Beberapa tahun belakangan, kolagen sedang laku keras sebagai komponen pendukung dalam berbagai produk perawatan tubuh — seperti sampo dan pelembab kulit. Tapi tak banyak yang tahu-menahu seputar kolagen, dan apa sebenarnya manfaat kolagen untuk tubuh sehingga keberadaannya bisa sangat populer?

Apa itu kolagen?

Kolagen adalah jenis protein berserat dan tak larut yang jumlahnya paling berlimpah dalam tubuh manusia. Kolagen merupakan fondasi utama dari tulang, kulit, urat, dan ligamen untuk memberikannya struktur dan kekuatan. Kolagen juga ditemukan di banyak bagian tubuh lainnya, termasuk pembuluh darah, kornea mata dan gigi. Ibaratnya, kolagen adalah sebuah lem yang merekatkan keseluruhan tubuh menjadi satu kesatuan. Bahkan kata kolagen sebenarnya berasal dari bahasa Yunani, “kólla” yang berarti lem.

Bagaimana kolagen terbentuk dalam tubuh?

Di dalam kulit, ada sejumlah sel khusus yang menghasilkan molekul mini disebut pro kolagen dengan mengolah vitamin C dan protein yang telah diserap oleh tubuh. Selama proses produksi, masing-masing molekul ini saling menempel dengan satu sama lain dan membentuk fibril. Fibril adalah helai-helai tipis terbuat dari mineral dan vitamin yang menyerupai serabut benang. Fibril kemudian bertumbuh kembang dan berubah menjadi serat yang menempel pada sel kulit, berfungsi layaknya jangkar. Setelah serat-serat ini terbentuk dan berlabuh dengan benar, fibril kemudian bekerja mendukung struktur kulit dan memberikan sifat elastisitas khasnya.

Tubuh dapat memproduksi kolagennya sendiri secara konsinsten. Tapi kemampuan ini akan terus berkurang seiring bertambahnya usia. Paparan terhadap sinar matahari dan zat polusi juga dapat menghambat produksi kolagen. Demikian pula dengan kebiasaan erokok dan minum alkohol. Orang-orang yang tubuhnya kekurangan kolagen dapat dikenali dengan penampilan kulit yang mulai kendur, serta timbul garis-garis halus dan keriput. Penipisan jumlah kolagen alami tubuh telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan.

Guna mendukung peningkatan produksi kolagen, penting untuk memiliki gaya hidup sehat. Seperti semua protein, kolagen terbuat dari asam amino, yang beberapa di antaranya tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga harus diperoleh dari menu makanan sehat — misalnya proline, anthocyanidin, vitamin A, vitamin C, dan tembaga. Aliran darah yang lancar juga berperan penting dalam produksi kolagen, sehingga untuk tubuh dapat memproduksi cukup kolagen Anda juga harus rutin berolahraga.

Apa saja manfaat kolagen bagi tubuh?

Kolagen adalah zat yang mudah dipecah oleh tubuh. Tidak banyak penelitian yang tersedia tentang suplemen kolagen, tetapi beberapa menunjukkan bahwa manfaat kolagen mungkin termasuk:

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Suplemen kolagen dapat memperkuat struktur pembuluh darah dan meningkatkan elastisitasnya. Dengan demikian, manfaat kolagen untuk membentengi pembuluh darah dapat membantu meningkatkan aliran darah dari dan menuju jantung. Semakin lancar peredaran darah Anda, semakin banyak oksigen dan nutrisi yang dikirim ke kulit sehingga penampilan kulit Anda tampak sehat, muda, dan bercahaya.

2. Menyembuhkan luka dan cedera

Kolagen diperlukan untuk memperbaiki dan membangun kembali jaringan ikat untuk mendukung perkembangan otot, kulit, dan persendian yang kuat. Kolagen juga memperkuat struktur tulang, urat, tulang rawan, dan ligamen. Suplemen kolagen dapat mendorong massa otot untuk meregenerasi dan membantu Anda lebih cepat pulih dari cedera akibat olahraga.

3. Meringankan nyeri rematik

Rematik adalah peradangan pada persendian yang bisa menyebabkan setiap pergerakan anggota gerak tubuh jadi terasa sakit dan sangat terbatas. Suplemen kolagen dapat meningkatkan kelancaran mobilitas sendi dan mengurangi rasa sakitnya.

4. Mengurangi selulit

Selulit terjadi ketika jaringan lemak mendesak ke atas menembus serat hingga ke lapisan teratas kulit. Hasilnya, penampilan kulit yang tampak bergelombang tak merata. Suplemen kolagen dapat membantu mengurangi selulit langsung dari dalam tubuh, berfungsi mempromosikan percepatan proses perbaikan dan regenerasi dari serat dalam kulit yang rusak.

5. Mengurangi keriput dan garis halus

Seiring dengan bertambahnya usia yang mengakibatkan penipisan kolagen alami tubuh, garis halus dan keriput dapat timbul di tempat-tempat di mana kulit paling banyak bergerak — misalnya di persendian, dahi, bibir, dan mata. Penggunaan krim anti-aging dan sunblock serta suplemen kolagen dapat membantu mengurangi gejala penuaan dini, termasuk untuk membantu proses penyembuhan dan perbaikan jaringan kulit.

Selain itu, suntikan kolagen di dokter kulit dapat digunakan sebagai filler untuk memperbaiki kontur kulit wajah yang kendur dan berkeriput akibat penuaan, serta menghapus bekas luka dangkal (termasuk bekas jerawat).

6. Meningkatkan kesehatan rambut

Kesehatan rambut adalah salah satu dari sekian manfaat kolagen yang tidak boleh terlewati. Kolagen adalah komponen utama dalam pertumbuhan rambut. Kolagen berfungsi melawan radikal bebas yang dapat memengaruhi tekstur, pertumbuhan, dan ketebalan rambut Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca