Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pakai sheet mask adalah salah cara merawat kulit wajah yang bisa dilakukan di rumah. Namun sayang, beberapa orang belum tahu tips dan tirik cara pakai masker jenis ini agar hasilnya maksimal di kulit. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar sheet mask yang dipakai di wajah hasilnya maksimal.

Cara pakai sheet mask agar hasilnya maksimal

1. Wajib bersihkan kulit wajah dulu

Sebelum pakai sheet mask, Anda wajib membersihkan wajah terlebih dahulu. Anda bisa membersihkan wajah dengan cara double cleansing. Metode ini dapat membuat wajah Anda dua kali lebih bersih. 

Pertama, dengan pembersih berbasis minyak dan setelahnya bersihkan dengan pembersih berbasis air. Manfaat double cleansing ini bisa menghapus make up di wajah, menghilangkan serta membersihkan kotoran dan minyak berlebih. 

Membersihkan dengan cara tersebut dapat memastikan kulit Anda menyerap setiap manfaat serum masker. Dengan masih adanya make up atau tidak cuci muka, ini dapat membuat manfaat serum tidak bisa terserap dengan baik ke dalam tubuh. 

2. Posisikan lembaran masker tepat di wajah

Lembar sheet mask biasanya mempunyai 1 ukuran yang sama untuk semua wajah. Maka, pada beberapa bentuk wajah biasanya lubang masker kadang tidak sesuai posisinya dengan mata, hidung, dan mulut Anda. 

Usahakan posisi masker tepat dan coba tekan menggunakan jari agar masker tidak mengambang, alis keseluruhan lembar sheet mask menyentuh kulit Anda. 

3. Pijat wajah

Cara agar serum sheet mask maksimal menyerap ke dalam kulit yaitu dengan pakai roller wajah. Roller wajah berguna untuk membuat wajah jadi lebih segar dan membuat wajah rileks serasa sehabis totok atau massage wajah. 

Roller wajah juga dapat membantu mengurangi keriput juga meredakan area wajah yang bengkak seperti di bawah mata, leher dan dahi. 

Cara lain apabila tidak ada roller, coba pijat lembut wajah saat pakai sheet mask pakai jari jemari. Pijat lembut di area pipi hidung dan dahi agar serum terserap baik.  

4. Gunakan serum sisa masker

Pada sheet mask, biasanya akan tersisa banyak serum di bungkusnya. Nah, caranya agar pakai sheet mask bisa jadi maksimal, gunakan atau tampung serum sisa tersebut di dalam wadah. 

Saat selesai pakai sheet mask, peras serum berlebih di lembar masker ke dalam wadah kecil. Sehabis itu pijat ke dada, leher, tangan kaki, atau bagian tubuh yang kulitnya kering. 

Selain itu, Anda bisa mengumpulkan sisa serum yang diletakkan di wadah kecil. Potong dua kapas bulat, celupkan ke dalam serum dan letakkan di bawah mata. Ini dapat membantu mengatasi garis halus dan lingkaran hitam di bawah mata. 

5. Jangan pakai sheet mask terlalu lama

Banyak orang menganggap bahwa semakin lama pakai sheet mask atau sampai kering, hasilnya akan semakin baik. Padahal cara pakai sheet mask terlalu lama tidak dianjurkan.

Pada kemasan sheet mask, umumnya hanya disarankan pakai selama maksimal 15 sampai 20 menit

Pasalnya, saat masker dipakai terlalu kering nanti ia dapat menyerap kembali kelembapan yang Anda di kulit wajah Anda. Akhirnya, manfaat sheet mask jadi tidak efektif lagi. 

 6. Pakai pelembap setelah maskeran

Cara akhir untuk memaksimalkan serum sheet mask agar bekerja baik di wajah adalah dengan “mengunci” dengan pelembap. Setelah serum agak kering di wajah, oleskan pelembap yang biasa Anda gunakan.

Secara tidak langsung ini adalah cara menghalangi serum yang sudah terserap kulit wajah menguap keluar setelah pakai sheet mask.

 

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kadar Hb Terlalu Tinggi, Apakah Berbahaya dan Perlu Diturunkan?

Mudah merasa lelah dan pusing? Bisa jadi gejala kadar hemoglobin atau Hb tinggi. Apa risikonya bagi tubuh? Cari tahu info lengkapnya di sini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 22 November 2020 . Waktu baca 7 menit

Penyebab dan Gejala Impaksi Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Sakit

Pertumbuhan gigi bungsu bisa menimbulkan rasa sakit yang biasa kita kenal sebagai impaksi. Seperti apa penyebab dan gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 20 November 2020 . Waktu baca 7 menit

4 Hal Mengejutkan yang Bisa Jadi Sumber Kepuasan Seksual Anda

Jangan salah, kepuasan seksual itu bukan cuma dirasakan dari seberapa hebat pasangan Anda di ranjang. Hal-hal ini juga menjadi faktor penentunya, lho.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 19 November 2020 . Waktu baca 4 menit

8 Hal yang Membuat Anda Sering Terbangun Tengah Malam

Terkadang kita terbangun di tengah malam meski tak ada bunyi alarm atau hal lainnya. Kondisi itu ternyata dipengaruhi kesehatan fisik atau mental. Apa saja?

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 19 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jenis tepung sehat

Jenis Tepung Apa yang Paling Sehat untuk Masak?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit
efek obat tidur alami susah tidur obat tidur apotek

Serba Serbi Obat Tidur yang Perlu Anda Ketahui (Plus Penyebab Kenapa Susah Tidur)

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 23 November 2020 . Waktu baca 14 menit
tanda-tanda selingkuh

6 Tanda Pasangan Anda Selingkuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 November 2020 . Waktu baca 4 menit
air mani untuk masker wajah

Benarkah Masker dari Air Mani Pria Bisa Membuat Kulit Wajah Mulus dan Awet Muda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 November 2020 . Waktu baca 4 menit