7 Cara Jitu Merawat Kulit Sekitar Mata Agar Terhindar dari Penuaan Dini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 Maret 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tahukah Anda kulit di sekitar mata adalah bagian tubuh yang kerap menunjukkan tanda-tanda penuaan dini? Ini karena mata merupakan organ tubuh yang banyak bekerja sepanjang hari dari mulai berkedip hingga mengekspresikan emosi. Dikarenakan kulitnya juga lebih tipis dan halus, tak heran jika Anda perlu merawat kulit di sekitar mata dengan tepat sama seperti bagian kulit wajah lainnya.

Tips merawat kulit di sekitar mata

Lingkaran hitam, garis-garis halus, dan kantong mata menjadi masalah mata yang paling sering dikeluhkan. Namun, tak ada kata terlambat untuk mulai merawatnya. Berikut berbagai cara yang bisa Anda lakukan:

1. Jaga kelembapannya

krim mata

Jangan anggap sepele, melembapkan kulit di sekitar mata membantu mencegah kerutan dan garis-garis halus. Anda bisa menggunakan pelembap wajah ringan di sekitar mata selama tidak ada reaksi negatif dan memang dianjurkan dalam kemasannya.

Namun, jika Anda merasakan sensasi menyengat atau mata berair dan merah, hentikan pemakaian. Ganti dengan krim khusus mata karena cenderung lebih aman. Pilihlah pelembap atau krim mata dengan bahan yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi dan pertumbuhan sel baru. Bahan-bahan aktif yang dianjurkan yaitu retinol (turunan vitamin A), peptida, dan asam hialuronat.

2. Tepuk dengan lembut

makeup remover

Saat bersentuhan dengan kulit di sekitar mata usahakan untuk melakukannya dengan lembut. Ini karena kulit di bawah mata sangat tipis dan mudah berkerut jika mendapatkan tekanan esktra. Oleh karena itu, pastikan untuk menyentuhnya dengan lembut. Baik saat menggunakan makeup remover untuk mata atau menggunakan produk tertentu.

Saat memakai produk ke daerah mata, sebaiknya oleskan produk ke jari manis atau kelingking. Ini karena jari manis atau kelingking biasanya tak memiliki tenaga sekuat jempol atau telunjuk. Kemudian, oleskan perlahan hingga produk menyerap ke dalam kulit.

3. Lindungi dengan tabir surya

Jangan hanya wajah dan badan saja yang dioleskan tabir surya, area bawah mata juga memerlukannya. Paparan sinar matahari berlebih bisa membuat kulit bawah mata menjadi lebih gelap. Jika tak menggunakan tabir surya di area kulit bawah mata, jangan heran kalau mata panda Anda semakin menjadi-jadi.

Oleh karena itu, merawat kulit di sekitar mata dengan tabir surya menjadi sebuah keharusan. Sebelum keluar rumah, oleskan dahulu tabir surya di kelopak mata atas dan juga area bawah mata. Anda juga bisa memberikan perlindungan tambahan dengan menggunakan kacamata hitam yang dilengkapi dengan perlindungan sinar ultraviolet.

4. Memijat area bawah mata

kedutan mata

Untuk menjaga sirkulasi di sekitar mata tetap lancar cobalah untuk memijatnya secara perlahan. Hal ini bisa Anda lakukan baik saat menggunakan krim mata atau ketika mencuci muka saat mandi. Pijatan biasanya membantu mengurangi kelebihan cairan yang menumpuk dan menjadi salah satu penyebab mata bengkak. Ketika cairan yang menumpuk menghilang, mata Anda akan kembali terlihat segar.

5. Kompres dengan kantong teh

kantong teh celup

Jangan buang kantong teh celup bekas pakai Anda. Pasalnya, benda yang Anda anggap sampah ini ternyata bisa membantu merawat kulit di sekitar mata. Teh mengandung kafein dan antioksidan yang bisa membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi tumpukan cairan di bawah kulit.

Mulai sekarang, manfaatkan kantong teh bekas Anda. Caranya, rendam dua kantong teh bekas dalam air panas selama lima menit. Kemudian, masukkan ke dalam lemari es selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, taruh kedua kantong teh tersebut pada masing-masing mata selama 10 hingga 20 menit.

6. Tidur cukup

leher sakit

Tidur yang cukup setiap hari membantu menjaga tampilan mata Anda dari kemunculan garis-garis hitam. Pasalnya, kurang tidur bisa membuat kulit terlihat lebih pucat dan membuat garis hitam semakin terlihat. Oleh karena itu, pastikan Anda tidur tujuh sampai delapan jam setiap harinya.

7. Makan makanan sehat

vitamin c dan zinc

Selain tidur cukup, Anda juga perlu menjaga kesehatan kulit bawah mata dari dalam dengan makan makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. Berbagai nutrisi ini membantu menjaga kulit tetap sehat dengan membantu pembentukan sel-sel baru pada kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Meskipun kulit aman dari polusi, faktor lainnya di rumah bisa memicu masalah kulit. Ini sederet tips merawat kulit saat karantina.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 27 April 2020 . Waktu baca 6 menit

Wanita Lebih Cepat Tua Setelah Punya Anak, Apa Benar?

Pengalaman menjadi seorang ibu memang beragam bagi setiap wanita. Namun, katanya wanita cenderung lebih cepat tua setelah memiliki anak. Apa itu benar?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Hidup Sehat, Fakta Unik 29 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

Kulit Kaki Sehat, Lembut, dan Cantik dengan 5 Tips Perawatan Ini

Kulit kaki yang sehat, lembut, dan indah jadi idaman semua orang. Ikuti beberapa cara merawat kulit kaki agar tetap cantik dan mulus.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 18 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

Sindrom Werner, Penyakit Langka yang Meniru Penuaan Dini

Penuaan adalah sebuah kepastian. Namun, beberapa faktor bisa membuat penuaan lebih cepat datang, salah satunya Werner syndrome. Apa itu sindrom Werner?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 26 Juni 2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

merawat kulit orang diabetes

Berbagai Perawatan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 8 menit
cara kerja sunblock

Bagaimana Cara Kerja Sunblock dalam Melindungi Kulit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 September 2020 . Waktu baca 4 menit
skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 3 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit