnya persaingan dunia kerja. Orang kreatif sangat memahami potensi dirinya sendiri dan mampu melakukan berbagai hal  menarik yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh orang lain. Sebenarnya seperti apa, sih, orang yang kreatif itu? Yuk, simak ciri-ciri orang kreatif berikut ini. Mungkin Anda termasuk salah satunya.

Seperti apa, sih, ciri-ciri orang kreatif?

Banyak penelitian di bidang medis yang membenarkan bahwa berpikir kreatif sangat baik bagi kesehatan mental dan fisik seseorang. Mulai dari mengurangi stres dan kecemasan hingga meningkatkan kebugaran tubuh.

Namun dilansir dari Huffington Post, orang yang kreatif cukup sulit untuk digambarkan. Ini karena kreativitas melibatkan sejumlah proses berpikir, imajinatif, tindakan, dan emosi yang berbeda-beda pada setiap orang.

Walaupun tidak semua orang kreatif menunjukkan karakteristik yang sama, beberapa pakar sepakat bahwa ciri-ciri orang kreatif cenderung seperti berikut ini.

1. Suka berimajinasi, tapi tetap berpijak pada kenyataan

berpikir logis

Orang yang kreatif suka berangan-angan membayangkan hal yang kadang tidak terpikirkan oleh orang lain. Ini adalah ciri-ciri orang kreatif yang paling khas.

Orang yang kreatif cenderung menjadi seniman, baik itu penyair, musisi, penulis, atau pelukis. Walaupun pada kenyataanya, pemikiran kreatif tidak membatasi kegiatan seseorang, contohnya dalam dunia bisnis.

Pasti Anda tahu kan penyedia jasa ojek online? Nah, inilah satu salah contoh penerapan pemikiran kreatif yang berawal dari imajinasi, hingga menjadi ide yang matang dan dapat diwujudkan.

Walaupun sering “bermimpi di siang bolong”, orang kreatif tidak hanya berdiam diri. Ide-ide cemerlang yang mereka pikirkan seringnya dituangkan menjadi kenyataan dan terobosan baru yang dapat menarik perhatian orang.

2. Memiliki banyak energi, tapi bisa tetap fokus

menjaga stamina

Orang yang kreatif memiliki banyak energi, baik secara fisik maupun mental. Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan suatu hal yang menarik perhatian mereka dengan konsentrasi tinggi. Akan tetapi, bukan berarti orang yang kreatif  itu hiperaktif, ya.

Orang kreatif memahami waktu dan mengenal kemampuan dirinya dengan baik. Mereka tahu kapan sebaiknya istirahat untuk mengembalikan energinya dan waktu-waktu tertentu saat mereka dapat melakukan pekerjaan dengan baik.

3. Lebih dari “cerdas”

tidur cukup agar anak cerdas

Studi yang berasal dari Stanford University menunjukkan bahwa kecerdasan IQ berkaitan dengan kreativitas. Orang yang cerdas dilihat dari skor IQ-nya rata-rata memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga mampu berpikir kreatif dan menyelesaikan pekerjaan dengan cara-cara kreatif.

Kecerdasan IQ yang mumpuni juga membuat seseorang mampu melihat suatu hal dengan cara pandang yang berbeda.

4. Suka bermain, tapi tetap disiplin

kurang minum air putih bikin sulit fokus di kantor

Inilah sebabnya mengapa karakteristik orang yang kreatif sulit untuk digambarkan. Mereka cenderung senang bermain, tapi tetap disiplin. “Bermain” yang dimaksud adalah kombinasi antara sikap aktif dan keingintahuan mereka terhadap sesuatu.

5. Memiliki passion yang kuat, tapi tetap fleksibel

cepat jatuh cinta

Orang kreatif akan mencintai pekerjaan yang dilakukan dan bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaanya dengan baik. Namun, di satu sisi mereka juga fleksibel.

Misalnya penulis yang karyanya sudah tidak perlu diragukan lagi tapi tetap mendengarkan dan menghargai masukan serta kritik dari editor dan orang-orang sekitar mengenai tulisannya.

Di sisi lain, mereka tidak berhenti sampai di situ saja karena mereka tetap bisa mempertahankan pendapat pribadinya dengan alasan yang masuk akal.

6. Bisa ekstrovert ataupun introvert

kepribadian introvert ekstrovert kesehatan

Ada dua tipe kepribadian yang umum di dunia, yaitu si introvert yang tertutup dan si gaul ekstrovert. Nah menurut sebuah penelitian, orang yang kreatif cenderung tepat berada di tengah keduanya. Kepribadian campuran introvert dan ekstrovert disebut dengan ambivert.

Tipe kepribadian ini menggambarkan orang-orang yang supel dan ramah, suka berteman dan bersosialisasi dengan kelompok besar, tapi juga tetap membutuhkan waktu menyendiri untuk berpikir.

Sisi supel dan “haus akan interaksi” dari orang-orang ambivert memungkinkan mereka untuk mencari inspirasi dan ide-ide baru, sementara sisi introvert mereka membantu untuk tetap bisa fokus pada pekerjaan dan mematangkan idenya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Terapi urine dengan minum air kencing yang terdengar menjijikkan telah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Apakah manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Urologi, Kandung Kemih 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Gejala Alergi Dingin Ringan Hingga Berat yang Wajib Anda Kenali

Kulit mendadak memerah, hidung meler, dan bersin-bersin di ruangan ber-AC? Ini mungkin pertanda gejala alergi dingin. Simak ciri-ciri alergi dingin lainnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 21 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Meski “Wangi”, Hobi Menghirup Aroma Spidol Bisa Membahayakan Kesehatan

Aroma menyengat spidol mungkin menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Padahal, kebiasaan mencium spidol menyimpan segudang bahaya untuk tubuh.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 21 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Penyakit Mental

Pahami semua tentang penyakit mental mulai dari penyebab, faktor risiko, gejala, hingga bagaimana cara mengatasinya dalam ulasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 17 September 2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

teh tanpa kafein

3 Jenis Teh yang Tidak Mengandung Kafein

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Waktu Efektif Minum Kopi

Waktu Paling Sehat untuk Minum Kopi Ternyata Bukan Pagi Hari

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Psoriasis kulit kepala

Psoriasis pada Kulit Kepala

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit
melihat bullying

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit