Kenapa Nafsu Makan Anda Bertambah Saat Sedang PMS?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Banyak wanita yang bertanya-tanya, kenapa nafsu makan bertambah saat PMS? Menjelang beberapa hari sebelum masa menstruasi tiba, beberapa gejala pada tubuh akan mulai muncul. Gejala yang paling dahsyat dan mudah diketahui adalah bawaan nafsu makan yang sangat besar. Simak penjelasan mengenai nafsu makan yang bertambah saat PMS.

Alasan mengapa nafsu makan bertambah saat PMS

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan, siklus menstruasi dengan produksi hormon seks itu sama penyebabnya. Saat mau menjelang menstruasi, estrogen dan progesteron berperan memengaruhi suasana hati dan keinginan makan. Nah, kedua kadar tersebut sedang berada di titik atau level tinggi yang siap-siap akan menurun (menstruasi).

Kadar progesteron tinggi dihubungkan dengan peningkatan nafsu makan sehingga wanita merasa tidak puas dengan tubuhnya. Rasa tidak puas tersebut biasanya membuat mood para wanita terganggu.  Untuk meningkatkan dopamine di otak (meningkatkan rasa mood), maka tubuh butuh banyak asupan karbohidrat dan makanan yang manis-manis. Itu sebabnya, tidak jarang nafsu makan bertambah saat PMS.

Perhatikan makanan yang dimakan saat sedang PMS

Sah-sah saja bagi wanita yang sedang PMS ingin makan yang banyak, tapi pertimbangkan juga jenis makanan yang dimakan. Makanan seperti daging, ikan, serta sayur-mayur nyatanya bagus untuk mengganti kandungan besi yang hilang selama menstruasi. Karena saat kondisi hormon sedang tidak stabil, tubuh memang membutuhkan makanan sehat yang bisa menyeimbangkan ketimpangan hormon tersebut.

Sebetulnya, nafsu makan ini bisa Anda akali jika memang sanggup mengabaikan lezatnya makanan. Ketika Anda lapar, coba abaikan perasaan ini sambil menunggu selama 20 menit. Jika, lapar hilang dan tidak muncul setelahnya, abaikan dan cari aktivitas lagi. Tapi jika rasa laparnya mendera Anda terus, Anda bisa mengambil cemilan atau makanan sehat.

Selain itu, tahukah Anda saat PMS tubuh akan membakar kalori walau nafsu makan Anda bertambah? Menjelang PMS, kalori akan terbakar lebih banyak, kalori yang akan terbakar sekitar 500 kalori per siklus menstruasi. Sambil melupakan sakit dan nafsu makan bertambah saat PMS, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan lain. Contohnya dengan berjalan-jalan ke mall, pijat, ke salon, menonton bioskop dan masih banyak hal lain yang bisa Anda lakukan. Dengan begitu kalori Anda tidak akan terbuang sia-sia, setidaknya masih menyenangkan dan bermanfaat.

Bagaimana mengatasi nafsu makan bertambah saat PMS?

Banyak wanita yang mengeluh berat badan bertambah sehabis periode menstruasi usai. Siapa lagi yang harus disalahkan, kalau bukan nafsu makan yang bertambah itu? Dokter spesialis obesitas, Lisa Oldson, menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung estrogen terlalu banyak. Mengapa jangan? Asupan estrogen yang berlebihan akan sangat tidak baik dampaknya bagi tubuh, terutama tubuh wanita. Kalau kadar estrogen berlebihan akan memicu pertumbuhan kanker pada tubuh, biasanya kanker payudara dan kanker rahim.

Ketika nafsu makan bertambah saat PMS, ada beberapa makanan yang harus dihindari. Makanan yang harus dihindari antara lain, makanan yang mencakup karbohidrat olahan, seperti biskuit, cookies, roti dan nasi putih. Bukannya tidak boleh dimakan, tetapi makannya harus dalam tahapan yang wajar, jangan berlebihan. Makanan seperti ini akan membuat energi tubuh saat PMS akan membludak, dan ujung-ujungnya akan membuat tubuh cepat lapar lagi. Pastikan juga tubuh mendapat waktu istirahat yang cukup, mengingat kurang tidur bisa meningkatkan nafsu makan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Maret 27, 2017 | Terakhir Diedit: September 6, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca