Harus Berapa Lama Pakai Behel Transparan Sampai Gigi Rapi?Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Memakai behel transparan bisa menyempurnakan senyum Anda. Perawatan gigi dengan teknologi yang satu ini bisa membuat susunan gigi jadi lebih rapi. Sayangnya, perawatan ini tidaklah instan. Perlu waktu bagi alat tersebut untuk menggeser gigi yang tidak rata ke posisi yang benar. Lantas, berapa lama Anda harus pakai behel transparan?

Kegunaan behel transparan

Gigi yang renggang atau tumbuh bertumpuk bisa diatasi dengan behel transparan. Menurut laporan yang disusun oleh dokter gigi Paul H. Ling, DDS dalam Journal Canadian Dental Association, jenis behel ini mampu memperbaiki masalah ringan pada gigi, seperti gigi renggang dengan jarak antar gigi sekitar 1-5mm, gigi atas yang terlalu maju (overbite), dan gigi sensitif.

Meski fungsinya sama, behel transparan berbeda dengan kawat gigi. Behel ini membentuk susunan gigi berwarna bening yang terbuat dari bahan lembut.

Dengan begitu, Anda dapat menggunakannya dengan lebih nyaman di mulut. Pemakaian behel ini juga lebih fleksibel karena Anda bisa memasang dan melepasnya dengan mudah.

Meskipun mudah dilepas, Anda harus menggunakan behel transparan ini setidaknya selama 20-22 jam sehari agar hasilnya benar-benar maksimal. Biasanya, behel akan dilepas saat Anda ingin makan, menggosok gigi, dan berkumur.

Durasi pemakaian behel tersebut bisa berkurang seiring waktu selama ada kemajuan yang baik selama perawatan. Misalnya, behel cukup digunakan waktu tidur saja.

Berapa lama saya harus pakai behel transparan?

memakai behel transparan

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus mematuhi aturan penggunaan behel transparan. Mulai dari memilih behel yang kualitasnya baik, pemasangan behel yang dilakukan oleh dokter yang ahli di bidangnya, hingga lamanya behel perlu dipakai.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pakai behel biasanya berbeda pada setiap orang. Hal ini bergantung pada tingkat keteraturan susunan gigi serta perawatan diri. Namun, perawtaan tersebut umumnya akan membutuhkan waktu sekitar 3-9 bulan.

Jika kondisi gigi Anda membutuhkan perawatan lebih, pemakaian behel bisa berjalan hingga 12 bulan. Bahkan, durasi perawatan bisa lebih lama lagi jika Anda jarang menggunakannya.

Supaya perawatan sesuai waktu, lakukan hal ini

gingivitis

Hasil yang optimal tidak hanya didapat dengan mematuhi durasi penggunaan behel atau lamanya perawatan saja. Ada banyak faktor lain yang ternyata juga mendukung perawatan gigi dengan behel jadi lebih optimal, di antaranya:

1. Rawat behel gigi dengan baik

Selain menaati aturan waktu pemakaian behel, Anda juga perlu menjaga kondisi behel tetap baik. Behel yang rusak tentu tidak akan berfungsi dengan baik untuk merapikan gigi. Alhasil, perawatan jadi memakan waktu lebih lama.

Agar tak cepat rusak, pastikan Anda memilih behel transparan yang memiliki kualitas baik. Anda bisa memulainya dengan memilih behel transparan yang diproduksi oleh produsen tepercaya dan telah diakui di kancah internasional.

Jangan tergiur behel transparan dengan harga murah karena kualitas yang ditawarkan tentu berbeda.

Hindari mencuci behel gigi transparan menggunakan air panas atau pasta gigi. Keduanya bersifat korosif sehingga dapat mengikis lapisan behel.

Sebagai gantinya, gunakan cairan pembersih khusus yang memang aman untuk behel gigi. Membersihkan behel akan mencegah terbentuknya penumpukan bakteri dan menjaga warna behel tetap jernih.

2. Jaga kebersihan gigi

Walaupun perawatan berfokus pada susunan gigi, Anda tetap harus menjaga kebersihan gigi. Sikatlah gigi Anda dengan pasta gigi berfluoride sebanyak dua kali sehari, yaitu setelah sarapan di pagi hari dan menjelang tidur di malam hari.

Lepaskan behel transparan saat Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang panas dan berwarna. Setelahnya, bersihkan gigi dengan berkumur air bersih.

Menjaga kebersihan gigi dapat membantu behel transparan lebih tahan lama sehingga hasil yang didapatkan juga menjadi lebih optimal.

3. Pilih behel transparan yang berkualitas tinggi

Perawatan behel transparan umumnya dimulai dengan harga Rp20 juta. Namun, banyak behel transparan yang ditawarkan di sosial media dengan harga Rp10 juta yang juga menjanjikan gigi rapi. Hal ini tentu membuat Anda tergoda.

Namun, sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum memutuskan membelinya. Pasalnya, meski sekilas terlihat sama, behel transparan yang dipasarkan di sosial media memiliki perbedaan kualitas.

Behel transparan yang dibuat dengan kualitas rendah biasanya tidak nyaman dipakai karena tidak dibuat menyesuaikan kondisi si pemakai. Akibatnya, gigi Anda tidak rapi, Anda pun gagal mendapatkan senyum sempurna.

Parahnya, masalah pada gigi dan gusi juga bisa terjadi. Alhasil, Anda perlu mengeluarkan biaya lebih besar untuk mengatasi masalah gigi sekaligus mengulang perawatan.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, pilih behel transparan yang kualitas dan keamanannya sudah diakui di dunia internasional. Meski kelihatannya amat mudah meratakan gigi dengan behel transparan, kualitas behel tetap harus jadi pertimbangan utama.

Untuk mengetahui berapa lama Anda harus pakai behel, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter gigi, baik pada awal maupun selama perawatan dilakukan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 15, 2019 | Terakhir Diedit: Oktober 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca