Dua Cara Membuat Mie Instan Agar Lebih Sehat

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017
Bagikan sekarang

Mie instan memang merupakan makanan favorit banyak orang, buktinya makanan ini banyak tersebar di seluruh dunia. Bagaimana tidak, selain mudah untuk dibuat, harganya yang tergolong murah, dan pilihan rasanya yang bervariasi menjadikan mie instan termasuk sebagai salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi, terutama di Indonesia. Namun, apakah Anda tahu bahwa mie instan memiliki kandungan nutrisi yang buruk? Berbagai penelitian telah menyarankan agar Anda menghindari mie instan dari diet Anda. Tetapi, jika sesekali Anda ingin mengonsumsinya, maka salah satu cara untuk membuat mereka lebih sehat adalah dengan melakukan beberapa tips berikut.

Cara membuat mie instan agar lebih sehat

1. Buang bumbunya

Jumlah natrium yang terkandung pada banyak jenis mie instan biasanya setara dengan 63% dari dosis garam harian Anda. Itu berarti sekitar 1.500 milligram batuan garam bumi, atau setara dengan setengah sendok teh garam yang langsung masuk ke tubuh Anda, dan hal ini akan membuat ginjal Anda sengsara.

Ginjal akan melakukan semua pekerjaan ketika terlalu banyak garam yang masuk ke dalam tubuh. Organ kecil ini membantu tubuh Anda untuk tetap berada pada tingkat natrium normal Anda. Tetapi, ketika tubuh Anda memiliki terlalu banyak garam, maka ia akan merembes langsung ke dalam aliran darah, yang akan membuat jantung bekerja lebih keras dan tekanan darah Anda menjadi naik.

Menurut Dietary Guidelines for American, tubuh manusia harus menerima kurang dari 2.300 milligram garam per hari dan 1.500 milligram bagi setiap orang di atas usia 50 tahun. Jadi, adakah cara yang tepat untuk membuat mie instan lebih sehat? Buanglah sebagian besar bumbu yang disediakan. Daripada menggunakan seluruh paket bumbu, cobalah untuk menggunakan bahan-bahan lain untuk membantu meningkatkan rasa mie. Pengganti yang paling populer dan tak kalah lezat adalah rempah-rempah seperti cabe segar, miso, atau kecap ikan. Ingatlah bahwa semakin sedikit Anda menggunakan bumbu instan pada mie, semakin baik.

2. Menambahkan sayuran

Tidak ada cara yang lebih mudah dari menambahkan sayuran pada panci mie Anda, karena sayuran mengandung nutrisi penting untuk tubuh Anda. Tapi, tidak semua sayuran sama manfaatnya. Jika Anda pergi ke restoran ramen, perhatikanlah bahwa kebanyakan sayuran yang ada di dalamnya bukanlah wortel, kacang polong, atau jagung. Namun janganlah khawatir, karena ini adalah kesempatan bagi Anda untuk memperluas pengetahuan gastronomi Anda. Berikut adalah beberapa sayuran yang bagus untuk dicampurkan ke dalam mie instan Anda:

  • Bok Choy: memiliki daun yang bertekstur besar dan menyerap kuah dengan baik dan juga memberikan rasa yang enak.
  • Selada air: mengandung zat besi, kalsium, dan asam folat, tapi pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.
  • Bawang bombay yang diiris halus: ini adalah bahan yang baik untuk dicampurkan ke dalam mie dan pastikan untuk menahan air mata Anda.
  • Daun bawang: ini juga baik untuk campuran mie Anda.
  • Snap peas: ini memiliki bentuk yang mirip dengan edamame di restoran Jepang.

Menambahkan sayuran untuk mie instan tidak hanya membuat makanan cepat saji ini lebih sehat, tapi juga membuat rasa lebih baik. Jika Anda memiliki lebih banyak waktu, tambahkan juga telur goreng atau telur rebus ke dalam sayuran. Meskipun telur tidak menambah sehat mie Anda, namun ia merupakan sumber vitamin A, kalium, dan banyak vitamin B seperti asam folat, kolin, dan biotin.

Apa akibatnya jika tidak membuat mie instan dengan cara-cara di atas?

Menurut Lisa Young, seorang ahli gizi dan dosen di New York University, mie instan merupakan tinggi lemak, tinggi natrium, tinggi kalori, dan sulit untuk dicerna. Seluruh faktor tersebut dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, dan kemungkinan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Young juga mengatakan bahwa cara untuk meredam bahaya mie instan adalah dengan tidak mengonsumsinya setiap hari, mengontrol porsi, serta menambahkan sayuran dan makanan sehat lainnya. Anda juga dapat membuat mie sendiri di rumah tanpa mengandalkan mie instan agar lebih sehat.

BACA JUGA:

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

    Sumber

    Make Your Instant Noodles Healthier http://msue.anr.msu.edu/news/make_your_instant_noodles_healthier. Accessed September 28, 2017.

    Three Ways to Make Your Instant Noodles a Little Healthier http://nikkeivoice.ca/three-ways-to-make-your-instant-noodles-a-little-healthier/. Accessed September 28, 2017.

    Instant Noodles Could Hurt Your Heart http://www.livescience.com/47366-instant-noodles-heart-risk.html. Accessed September 28, 2017.

    Yang juga perlu Anda baca

    3 Pilihan Resep Kue Kering Rendah Gula untuk Lebaran

    Lebaran sebentar lagi. Sudah punya stok kue kering buat sajian di rumah belum? Yuk, buat sendiri kue kering rendah gula untuk Lebaran yang lebih sehat!

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Hari Raya, Ramadan 22/05/2020

    3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

    Di antara silaturahmi dan makan di banyak rumah, dikelilingi sajian Lebaran penuh lemak dan kolesterol, kita bisa tetap menjalaninya dengan sehat, lho.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
    Hari Raya, Ramadan 21/05/2020

    3 Kreasi Hidangan Olahan Lidah Buaya Nan Menyegarkan

    Selain untuk perawatan kulit, ternyata olahan lidah buaya juga bisa dikonsumsi dan baik untuk kesehatan tubuh. Ini dia aneka resep lidah buaya.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

    Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

    Baru-baru ini masyarakat dikejutkan dengan foto Adele yang terlihat langsing di akun Instagramnya. Nyatanya, penyanyi terkenal ini menjalani sirtfood diet.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi

    Direkomendasikan untuk Anda

    7 Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Anda yang Sedang Diet

    7 Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Anda yang Sedang Diet

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
    4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

    4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
    Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

    Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
    10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

    10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

    Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
    Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020