Tak diragukan lagi, banyak manfaat yang Anda dapatkan dari olahraga yang satu ini. Berenang tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tapi juga bikin tubuh lebih rileks. Namun, bagaimana jika ingin berenang saat jerawat muncul? Apakah benar, berenang saat jerawatan hanya memperparah kondisi muka?

Katanya, air kolam renang bisa memperparah jerawat?

infeksi telinga perenang

Memiliki wajah berjerawat nampaknya membuat sebagian besar orang menjadi banyak mengkhawatirkan sesuatu. Dari mulai takut terkena debu, takut makan kacang dan produk susu, hingga takut berenang karena airnya yang kotor. Semua ketakutan ini dasarnya satu, takut jerawat semakin parah. Namun, apakah berenang saat jerawatan itu tidak boleh dan membuat masalah kulit ini kian parah?

Kolam renang memang sangat rentan kotor dan tercemar. Bagaimana tidak, urin, keringat, air liur, dan berbagai produk perawatan yang dipakai para perenang bisa mencemari air kolam. Untuk itu, air kolam biasanya dimurnikan dengan menggunakan zat yang disebut klorin (kaporit). Klorin membantu membunuh mikroorganisme berbahaya di dalam air kolam.

Nah, karena biasanya orang yang berjerawat dengan kulit yang cukup sensitif terhadap bahan kimia, justru bermasalah dengan klorin. Orang dengan kulit berjerawat memiliki kekhawatiran jika kandungan bahan kimia di dalam kolam renang yaitu klorin dapat memperparah jerawatnya.

Klorin bisa membuat wajah kering

asam retinoat untuk jerawat

Sebuah penelitian yang diterbitkan di The Journal of Dermatology menemukan bukti bahwa air yang diklorinasi memang bisa membuat kulit menjadi sangat kering. Pasalnya, klorin dapat mengurangi kemampuan kulit untuk dapat mempertahankan kelembapannya. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang menderita dermatitis atopik lebih sensitif terhadap klorin.

Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa orang yang memiliki wajah berjerawat juga akan sangat rentan mengalami kekeringan yang berlebihan pada kulitnya. Pasalnya, klorin memang dapat menggerus minyak alami kulit apalagi jika terpapar dalam waktu yang lama.

Saat kulit mengering, kelenjar minyak akan mengeluarkan lebih banyak sebum di wajah. Tujuannya agar minyak yang hilang dapat tergantikan. Pada akhirnya, kelebihan minyak inilah yang akan membuat wajah menjadi mudah berjerawat setelah berenang.

Selain itu, berenang juga bisa menyebabkan jerawat karena rusaknya penghalang kulit yang menyebabkan sel-sel kulit kering menumpuk dan menyumbat pori. Paparan sinar matahari berlebih juga bisa memperparah jerawat dan membuatnya semakin perih. Tak hanya itu, penggunaan tabir surya yang digunakan sebelum, selama, dan setelah berenang juga dapat menyumbat pori-pori Anda.

Jadi, apakah boleh berenang saat jerawatan?

obat jerawat milk of magnesia

Tentu saja, boleh berenang saat jerawatan. Berenang termasuk olahraga yang terbukti bermanfaat apalagi jika Anda termasuk orang yang tidak bisa melakukan berbagai olahraga berat.

Hanya saja, untuk mencegah jerawat semakin parah yang perlu dilakukan setelah berenang ialah membersihkan wajah dengan air bersih dan sabun. Hal ini dilakukan agar kotoran yang menempel dapat hilang dan terlepas. Selain itu, karena klorin membuat wajah menjadi kering maka Anda perlu menggunakan pelembap.

Pelembap sangat penting agar kulit tidak memproduksi terlalu banyak minyak. Dengan begitu kelembapan kulit tetap terjaga tanpa produksi minyak yang berlebih.

Setelah itu, gunakan kembali krim jerawat yang sedang dipakai setelah Anda selesai berenang. Jangan lupa gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Gunakanlah tabir surya yang dibuat khusus untuk kulit sensitif dan berlabel non-komedogenik agar tidak menyumbat pori. Dengan begitu, orang yang sedang jerawatan boleh berenang asalkan melakukan berbagai perawatan ini setelahnya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca