Apakah Penggunaan Essence Penting untuk Kesehatan Kulit?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 28 November 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Perawatan kulit atau skin care adalah salah satu kebutuhan yang paling penting untuk menjaga kecantikan serta kesehatan kulit, terutama untuk Anda yang memiliki kulit bermasalah. Jika berkaca dengan langkah skin care Korea, yang digadang-gadang bikin kulit lebih mulus, salah satu produk yang mesti Anda miliki adalah essence. Lalu, seberapa penting fungsi essence untuk kulit?

Sebenarnya, apa itu essence?

Produk essence pertama kali mendapat sorotan setelah tren skin care ala Korea Selatan mulai populer pada tahun 2011.

Sebenarnya, produk essence sendiri secara umum memiliki arti yang berbeda-beda. Ada beberapa merek perawatan kulit yang memperkenalkan essence seperti toner atau facial mist, yaitu dengan formula yang cenderung lebih cair.

Namun, banyak pula yang memakai istilah essence untuk produk skin care yang lebih kental, tetapi tidak sekental dan sepadat serum.

Essence biasanya dipakaikan pada kulit setelah selesai mencuci dan membersihkan muka. Anda juga disarankan mengoleskan essence sebelum pemakaian serum karena teksturnya yang cenderung lebih cair dan ringan.

Salah satu kandungan utama yang terdapat di dalam essence pada umumnya adalah hyaluronic acid (HA). Hyaluronic acid memiliki manfaat menjaga kelembapan kulit, mengencangkan tekstur kulit, serta melindungi kulit dari mikroorganisme.

Beberapa essence juga terdiri dari emollient yang memiliki fungsi serupa dengan hyaluronic acid.

Ketika kulit memiliki kadar air yang tinggi, kondisi tersebut membuat kulit Anda dapat menyerap zat-zat aktif pada produk skin care selanjutnya dengan lebih baik.

Itu artinya, penggunaan essence tidak hanya bermanfaat untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit, tapi juga mempersiapkan kulit agar dapat menyerap kandungan skin care lainnya secara maksimal.

Lalu, apakah penggunaan essence dalam perawatan kulit itu penting?

Sebenarnya, hingga saat ini tidak ada aturan atau anjuran yang pasti apakah Anda perlu menggunakan essence atau tidak. Para ahli pun memiliki pendapat yang beragam mengenai pentingnya penggunaan essence.

Menurut Rachel Nazarian, MD, seorang ahli dermatologi dan anggota Fellow of the American Academy of Dermatology (FAAD), pemakaian essence dapat membantu mempersiapkan kulit sebelum memasuki tahapan skin care lainnya. Apalagi jika Anda juga menggunakan serum dengan bahan aktif, seperti serum anti-aging.

Sementara itu, Erum Ilyas, MD, ahli dermatologi di Montgomery Dermatology berpendapat bahwa Anda tidak disarankan memakai terlalu banyak jenis produk perawatan kulit secara bersamaan.

Penggunaan essence bukanlah hal yang wajib. Semua tetap kembali ke kebutuhan kebutuhan kulit masing-masing juga kandungan zat aktif di dalam setiap produk skin care Anda.

Jika sudah memiliki serum wajah dengan bahan aktif yang sama dengan essence, Anda tidak terlalu membutuhkan essence. Terlebih jika kulit Anda sangat sensitif. Hal ini untuk mencegah reaksi alergi atau iritasi pada kulit.

Jadi, pastikan dulu essence yang digunakan tidak memiliki bahan aktif yang sama dengan serum atau moisturizer Anda, ya.

Selain itu, bila Anda memiliki kulit yang sangat berminyak dan tidak nyaman menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit, tidak masalah kalau Anda menggunakan serum atau moisturizer saja.

Penggunaan essence memang dapat memberikan manfaat lebih untuk kesehatan kulit. Tetapi, Anda tidak harus menggunakannya dalam rutinitas skin care Anda, apalagi jika kulit wajah Anda memang tidak terlalu membutuhkannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Fungsi Produk Skin Care dan Urutan Pemakaiannya Secara Umum

Kira-kira, berapa lama produk skin care akan menunjukkan hasil dan perubahan pada kulit wajah Anda? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 5 Februari 2020 . Waktu baca 10 menit

Mengenal Alpha Arbutin, Bahan Andalan untuk Mencerahkan Kulit

Alpha arbutin adalah pilihan yang aman untuk Anda yang ingin mencerahkan kulit wajah. Apa saja manfaat dari alpha arbutin untuk wajah?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 30 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Kesalahan Saat Memakai Skincare yang Mungkin Anda Lakukan

Skincare Anda tidak bekerja dengan baik? Mungkin Anda melakukan beberapa kesalahan yang tanpa sadari Anda lakukan saat memakai skincare. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Hidup Sehat, Kecantikan 9 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Tanda-tanda yang Muncul Saat Anda Harus Segera Ganti Produk Skin Care

Bagaimana kita bisa tahu kalau kulit kita tidak cocok dengan produk perawatan wajah tertentu? Apa saja tanda-tanda kita harus ganti produk skin care?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Hidup Sehat, Kecantikan 14 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jerawat gara-gara kacamata

Cara Mencegah Masalah Jerawat Gara-gara Pemakaian Kacamata

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 22 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Skin care dengan asam aktif

Manfaat dan Cara Aman Pakai Skin Care yang Mengandung Asam Aktif

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 8 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
hydrating exfoliating toner

Hydrating Toner vs Exfoliating Toner, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2020 . Waktu baca 6 menit
anak pakai skin care

Perlukah Anak Pakai Skin Care? Seperti Apa Produknya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2020 . Waktu baca 5 menit