Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27/01/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pakai sheet mask adalah salah cara merawat kulit wajah yang bisa dilakukan di rumah. Namun sayang, beberapa orang belum tahu tips dan tirik cara pakai masker jenis ini agar hasilnya maksimal di kulit. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar sheet mask yang dipakai di wajah hasilnya maksimal.

Cara pakai sheet mask agar hasilnya maksimal

1. Wajib bersihkan kulit wajah dulu

Sebelum pakai sheet mask, Anda wajib membersihkan wajah terlebih dahulu. Anda bisa membersihkan wajah dengan cara double cleansing. Metode ini dapat membuat wajah Anda dua kali lebih bersih. 

Pertama, dengan pembersih berbasis minyak dan setelahnya bersihkan dengan pembersih berbasis air. Manfaat double cleansing ini bisa menghapus make up di wajah, menghilangkan serta membersihkan kotoran dan minyak berlebih. 

Membersihkan dengan cara tersebut dapat memastikan kulit Anda menyerap setiap manfaat serum masker. Dengan masih adanya make up atau tidak cuci muka, ini dapat membuat manfaat serum tidak bisa terserap dengan baik ke dalam tubuh. 

2. Posisikan lembaran masker tepat di wajah

Lembar sheet mask biasanya mempunyai 1 ukuran yang sama untuk semua wajah. Maka, pada beberapa bentuk wajah biasanya lubang masker kadang tidak sesuai posisinya dengan mata, hidung, dan mulut Anda. 

Usahakan posisi masker tepat dan coba tekan menggunakan jari agar masker tidak mengambang, alis keseluruhan lembar sheet mask menyentuh kulit Anda. 

3. Pijat wajah

Cara agar serum sheet mask maksimal menyerap ke dalam kulit yaitu dengan pakai roller wajah. Roller wajah berguna untuk membuat wajah jadi lebih segar dan membuat wajah rileks serasa sehabis totok atau massage wajah. 

Roller wajah juga dapat membantu mengurangi keriput juga meredakan area wajah yang bengkak seperti di bawah mata, leher dan dahi. 

Cara lain apabila tidak ada roller, coba pijat lembut wajah saat pakai sheet mask pakai jari jemari. Pijat lembut di area pipi hidung dan dahi agar serum terserap baik.  

4. Gunakan serum sisa masker

Pada sheet mask, biasanya akan tersisa banyak serum di bungkusnya. Nah, caranya agar pakai sheet mask bisa jadi maksimal, gunakan atau tampung serum sisa tersebut di dalam wadah. 

Saat selesai pakai sheet mask, peras serum berlebih di lembar masker ke dalam wadah kecil. Sehabis itu pijat ke dada, leher, tangan kaki, atau bagian tubuh yang kulitnya kering. 

Selain itu, Anda bisa mengumpulkan sisa serum yang diletakkan di wadah kecil. Potong dua kapas bulat, celupkan ke dalam serum dan letakkan di bawah mata. Ini dapat membantu mengatasi garis halus dan lingkaran hitam di bawah mata. 

5. Jangan pakai sheet mask terlalu lama

Banyak orang menganggap bahwa semakin lama pakai sheet mask atau sampai kering, hasilnya akan semakin baik. Padahal cara pakai sheet mask terlalu lama tidak dianjurkan.

Pada kemasan sheet mask, umumnya hanya disarankan pakai selama maksimal 15 sampai 20 menit

Pasalnya, saat masker dipakai terlalu kering nanti ia dapat menyerap kembali kelembapan yang Anda di kulit wajah Anda. Akhirnya, manfaat sheet mask jadi tidak efektif lagi. 

 6. Pakai pelembap setelah maskeran

Cara akhir untuk memaksimalkan serum sheet mask agar bekerja baik di wajah adalah dengan “mengunci” dengan pelembap. Setelah serum agak kering di wajah, oleskan pelembap yang biasa Anda gunakan.

Secara tidak langsung ini adalah cara menghalangi serum yang sudah terserap kulit wajah menguap keluar setelah pakai sheet mask.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Badan lemas, ngantuk, dan mata berat? Itu tandanya Anda butuh tidur siang! Yuk, intip trik power nap ini agar tidur siang lebih berkualitas dan bermanfaat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Manfaat Buah Melon yang Menyehatkan Tubuh

Suka makan buah melon? Tapi, tahukah Anda kalau manfaat buah melon sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia? Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Demam Naik Turun Pada Bayi (dan Cara Mengatasinya)

Semua orangtua mungkin panik dan takut menghadapi bayi demam naik turun. Sebenarnya apa yang menyebabkan bayi demam naik turun? Bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Anak, Parenting 21/07/2020 . Waktu baca 3 menit

7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Produk krim wajah yang populer saat ini adalah jenis anti-aging. Tapi apa saja bahan krim anti-aging yang bisa mencegah penuaan pada kulit Anda?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

lemak paha sulit dihilangkan

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 4 menit
cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 3 menit
tidur pakai bra

Tidur Sebaiknya Pakai Bra atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit
minum madu

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit