5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit

Oleh

Apakah Anda pernah merasa mulut Anda terasa pahit tapi Anda sedang tidak sakit? Beberapa orang di dunia ini memang ada yang memiliki sensitivitas rasa pahit yang lebih besar dibandingkan orang lain. Penyebabnya adalah karena mereka bisa merasakan senyawa pahit yang disebut phenylthiocarbamide atau PTC. Akibatnya mereka sangat sensitif terhadap rasa pahit. Orang yang dilahirkan dengan kondisi demikian perbandingannya adalah 1 berbanding 10.000, apakah Anda termasuk?

Sebelum Anda sendiri yakin, cari tahu dulu penyebab rasa pahit di mulut Anda. Jika sudah tahu penyebab mulut pahit, Anda bisa mencari solusinya.

1. Kondisi gigi

Apakah Anda tipe orang yang selalu menjaga kebersihan gigi Anda? Jika tidak, mungkin ini penyebabnya. Seseorang yang tidak teratur menggosok gigi berarti telah menumpuk bakteri dan kuman di dalam mulutnya. Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa rongga mulut merupakan suatu inkubator yang steril, hangat, dan lembab yang mengandung substansi nutrisi yang baik bagi pertumbuhan mikroba.

Tentu bukan hanya mikroba baik namun juga mikroorganisme yang dapat menyebabkan bau mulut. Bayangkan jika Anda tidak teratur menggosok gigi, maka bakteri dan kuman bisa berkumpul di mulut Anda dan hal inilah yang menyebabkan mulut Anda terasa pahit. Terlebih lagi jika gigi Anda berlubang.

2. Asam lambung

Mulut terasa pahit juga erat kaitannya dengan mual-mual dan muntah-muntah (refluks). Kondisi ini terjadi biasanya karena dipicu oleh asam lambung yang naik atau biasa juga disebut dengan gastro eshophageal refluks disease (GERD). Penyebab utama penyakit refluks asam lambung ini adalah konsumsi makanan berlebih, konsumsi makanan pedas, konsumsi makanan diwaktu yang tidak tepat serta faktor stres. Asam lambung juga biasanya disertai dengan mulut yang berbau tidak sedap.

3. Hormon

Hal ini biasanya terjadi pada seorang wanita terutama ketika dalam kondisi hamil. Peningkatan atau penurunan kadar hormon estrogen yang tidak seimbang adalah penyebab perubahan rasa mulut yang berubah menjadi pahit. Hal ini juga biasanya terjadi pada wanita yang sedang mengalami siklus haid.

Pada wanita hamil, morning sickness kemungkinan besar menjadi penyebabnya. Morning sickness merupakan kondisi di mana tubuh wanita masih menyesuaikan dengan perubahan yang ada di dalam tubuhnya. Biasanya ibu hamil akan mengalami mual dan muntah sebagai gejala morning sickness. Sisa muntah ini yang akan berkumpul di dalam mulut dan mengumpulkan bakteri yang menyebabkan mulut terasa pahit, diperburuk dengan dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil.

4. Kekurangan kadar vitamin

Vitamin sangat diperlukan untuk tubuh, selain untuk menjaga kesehatan, vitamin juga dibutuhkan oleh semua organ dan struktur tubuh untuk menjalani fungsinya masing-masing. Kurangnya asupan vitamin B-12 dan Zinc akan menyebabkan mulut menjadi beraroma tidak sedap dan menyebabkan rasanya berubah menjadi pahit.

5. Obat

Jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, kemungkinan besar ini adalah penyebab mulut Anda terasa sangat pahit. Beberapa obat tertentu pada awalnya menyebabkan mulut terasa kering hal ini berpengaruh pada rasa yang Anda rasakan di dalam mulut. Biasanya rasa pahit lebih dominan terasa karena efek dari obat-obat tertentu yang Anda minum.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca