7 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Alami untuk Redakan Sakit

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Berobat ke dokter adalah solusi terbaik ketika Anda sedang sakit gigi. Namun, dokter gigi biasanya tidak bisa melakukan apa-apa selama gigi masih terasa ngilu. Jangan khawatir! Anda mungkin bisa coba beberapa obat sakit gigi alami atau herbal ini sembari menunggu jadwal konsultasi berikutnya.

Beberapa pilihan obat sakit gigi alami

Ada banyak hal yang jadi penyebab sakit gigi. Mulai dari gigi berlubang, infeksi, penyakit gusi, atau gangguan pada persendian rahang. Namun apa pun penyebabnya, ngilu yang dirasakan biasanya tidak cuma membuat susah makan dan minum tapi juga sampai merambat ke kepala.

Berikut adalah beberapa obat sakit gigi alami dan tradisional yang bisa membantu sebelum Anda pergi ke dokter:

1. Garam

garam obat sahit gigi alami

Berkumur dengan air garam adalah langkah pertolongan pertama sebelum Anda pergi ke dokter gigi.

Berkumur dapat membantu melepaskan sisa-sisa makanan yang masih tersangkut di antara gigi. Sementara garam sendiri bersifat menyerap air sehingga efektif membunuh bakteri jahat dalam mulut.

Bakteri hanya bisa berkembang biak di lingkungan yang asam dan lembap. Maka ketika kondisi mulut kering, bakteri tidak bisa bertahan hidup.

Pada akhirnya, berkumur air garam membantu meringankan rasa sakit gigi dan meredakan bengkak pada gusi. Obat sakit gigi tradisional ini juga mempercepat penyembuhan luka.

Cara menggunakan air garam sebagai obat sakit gigi alami sangat mudah. Cukup larutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan air garam setidaknya dua kali sehari atau sampai sakit gigi mereda.

2. Cengkeh

cengkeh obat sakit gigi herbal
sumber: Natural Pigments

Cengkeh sudah dikenal sejak lama sebagai obat sakit gigi herbal dalam pengobatan China dan India.

Dikutip dari Everday Health, dalam sebuah penelitian melaporkan senyawa eugenol dalam cengkeh dapat menghilangkan rasa sakit secara alami. Cengkeh juga diketahui dapat membantu meredakan peradangan dan membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

Cara menggunakan cengkeh sebagai obat sakit gigi alami bermacam-macam. Ada yang menyarankan menggigit batang cengkeh utuh pada area gigi yang sakit selama beberapa saat.

Ada pula yang menyarankan pakai bola kapas yang dicelup ke minyak cengkeh dan ditempel pada gigi yang sakit.

Namun, hati-hati dengan risiko iritasi, sesak napas, dan perdarahan jika menggunakan cengkeh. Hati-hati juga dengan risiko iritasi pada mata jika tangan yang habis memegang cengkeh langsung menyentuh mata.

Selain itu, biji atau minyak cengkeh yang tertelan juga dapat meningkatkan risiko sakit tenggorokan dan muntah. Maka, pastikan minyak cengkeh tidak menetes ke lidah atau gusi yang sensitif.

Keteledoran ini dapat menyebabkan sensasi terbakar pada gusi atau kerusakan jaringan dan saraf di sekitar gigi yang sakit. Minyak cengkeh sebaiknya tidak gunakan pada wanita hamil dan menyusui, anak-anak, dan orang-orang yang punya riwayat medis tertentu.

3. Daun jambu

obat sakit gigi alami

Obat sakit gigi alami atau herbal lain yang bisa Anda coba di rumah adalah daun jambu merah.

Merangkum berbagai penelitian, daun ini dilaporkan membantu meredakan rasa nyeri pada gigi dan peradangan akibat penyakit periodontitis. Dua penelitian berbeda, satu dari Filipina dan satu dari Kamerun, juga membuktikan daun jambu merah ampuh untuk mengobati sariawan.

Cara pakainya, kunyah 1-2 lembar daun sampai airnya keluar. Kemudian oleskan sari-sari daun dengan lidah Anda langsung pada gigi yang sakit. Tidak suka dengan rasa daun yang pahit?

Alternatif lainnya Anda bisa merebus empat sampai lima lembar daun jambu kemudian saring dalam gelas. Diamkan dulu sampai hangat suam kuku, tambahkan sejumput garam. Gunakan larutan daun jambu tersebut sebagai obat kumur.

4. Bawang putih

obat sakit gigi herbal

Manfaat bawang putih sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai obat alami untuk sakit gigi. Bawang putih bekerja meredakan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi.

Cara memanfaatkan bawang putih sebagai obat sakit gigi tradisional sangat mudah. Anda bisa mengunyah bawang putih mentah selama beberapa menit di sisi mulut yang giginya nyut-nyutan.

Jika tidak suka dengan cara itu, iris tipis bawang dan gigit irisan tersebut pada area gigi yang sakit. Anda juga bisa menghaluskan bawang putih untuk dioleskan di area gigi yang ngilu.

Namun, hati-hati saat menggunakan bawang putih untuk obat sakit gigi. Menurut penelitian dari India, bawang putih mentah yang dibiarkan dalam mulut terlalu lama dapat mengakibatkan luka bakar pada selaput mulut.

Penelitian lain juga menemukan bahwa bawang putih mentah yang dioles langsung pada kulit sama-sama dapat mengakibatkan luka bakar.

5. Thyme

thyme obat sakit gigi herbal

Pernah mendengar tanaman thyme? Anda pun bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai obat sakit gigi herbal. Thyme diklaim mempunyai kandungan antibakteri serta anti-oksidan yang cukup tinggi sehingga dapat membantu mengobati sakit gigi.

Cukup teteskan minyak esensial pada kapas dengan secukupnya, lalu oleskan pada area gigi yang terasa sakit. Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa mencampurkannya ke dalam air dan menjadikannya obat kumur.

6. Peppermin

manfaat peppermint

Hampir sama seperti cengkeh, peppermint atau pepermin mempunyai kandungan yang sifatnya mematikan serta meredakan sakit gigi. Obat sakit gigi herbal ini juga mempunyai kandungan menthol yang dikenal sebagai anti-bakteri.

Cukup rendam daun pepermin kering ke dalam air panas dan diamkan selama 20 menit. Kalau sudah terasa hangat atau dingin, Anda bisa gunakan sebagai obat kumur-kumur bahkan diminum.

7. Es batu

radang dingin

Rekomendasi obat sakit gigi alami lainnya adalah kompres es batu. Suhu dingin dari es batu dapat mengebaskan saraf pemicu nyeri sehingga meredakan rasa sakitnya sementara.

Selain itu, dinginnya es batu juga merangsang penyempitan pembuluh darah di wajah dan memperlambat aliran darah menuju lokasi cedera. Ini dapat membantu mengurangi peradangan, bengkak, dan nyeri.

Caranya masukkan beberapa bongkah es batu ke dalam plastik kemudian lapisi lagi dengan waslap tipis. Tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit. Anda juga bisa langsung mengigit es batu pada permukaan gigi yang sakit.

Trik lainnya adalah dengan memijat es batu pada bagian di antara ibu jari dan telunjuk di punggung tangan yang sama dengan sisi gigi yang ngilu. Jadi misalnya gigi yang sakit ada di sisi kanan wajah, pijat punggung tangan kanan tepat di tengah-tengah jempol dan jari telunjuk pakai es batu.

Saraf di jari-jari Anda akan mengirimkan sinyal “dingin” yang mungkin akan menimpa sinyal rasa sakit dari gigi Anda.

Hati-hati pakai obat sakit gigi alami

obat sakit gigi alami

Banyak orang memilih menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati berbagai macam penyakit karena dinilai lebih aman dan minim efek samping. Faktanya, obat herbal dan bahan alami tidak selalu pasti aman.

Misalnya saja cengkeh. Menelan minyak cengkeh tidak hanya bisa membuat mual dan muntah, tapi juga meningkatkan risiko kejang, gagal ginjal, dan kerusakan hati jika terlalu banyak yang tertelan.

Semua orang bisa saja mengalami reaksi atau efek samping yang berbeda-beda. Jika Anda mendapatkan efek yang baik, belum tentu orang lain juga merasakan hal yang rupa. Maka, selalu berhati-hati ketika menggunakan bahan alami untuk mengobati penyakit.

Ada baiknya selalu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum Anda menggunakan obat herbal atau bahan alami apa pun.

Namun ingat, berbagai pilihan obat sakit gigi alami atau herbal di atas juga hanya bersifat sementara. Jika kondisi Anda tidak juga membaik atau malah semakin memburuk, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter gigi.

Kapan harus periksa ke dokter?

dokter gigi

Jangan sepelekan sakit gigi yang Anda alami. Jika tidak ditangani dengan tepat, sakit gigi dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

Secara umum, Anda harus cepat-cepat ke dokter gigi apabila:

  • Rasa nyeri dan berdenyut tidak juga mereda meski sudah minum obat pereda nyeri.
  • Mengalami demam tinggi.
  • Keluar cairan nanah yang berbau tidak sedap atau busuk dari gigi yang terinfeksi.
  • Kesulitan untuk menggigit atau menelan makan, bahkan untuk sekadar membuka mulut.
  • Sakit gigi menjalar hingga ke telinga.
  • Gusi bengkak atau mengalami perdarahan yang tidak normal.
  • Sakit gigi yang dialami sangat melemahkan hingga membuat Anda tidak bisa beraktivitas.

Pengobatan sakit gigi di dokter gigi akan disesuaikan dengan gejala dan penyebab yang mendasarinya. Maka jangan ragu untuk segera berobat ke dokter gigi apabila Anda merasa ada yang tidak biasa atau aneh dari tubuh Anda. Semakin cepat sakit gigi diobati, maka akan semakin baik.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Maret 1, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 19, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca